Upaya Peningkatan Kemampuan Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik pada Teks Cerita Pendek Menggunakan Metode Membaca Cepat (MC) pada Siswa Kelas IX D Semester 1 SMP Negeri 5 Cepu Tahun Pelajaran 2021/2022

Fika Rizkita Nursafitri, Fathia Rosyida, Abdul Ghoni Asror

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui penerapan metode MC dapat meningkatkan proses belajar menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen, 2) untuk mengetahui penerapan metode MC dapat meningkatkan proses hasil belajar menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 5 Cepu. Metode penelitiannya adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas IX D yang terdiri dari 29 orang siswa. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer mencakup nilai rapor, nilai ulangan harian, portofolio, dan nilai tugas. Sedangkan data sekunder mencakup dokumen perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan KKM). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif yang pengolahannya dilakukan dengan teknik deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Cepu. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata membaca cepat siswa pada siklus I sebesar 70 dan yang tuntas 9 orang siswa atau 31,03% yang dapat menempuh dengan kategori waktu yang sangat cepat. Sedangkan skor rata-rata kemampuan membaca cepat siswa pada siklus II meningkat menjadi 89,65% dan yang tuntas 23 siswa atau 79,32% yang dapat menempuh dengan kategori waktu yang sangat cepat. Selain itu, data observasi setiap siklus menunjukkan adanya perubahan sikap dan tingkah laku siswa kearah yang lebih baik.  

Kata kunci— Kemampuan Membaca, Metode Membaca Cepat (MC).

 

Abstract— This study aims to 1) find out that the application of the MC method can improve the learning process to find the intrinsic elements of short stories, 2) to find out that the application of the MC method can improve the process of learning outcomes to find the intrinsic elements of short stories. The type of this research is Action Research. right class (PTK). The location of this research is in SMP Negeri 5 Cepu. The research method is qualitative using a qualitative descriptive approach. The research subjects were class IX D which consisted of 29 students. Sources of data obtained from primary data and secondary data. Primary data includes report cards, daily test scores, portfolios, and assignments. While secondary data includes learning device documents (syllabus, lesson plans, and KKM). Collecting data using observation and interview techniques. The data analysis technique used is qualitative data whose processing is done by descriptive technique. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an increase in the speed reading ability of class IX D students of SMP Negeri 5 Cepu. This can be seen from the average score of students' speed reading in the first cycle of 70 and 9 students or 31.03% who completed it in a very fast time category. Meanwhile, the average score of students' speed reading ability in the second cycle increased to 89.65% and 23 students or 79.32% who completed it in the very fast time category. In addition, the observation data for each cycle showed a change in students' attitudes and behavior for the better.

Keywords— Reading Ability, Speed Reading Method (MC).


Keywords


Reading Ability, Speed Reading Method (MC).

Full Text:

PDF

References


Alias, A. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Membaca Surat AL-Falaq dengan Metode Recitation pada siswa kelas IV SDN Telaga Waru tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 15 (1) 86 – 91. Dari http://ejurnal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index.

Amiruddin. 2015. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen menggunakan Metode Pembelajaran Inkuiri siswa kelas IX A SMP Negeri 5 Biromaru. e-Jurnal Bahasantodea, 3 (4), 72-80.

Annisa, I. A. 2013. Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Metode P2R dan Model Berpikir-Berpasangan Berbagi pada siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Kudus. Skripsi. Semarang : Fakultas Bahasa dan Seni. UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Harliani, Sisilia S., Deden R. 2012. Upaya Peningkatan Kemampuan Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Metode Diskusi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untan, Pontianak.

Hilda, K. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat melalui Teknik Skimming pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Al-Zahra Indonesia Pamulang pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nurhadi, 1999. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru.

Nyariatun. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode SQ3R pada siswa kelas VI. Jurnal Education, 7 (4), 1607 – 1612. DOI : 10.31949/education.v714.1549.

Pratama R., Bukhari, Mahmud, H. R. 2017. Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1), 103-112.

Priyantini, R. Kecepatan Membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri se Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Bahasa dan Seni. UNY.

Pujiastutik, R. 2021. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat dengan menggunakan Metode P2R dan Question pada siswa SMA Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo. Jurnal Paedogogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8 (2), 217-225.

Rani, R. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat menggunakan Metode Super Quick Reading siswa kelas V SD Negeri 20 Tala-Tala Kabupaten Bantaeng. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : FKIP. UMM.

Roosmawarni, I. F. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Speed Reading pada siswa kelas V MI Al-Hidayah Ngadirojo Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2012. Skripsi. Boyolali : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS.

Setiarini, Y. 2015. Upaya Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik pada Cerpen melalui Media Audiovisual. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16 (4), 57-61.

Slamet, M. 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat melalui Metode Latihan di kelas VIII A SMP Negeri 2 Darma. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 13 (2), 119-135.

Soedarso. 2010. Speed reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1980. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Yasmin, Z. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca siswa melalui Metode Speed Reading pada Pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Mis Lamgugob Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN AR-Raniry Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.