Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Inkuiri pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

M. Rizki Hidayatulloh, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Puisi yaitu karya sastra yang mengutarakan perasaan penulis yang memiliki makna tersirat dan memiliki ciri-ciri khusus pada pemilihan kata, pemakaian bahasa, dan rima. Berdasarkan hambatan yang dialami oleh siswa, peneliti memberikan solusi untuk permasalahan yang dialami oleh siswa yakni dengan penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan penulisan puisi pada siswa jenjang SMP. Penelitian ini menerapkan metode studi pustaka dengan menggunakan data sekunder dan dengan teknik pengumpulan data teori Mary. W george dan metode triangulasi data. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa metode inkuiri sangat berpengaruh pada penulisan puisi siswa SMP. langkah pembelajaran inkuiri yakni, (1)  menyajikan permasalahan, (2) pembuatan hipotesis, (3) perancangan percobaan, (4) pengumpulan data analisis, dan (5) penyimpulan data. Begitupula dengan cara pengaplikasian metode inkuiri yakni, (1) melakukan orientasi, (2) perumusan masalah, (3) pengajuan hipotesis, (4) perumusan kesimpulan.

 

Abstract— Poetry is a literary work that expresses the feelings of the author which has an implied meaning and has special characteristics in word choice, language use, and rhyme. Based on the obstacles experienced by students, researchers provide solutions to problems experienced by students, namely by using the inquiry method to improve poetry writing skills for junior high school students. This study applies a literature study method using secondary data and data collection techniques using Mary's theory. W george and data triangulation methods. The results of the study stated that the inquiry method was very influential in writing poetry for junior high school students. the steps of inquiry learning are, (1) presenting problems, (2) making hypotheses, (3) designing experiments, (4) collecting data analysis, and (5) inferring data. Likewise with the application of the inquiry method, namely, (1) conducting orientation, (2) problem formulation, (3) submitting hypotheses, (4) formulating conclusions.


Keywords


Writing poetry, Junior high school, Inkuiri method

Full Text:

PDF

References


Arini, D. R., & Nuryatin, A. (2018). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik kata mengalir dengan media sticky notes pada siswa kelas viii d smp negeri 2 magelang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 14-18. .Doi https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.23771.

Bawamenewi, A. (2018). Kemampuan menulis puisi bebas dengan menerapkan metode inkuiri terhadap siswa smp negeri 3 Gunungsitoli. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 333-338. Doi https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.180.

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis puisi dengan teknik pembelajaran yang kreatif. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).Retreived from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/75/55

Dalman, D. (2021). Keterampilan Menulis. Indonesia: Rajawali Pers.

Fauzi, M. W., Sufanti, M., & Sunanda, A. (2013). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode inkuiri pada peserta didik kelas viiia smp negeri 2 geyer kabupaten grobogan tahun ajaran 2011/2012. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retreived from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26659.

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan microsoft paint dalam membuat media 3d kolaborasi pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054.

Heksa, A. (2020). Pembelajaran Inkuiri Di Masa Pandemi. Indonesia: Deepublish.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(1), 1-10. Doi https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.

Matanari, T. (2019). Pengembangan bahan ajar menulis puisi rakyat dengan teknik copy the master untuk siswa kelas vii smp negeri 1 rantau selatan di kabupaten labuhanbatu. Doctoral dissertation, UNIMED. Retreived from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36424.

Pitaloka, A. Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Indonesia: Guepedia.

Praytino, H. W. (2013). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1). Retreived from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Research Repostory Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retreived from http://repository.uin-malang.ac.id/1133/.

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Indonesia: Yayasan Kita Menulis.

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi rakyat siswa kelas vii smp negeri 6 kota jambi tahun ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 67-76. Doi http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i2.74.

Yuliandri, M. (2016). Hubungan motivasi belajar dalam keterampilan menulis puisi pada proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1). Retreived from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/91

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.