Pemanfaatan Aplikasi Google Meet sebagai Pendukung Gerakan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi

Aninda Paramitha Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Merdeka belajar merupakan sebuah program yang memberikan kebebasan kepada guru dan peserta didik dalam menyelenggarakan sebuah proses pembelajaran. Konsep Merdeka belajar dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran, khususnya  Pemanfaatan aplikasi Google Meet sebagai pendukung Gerakan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Secara umum, pembelajaran di Perguruan Tinggi masih banyak mengalami banyak hambatan.Disini peneliti bertujuan membuat sebuah konsep pembelajaran di Perguruan Tinggi dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet untuk mendukung gerakan Merdeka Belajar.Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) yaitu teknik mengumpulkan data yang bersumber dari buku-buku serta artikel yang ada di dalam jurnal. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya gerakan merdeka belajar, google meet, perguruan tinggi. Data tersebut diperoleh dari buku-buku yang diterbitkan di dalam dan luar negeri, dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional. Hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan tentang peran dan implementasi aplikasi Google Meet untuk mendukung gerakan merdeka belajar di perguruan tinggi dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet.

Kata kunci—Gerakan Merdeka Belajar, Google Meet, Perguruan Tinggi.

 

Abstract—Freedom to learn is a program that gives freedom to teachers and students to organize a learning process.  The concept of independent learning can be implemented in the learning process, especially the use of the Google Meet application as a supporter of the Free Movement for Learning in Higher Education.  In general, learning in higher education still experiences many obstacles. Here the researcher aims to create a learning concept in higher education by utilizing the Google Meet application to support the free Learning movement. The research used in this study is library research, namely the technique of collect data sourced from books and articles in journals.  The data used is secondary data related to the topic of discussion, including the independent learning movement, google meet, universities. The data were obtained from books published at home and abroad, as well as articles from research published in national journals as well as international journals. The results of the research conducted explain the role and implementation of the Google Meet application to support the independent movement for learning in higher education by utilizing the Google Meet application.

Keywords— Free Learning Movement, Google Meet, Universities.


Keywords


Free Learning Movement, Google Meet, Universities.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., & Sari, D. I. (2021). Efektivitas penggunaan platform google meet terhadap hasil belajar siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 45-49. Retrived from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2313.

Alfonsius, A. (2021). Penyelenggaraan pembelajaran perguruan tinggi swasta di masa pandemi Covid-19. Journal of Accounting and Management Innovation, 5(1), 1-10.

Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrived from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Arafat, G. Y. (2019). Membongkar isi pesan dan media dengan content analysis. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 32-48. Doi http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2370

Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).

Asmawi, M. R. (2010). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Hubs-Asia, 10(1). Retrieved from: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/274/232

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada pperguruan tinggi keagamaan katolik. Edutech, 19(3), 189-210. Doi https://doi.org/10.17509/e.v1i3.26978

Darmuki, A. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa menggunakan media aplikasi google meet berbasis unggah tugas video di youtube pada masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 655-661.

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(5), 533-541. Doi https://doi.org/10.17977/um063v1i5p533-541

Ekonomi di masa pandemi covid-19. EDUTAMA. Retrieved from http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1742/

Farid, M. (2021). Penerapan aplikasi google meet pada pembelajaran sosiologi ekonomi di masa pandemi covid-19. EDUTAMA.

Fathoni, I., & Kodri, S. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi melalui Google Meet terhadap hasil Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2827-2833. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1014

Ginting, G., Fadlina, F., & Ulfa, K. (2021). Pemanfataan Aplikasi Google Meet Untuk Pembelajaran Bagi Guru-Guru Pada SMKS-Prayatna-I Berbasis Online. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 2(1), 33-37. DOI: http://dx.doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3148

Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di Masa pandemi covid-19. Madaniyah, 11(2), 133-150.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. Doi https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145.

Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan aplikasi Google Meet dalam Keterampilan menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep merdeka belajar perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147. Doi https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Natalia, K., & Sukraini, N. (2021, May). Pendekatan konsep merdeka belajar dalam pendidikan era digital. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 22-34). Doi https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.93

Nuraini, N. (2021). Penggunaan tablet dengan aplikasi google meet untuk meningkatkan hasil belajar matematika smk vocational. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 253-260. Doi https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.709

Panditung, A. R. (2020). Implementasi kegiatan pembelajaran jarak jauh era pandemi covid-19 di tingkat sma . Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(4), 231-240. Doi https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.198

Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Pernantah, P. S., Nova, N., & Ramadhani, A. S. (2021). Penggunaan aplikasi google meet dalam menunjang keefektifan belajar daring masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45-50. Doi https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991

Puspitorini, F. (2020). Strategi pembelajaran di perguruan tinggi pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). Doi https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157. Doi https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Soerjaningsih, T. W. (2004). Peningkatan mutu proses Perguruan Tinggi melalui sistem mutu ISO 9000. The Winners, 5(2), 79-89. Doi https://doi.org/10.21512/tw.v5i2.3853

Sumarwoto, S. (2020). Perspektif Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Terhadap Perkuliahan Daring. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(03), 258-264. Doi https://doi.org/10.52166/madani.v12i03.2174.

Tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1). Doi http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v3i1.990

Wijiutami, Y. (2021). Penerapan Pembelajaran Online Berbasis Google Meet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Siswa Kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Sumberpucung. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1).

Windhiyana, E. (2020). Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8. Doi https://doi.org/10.21009/PIP.341.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.