Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Metode Estafet Writing pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Maya Puspita Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Cerita pendek ialah suatu wujud prosa naratif, dan rekaan pendek yang hanya terpusat oleh tokoh utama. Umumnya masih banyak siswa yang mengalami hambatan dalam penulisan cerpen. Berdasarkan hambatan yang dialami siswa, peneliti memberikan solusi untuk permasalahan yang dialami siswa mengenai menulis cerita pendek yaitu dengan metode estafet writing atau menulis berantai untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan menulis puisi siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kualitatif dengan penerapan studi pustaka dengan penggunaan data sekunder pada angket, buku, artikel-artikel yang ada pada jurnal nasional maupun jurnal internasional dan menggunakan Teori Mary W. George. Hasil awal pembelajaran kelas XI SMK Taruna Harapan mengenai teks cerpen yakni 63.,08 sedangkan hasil akhir 79,96. Adapun hasil penelitian pada kelas XI SMAN 2 Sidikalang yang memiki nilai awal 54,17 dan mendapatkan  hasil akhir 81,1. Hal tersebut menandakan bahwasanya metode estafet writing sangat efektif.

Kata kunci— Menulis cerpen, Sekolah Menengah Atas, Metode estafet writing.

 

 

 

Abstract— A short story is a form of narrative prose, and a short fiction that is only focused on the main character. In general, there are still many students who experience obstacles in writing short stories. Based on the obstacles experienced by the students, the researchers provided solutions to the problems experienced by students regarding writing short stories, namely the relay writing method to improve and develop the poetry writing skills of high school students. This study uses a qualitative approach with the application of library research methods or library studies using secondary data on questionnaires, books, articles in national and international journals and using Mary W. George's Theory. . The initial results of class XI SMK Taruna Harapan regarding short story texts are 63.08 while the final result is 79.96. The results of the study in class XI SMAN 2 Sidikalang who had an initial score of 54.17 and got a final result of 81.1. This indicates that the relay writing method is very effective.

Keywords— writing short stories, Senior high school, estafet writing method.


Keywords


writing short stories, Senior high school, estafet writing method.

Full Text:

PDF

References


Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi Pop-Up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054.

Masruro, I, dkk. (2021). Menggagas Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Era Kelimpahan. Malang, Indonesia: Unisma Press.

Nurwahidah, S. F., Mustika, I., & Firmansyah, D. (2020). Pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan menggunakan metode estafet writting. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(4), 805-818. Retrieved from https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5387.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Research Repostory Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retreived from : http://repository.uin-malang.ac.id/1133/.

A. Simamora, L. (2019). Pengaruh metode estafet writing terhadap keterampilan siswa menulis cerpen kelas xi sma negeri 2 sidikalang tahun ajaran 2019/2020. Repository Universitas HKBP Nommensen, 1-44. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3266

Sinaga, A. Y., St Y, S., & Rohmadi, M. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerpen pada kelas xi siswa sma n 5 Surakarta. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 37-50. Retrieved from: https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/2452/pdf.

Sugiarto, E. (2014). Mahir Menulis Cerpen: Panduan bagi pelajar. Jakarta, Indonesia: Grup Khitah Publishing.

Sumaryanti, L., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran memproduksi teks cerpen bersumber dari majalah remaja untuk siswa sma/smk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 717-725.Doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6233.

Sya, M, S. (2020). (Bisa) Mudah Menulis Cerpen: Kumpulan artikel pembelajaran. Sukabumi, Indonesia: CV Jejak, anggota IKAPI.

Syathariah, S. (2011). Estafet Writing (Menulis Berantai): Solusi dalam menulis cerpen bagi siswa SMA/MA. Indonesia: Penerbit LeutikaPrio.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.