Pemanfaatan Aplikasi Belajar Membaca Lancar sebagai Media Belajar Membaca untuk Anak Kelas 1 SD

Laily Zaitin Nukha, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Membaca adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang siswa, karena merupakan dasar yang dapat membantu untuk mempelajari pelajaran yang lebih kompleks, Dengan membaca, siswa akan memahami suatu materi pelajaran dengan mudah. namun pada kenyataannya banyak siswa kelas satu Sekolah dasar yang  belum mempu membaca dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan media pembelajaran membaca dengan teknik Mengeja berbasis Aplikasi yang valid dan praktis.bagi anak-anak Sekolah Dasar untuk membantu mereka agar dapat cepat dan lancar membaca. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka dalam mengumpulkan datanya. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari informasi artikel, buku dan jurnal. Dari platform digital yang dapat mendukung pembelajaran daring terdapat empat platform digital yang sering digunakan. Kesimpulannya bahwa aplikasi belajar membaca lancar sangat membantu untuk pembelajaran belajar membaca pada siswa kelas satu sekolah dasar.

Kata kunci— Aplikasi belajat membaca, media belajar, siswa sekolah dasar.

 

Abstract— Reading is an ability that must be possessed by a student, because it is the basis that can help to learn more complex subjects. By reading, students will understand a subject matter easily. but in fact many first grade elementary school students who have not been able to read fluently. The purpose of this study is to describe learning media for reading with application-based spelling techniques that are valid and practical for elementary school children to help them read quickly and fluently. The type of research used is the literature study method in collecting the data. The data in this study used secondary data collected from information on articles, books and journals. Of the digital platforms that can support online learning, there are four digital platforms that are often used. The conclusion is that the application for learning to read fluently is very helpful for learning to read in first grade elementary school students.)

Keywords— Belajar Membaca application, learning media, elementary school students.


Keywords


Belajar Membaca application, learning media, elementary school students.

Full Text:

PDF

References


Khairunnisak. (2015). Efektifitas Media Kartu Dalam Pembelajaran

Membaca Per-mulaan. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2). Retrievrd

from https://jurnal.ar-

raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/577

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi

android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk

keterampilan membaca per-mulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI.

Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan

Pembelajaran, 9(2), 203. Doi: 10.25273/pe.v9i2.5234

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., & Dkk. (2020).

Studi Ek-splorasi Pembelajaran Pendidikan Ipa Saat Masa

Pandemi Covid-19 Di Uin Sunan Ampel Surabaya. Indonesian

Journal Of Science Learning. 1(1), 32–36. Re-trieved from

http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/2235/

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai

Media Pembela-jaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga

Penelitian Universitas Negeri Makasar. 122–125. Retrieved from

https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan

Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran

Daring Di Sekolah Da-sar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar.

(1). 61–68. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/11723/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.