Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Musik pada Siswa

Mochammad Fairus Abadi, Rani Jayanti

Abstract


abstrak—Puisi seringkali menjadi pusat perhatian bagi penggemar sastra dan yang menyukai karya seni tulis sastra.  Puisi adalah merupakan salah satu jenis karya sastra yang mempunyai gaya bahasa yang indah, bermajas, memiliki rima, berbait serta penyusunan larik yang memiliki banyak bentuk. Menurut penggemar sastra mereka bisa menulis puisi ketika mereka merasakan perasaan yang amat sedih dan amat senang, maka tulisan itu dinilai memiliki keindahan tersendiri. Mengekspresikan puisi pun memiliki beragam cara. Puisi dapat diekspresikan melalui tulisan, pembacaan secara langsung, bahkan dapat diekspresikan melalui musikalisasi puisi dan lain-lain. Pada Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media musik pada siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka. Desain penelitian ini menggunakan model Mary W.George. Teknik pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa penggunaan media musik dalam keterampilan menulis puisi pada siswa menunjukkan hasil jika media musik cukup efektif karena dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, karena dengan media musik siswa akan lebih mudah menumbuhkan daya imajinasi yang nantinya yang akan dituangkan ke dalam sebuah bentuk tulisan berupa puisi yang ekspresif. Sehingga dapat dikatakan bahwa media musik juga dapat meningkatkan kualitas keterampilan menulis puisi pada siswa.

Kata kunci—Puisi, Keterampilan Menulis, Sastra

 

 

Abstract—Poetry is often the center of attention for literary fans and those who like literary works of art. Poetry is one type of literary work that has a beautiful style of language, figure of speech, has rhymes, stanzas and the arrangement of arrays that have many forms. According to literature fans, they can write poetry when they feel very sad and very happy, so the writing is considered to have its own beauty. Expressing poetry also has various ways. Poetry can be expressed through writing, direct reading, and can even be expressed through musical poetry and others. This study aims to improve students' poetry writing skills using music as a medium. The research model used in this research is literature study. The design of this study used the Mary W.George model. The data collection technique used descriptive qualitative. This study found that the use of music media in students' poetry writing skills showed results if music media was quite effective because it could improve students' writing skills, because with music media students would be easier to cultivate imagination power which would later be poured into a written form in the form of expressive poetry. So it can be said that music media can also improve the quality of poetry writing skills in students.

Keywords— Poetry, Writing Skills, Literature

Keywords


Poetry, Writing Skills, Literature

Full Text:

PDF

References


Andayani, kodrat eko putro setiawan. (2019). Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi teori semiotika michael riffattere dan penerapannya. Eduvision.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (20th ed.). Rajawali Pers.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.

Jabrohim. (2009). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Pradopo, Rachmat Djoko. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Zahrina, L. N. (2017). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waluyo, Herman J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Nurmillah, Deden Ahmad Supendi, Fauziah Suparman. (2019). Pengaruh Media Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas XI SMK Bina Mandiri 2 : Kredo.

Probo Murdaning, Sri Hariani. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Media Teks Lagu Anak-anak Siswa Kelas IV Sdn Sumur Welut 1/438 Surabaya.

Asna Mariatul Kibtiyah, Nuraeni Abbas. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Sugesti-Imajinasi Dengan Media Lagu. Joyful learning journal, 3(1). https://doi.org/10.15294/jlj.v3i1.5899.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.