Pemanfaatan Aplikasi Rumah Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas Mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama

Irkhamizzakiyal Fachiroh

Abstract


abstrak—Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang dimana metode tersebut yaitu proses pengumpulan berbagai data berupa dokumen, foto maupun gambar. Semakin hari tingkat kreativitas guru di Indonesia semakin menurun. Hal ini sejalan dengan banyaknya guru yang masih belum mahir dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi.  Hal ini di tandai dengan tingkah guru ketika mengajar di kelas masih dominan menggunakan metode ceramah yang membosankan. Bisa di simpulkan bahwa metode tersebut sudah tidak layak untuk pembelajaran di kelas.sehingga untuk mengatasi masalah tersebut peneliti berharap guru harus bisa meningkatkan kreativitas yang ada pada dirinya. Pada penelitian ini membahas tentang portal Rumah Belajar yang dapat membantu guru dalam pengelolaan matei, penyelenggaraan pembelajaran, dan untuk evaluasi pembelajaran secara online selain itu memungkinkan dapat meningkatkan dan melengkapi aktivitas tatap muka dalam kelas, memantau aktivitas pembelajaran peserta didik secara online dengan cepat dan mudah.

Kata kunci—Portal Rumah Belajar, metode studi kasus

 

 

Abstract—This research uses a case study method in which the method is the process of collecting various data in the form of documents, photos and images.  The level of creativity of teachers in Indonesia is decreasing day by day.  This is in line with the number of teachers who are still not proficient in utilizing technological knowledge.  This is indicated by the behavior of the teacher when teaching in the class is still dominant using the boring lecture method.  It can be concluded that the method is not feasible for classroom learning. So to overcome this problem, the researcher hopes that the teacher must be able to increase the creativity that exists in him.  This study discusses the Learning House portal which can assist teachers in material management, learning implementation, and for online learning evaluation besides that it is possible to improve and complete face-to-face activities in class, monitor student learning activities online quickly and easily.

Keywords— Home Learning Portal, case study method


Keywords


Home Learning Portal, case study method

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167..

Asyari, A. (2016). Kecerdasan Emosional Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Mengajar. el-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 179-188.

Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 485-494.

Marlina, B. (2021). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Media Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 142-151.

Humaidi, H., & Sain, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 146-160.

Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida, H. (2021). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28.

Lubis, M. A., Johannes, J., Rasyid, A., & Azizan, N. (2021). Efektivitas Platform Rumah Belajar sebagai Sumber Belajar Digital di Era Kenormalan Baru. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 59-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.