Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar

Lail Ziyadatul Mahiroh

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan metode problem based learning Paragraf argumentasi ini merupakan suatu paragraf yang mengemukakan pendapat yang disertai bukti dan fakta yang akurat guna meyakinkan pembaca. Oleh karena itu, untuk melatih keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentatif, maka siswa harus dilatih secara maksimal dan diberikan pemahaman secara maksimal untuk meningkatkan pemahamannya dalam menulis paragraf argumentatif. Dengan demikian, peneliti menawarkan untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas melalui model Problem dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis paragraf argumentatif. Pembelajaran Based Learning berbasis masalah adalah proses pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu masalah sebelum memulai proses pembelajaran. Maksudnya, siswa dihadapkan pada suatu masalah nyata yang memacunya untuk meneliti, menguraikan, dan mencari penyelesaian. Dengan media gambar daya nalar tentang suatu peristiwa lebih terarah yang dapat memunculkan respon berupa ide yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Gambar dapat mengatasi masalah ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa kedalam kelas, dan tidak selalu bisa, anak-anak dibawa ke objek tersebut. Oleh karena itu pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. PTK merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki praktis pembelajaran dengan memanfaatkan penghayatan guru akan masalah pendidikan dengan cara kolaboratif dan reflektif. PTK dilaksanakan dengan prosedur berdaur, yakni perencanaan, observasi, dan refleksi.

Kata kunci Model Problem Based Learning (PBL), Menulis Paragraf Argumentasi.

 

Abstract—This study aims to improve the ability to write argumentative paragraphs using the problem based learning method. This argumentative paragraph is a paragraph that expresses an opinion accompanied by accurate evidence and facts to convince the reader. Therefore, to train students' skills in writing argumentative paragraphs, students must be trained to the maximum and given maximum understanding to improve their understanding in writing argumentative paragraphs. Thus, the researcher offers to carry out classroom action research through the Problem model in improving students' skills in writing argumentative paragraphs. Problem Based Learning is a learning process that confronts students with a problem before starting the learning process. That is, students are faced with a real problem that spurs them to research, describe, and find solutions. With the media, the image of the power of reasoning about an event is more focused which can lead to a response in the form of ideas that are poured into written form. Pictures can solve the problem of space and time. Not all objects, objects or events can be brought into a class, and not always, children can be brought into these objects. Therefore, the use of image media in learning can improve students' writing skills. CAR is a research that aims to improve the practice of learning by utilizing the teacher's appreciation of educational problems in a collaborative and reflective way. CAR is carried out with a cycle procedure, namely planning, observation, and reflection

Keywords— Problem Based Learning (PBL) Model, Writing Argumentative Paragraphs.


Keywords


Problem Based Learning (PBL) Model, Writing Argumentative Paragraphs.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabakti,dkk. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmayanti. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 47, Nomor 2-3, Oktober 2014, hlm.145-154.

Uparno, M. Y. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Z. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yarma Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.