Inovasi Media Pembelajaran Manfaat dari Adanya Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi

Hilda Nuzulia, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak - Dengan adanya covid 19 yang sudah masuk di enagara Indonesia, proses penyelenggaraan pendidikan yang ada di negara Indonesia sampai sekarang ini masih dilakukan secara dengan daring. Maka dari adanya sebuah situasi tersebut didalam adanya sebuah sarana komunikasi pembelajaran di perguruan tinggi pada akhirnya memilih untuk bisa melaksanakan pembela- jaran secara dengan baik, yaitu dengan cara daring. Hal tersebut juga telah menyebabkan meningkatnya insensitas pengguaaan medi sosial oleh adanya mahasiswa, selain itu media sosial juga djadikan sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di masa covid 19 seperti ini. Maka dari itu didalam adanya sebuah penelitian ini memiliki tujuan untuk bisa menjelaskan rencana dalam pamanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran mahasiwa. Di dalam adanya berebagai macam rencana pemanfaatan media sosial sebagai adanya media pembelajaran memiliki 3 tahapan, diantaranya yaitu, bisa menentukan tujuan untuk pembela- jaran secara dengan baik, menyiapkan materi pembelajaran dengan baik, dan membuat rancangan adanya sebuah penilaian didalam media pembelajaran secara dengan baik, Selain itu cara untuk bisa memanfaatkan media sosial secara dengan baik dapat dilakukan dengan cara menggunakan media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan cara memuat adanya sebuah kegiatan pemberian tugas setruktur didalam adanya sebuah kegiatan, berupa menghasilkan video, gambar, atau infografik serta membuat jurnal menulis untuk bisa dibaca oleh orang lain. Adapun tantangan yang bisa hadapi oleh adanya sebuah pendidik didalam adanya pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran adalah seorang pendidik harus mempu untuk bisa mempersiapkan diri secara dengan baik agar selalu bersemanagat untuk bisa berteknologi serta harus mampu untuk bisa meningkatkan kemampuan serra ket- erampilanya secara dengan sekreatif mungkin serta berinovatif sesuai dengan adanya perkem- bangan iptek, agar mampu untuk bisa menyajikan media pembelajaran yang telah sesuai dengan adanya mahasiswa di era modern seperti saat ini.

Kata kunci - Media pembelajaran, media sosial, pemanfaatan media sosial, pembelajaran bahasa Indonesia, pembelajaran di masa pandemic covid 19.

 

 

Abstract - With the Covid-19 that has entered the country of Indonesia, the process of providing edu- cation in Indonesia is still being carried out online. So from the existence of a situation in the existence of a means of communication for learning in universities, in the end, they choose to be able to carry out learning well, namely by online. This has also led to an increase in the use of social media by students, besides that social media has also been used as a medium for learning Indonesian language and literature during this time of covid 19. Therefore, in the existence of this study, the aim is to be able to explain plans for the use of social media as a medium for student learning. In the existence of various kinds of plans for the use of social media as a learning media, it has 3 stages, including, namely, being able to determine goals for learning well, preparing learning materials well, and designing a good assessment in learn- ing media. The way to make good use of social media can be done by using Indonesian lan- guage and literature learning media by loading the existence of a structured task assignment activity in the presence of an activity, in the form of producing videos, images, or infographics and making writing journals to be read by others. The challenges that can be faced by the existence of an educator in the use of social media as a learning medium are that an educator must be able to prepare themselves well so that they are always enthusiastic about being able to use technology and must be able to improve their abilities and skills as creatively and in- novatively as possible. in accordance with the development of science and technology, in or- der to be able to present learning media that is in accordance with the existence of students in the modern era as it is today.

Keywords - Learning media, social media, use of social media, Indonesian language learn- ing, learning during the covid 19 pandemic.


Keywords


Learning media, social media, use of social media, Indonesian language learn- ing, learning during the covid 19 pandemic

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial sebagai Media In- formasi Pendidikan bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Aliyah, V. N., Chamalah, E., & Arsanti, M. (2018). Keterampilan Menulis Posterdengan Model Pembelajaran Kontekstual dan Media Gambar Bertema Iklan Layanan Masyarakat. Kembara, 4(1), 94–106.

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/ kembara/article/view/5484

Arifin, S. (2019). Desain Pembelajaran & Penyusunan RPS Pendidikan Tinggi Capaian & Materi Pembelajaran. http://kopertis3.or.id/v5/wp-content/uploads/M4-OBE- Desain-Intructional-Blanded22-2-2019.pdf

Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. SeminarNasional SAGA

Universitas Ahmad Dahlan, 242–246. http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/viewFile/124/370

Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik di Era Millennial. Transformatif, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251

Hamzah, A. (2015). Pola Penggunaan Situs Jejaring Sosial sebagai Media Pembelajaran untuk Mahasiswa. Teknoin, 21(4), 167–177. https://doi.org/10.20885/teknoin.vol21.iss4.art3

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaatan Sosial Media Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. INTELIGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/1356

Kemdikbud, P. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam

Masa Darurat Penyebaran Covid- 19.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud- pelaksa- naan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran- covid19

Mujianto, G., & Pangesti, F. (2019). Penerapan Model Sinektetik Berbantuan LKPD da- lam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas IX MTs. Muhammadiyah 1 Malang. In KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Vol. 5,

Issue 1). http://ejour- nal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/9983

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: Ref- erensi (GP Press Group).

Nurgiantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE.

Oktavia, Y., & Hulu, F. (2017). Pengaruh Metode Quantum Learning Berbasis Media Interaktif terhadap Prestasi Belajar. Kembara, 3, 255–269. http://ejour- nal.umm.ac.id/index.php/ kembara/article/view/5133

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181/1 44

Prodi, T. P. (2018). Penyusunan Kurikulum KKNI Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia Unisda Lamongan.

Sari, I. D., Sukowiyono, & Djatmika, E. T. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Ket- erampilan Sosial Murid. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengem- bangan, 3(1), 1446–1450.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11760

Selwyn, N. (2009). Faceworking: exploring students’ education-related use of Facebook.

Learning Media and Technology, 34, 157–174.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesinso.

Sungkono. (2003). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pen- didikan, 6(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran MenulisTeks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jibs.v4i1.1946

Ulfah, A. (2019). Teaching Material Development of Bahasa Indonesia Course as a Way to Develop the Lectures’ Professional Development. KnE Social Sciences,3(10),

https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3942

Ulfah, A., Nurhadi, & Hasanah, M. (2016). Wujud Kesantunan Tindak Direktif Guru Ta- man Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1983, 1008–1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6355/2710

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462.

Yulita, Rustiyarso, & & Genjik, B. (2016). Analisis Pemanfaatan Media Jejaring Sosial Berbasis Komputer dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7473.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.