Pemanfaatan Metode Pembelajaran Audiolingual Pada Keterampilan Menyimak Peserta Didik

Muhammad Fahrus Ali

Abstract


abstrak— Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunakan metode Audiolingual. Penelitian ini merupakan peneelitian studi pustaka (Study Reseach) dengan mengumpukan informasi dan data yang relevan dengan topik pembahasan. Informasi dan data diambil dari buku dan artikel dari penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional. Prosedur penelitian ini mengikuti teori yang dikemukakan oleh Zed (2008). Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada peserta didik dapat memanfaatkan metode pembelajaran audiolingual yang mana peserta didik mampu memahami materi yang telah disampaikan dan peserta didik mampu untuk mengingat materi pembelajaran dengan baik. Metode audiolingual digunakan dengan cara dimulai dengan siswa mendengarkan bacaan dari guru atau temannya, setelah itu siswa yang mendengarkan akan ditanya beberapa pertanyaan, jika ada siswa yang masih belum menemukan jawaban maka akan dibacakan bacaan sekali lagi.

Kata kunciKeterampilan Menyimak, Metode Audiolingual, Peseta Didik.

 

 

Abstract—This study aims to improve listening skills by using the Audiolingual method. This research is a study research by collecting information and data relevant to the topic of discussion. Information and data are taken from books and articles from research that have been published in national and international journals. This research procedure follows the theory proposed by Zed (2008). This study concludes that to improve listening skills, students can use the audiolingual learning method in which students are able to understand the material that has been delivered and students are able to remember the learning material well. The audiolingual method is used by starting with students listening to readings from the teacher or their friends, after that students who listen will be asked several questions, if there are students who still have not found the answers, the readings will be read once again.

Keywords—Listening Skills, Audiolingual Method, Educators.


Keywords


Listening Skills, Audiolingual Method, Educators.

Full Text:

PDF

References


Dole, F. E., (2020). Kemampuan Menyimak Cerita Pada Peserta Didik Kelas II SDI Puudhombo Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Jurnal Literasi Pendidikan dan Humaniora. 5(3), 31-40.

Evi Juliyani E. P. H., Rahman, Dkk., (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Kosentrasi Melalui Guided Listening Materi Teks Ekplanasi Di Kelas VI. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 1(6). 380-383.

Harsono Debora, (2022). Seminar Tentang Metode MAL Dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Inggris di SMP Katolik Xaverius Ambon. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI). 2(2) 664-668

Izaty F. & Mujianto G. (2022). Pembelajaran Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa Sastra dan Penajaran. 38-40.

Muhammad Rizal F. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21(1), 33-38.

Nur Hayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA. 4(1), 54-59.

Rita Kumala S. (2021). Penelitian Kepustakaan dalan Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahas Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora. 4(2). 60-69.

Rizki, Emi, & Nurul, (2020). Penggunaan Audio Lingual Method Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Madrasah Aliyah Nizhamiyah Ploso. Jurnal Eduscope. 06(02).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.