Mengimplementasikan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fifi Tri Utami, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan mahasiswa dalam menyimak dengan menggunakan media pembelajaran Audio visual. Konsep Audio Visual dapat di implementasikan dlam proses pembelajaran terutama dalam keterampilan menyimak mahasiswa Pendidikaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Namun di dalam keterampilan menyimak pun masih banyak kesulitan-kesulitan yang di alami mahasiswa. Disini peneliti bertujuan untuk membuat konsep yang dapat mengimplementasikan media pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tekhnik yang ada di dalam penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data yang berasal dari buku-buku dan artikel-artikel pada jurnal. Data yang di ambil adalah data sekunder yang berhubungan dengan topic yang di bahas, diantara nya Audio visual, keterampilan menyimak, Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia, data-data yang di peroleh tersebut mengambil dari buku-buku dan artikel-artikel hasil penelitian yang sudah di terbitkan oleh Nasional Maupun Internasional. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang peran dan kegunaan Audio Visual pada keterampilan menyimak mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kata kunci—Audio Visual, Menyimak, Mahasiswa.

 

 

Abstract—This study aims to determine how the development of students in listening using audio visual learning media. The concept of Audio Visual can be implemented in the learning process, especially in the listening skills of Indonesian Language and Literature Education students. However, in listening skills, there are still many difficulties experienced by students. Here the researcher aims to create a concept that can implement Audio Visual learning media to improve listening skills in Indonesian Language and Literature Education students. The technique in this research is library research, which means the technique of collecting data from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topics discussed, including audio-visual, listening skills, Indonesian Language and Literature Students, the data obtained are taken from books and articles from research that has been published. published by National and International. The results of this study explain the role and use of Audio Visual in listening skills of Indonesian Language and Literature Education students.

Keywords— Audio Visual, listening, literatur e students


Keywords


Audio visual, listening, literatur e students

Full Text:

PDF

References


Afsani, NN (2019). Keterampilan menyimak unsur-unsur pembangun cerita rakyat dengan media film. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=%E2%80%94+Jenis-Jenis+Menyimak+%C2%B7+Menyimak+ekstensif+%28extensive+listening%29+%C2%B7+Menyimak+intensif+%28intensive+listening%29+%C2%B7+Menyimak+sosial+%28social+listening&btnG=#d=gs_qabs&t=1655814654906&u=%23p%3D4MbOck3shBIJ.

Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 97-104. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.996.

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas ii sdn bantargebang ii kota bekasi. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 33-38. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1244.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature.

Limarga, D. M. (2017). Penerapan metode bercerita dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan empati anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 86-104. https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p86-104.320.

Maridjo, A. H. Peningkatan Ketrampilan Menyimak Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Audio. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5959.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257.Retrievedfrom http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Miftakh, F., & Samsi, Y. S. (2015). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Majalah ilmiah solusi. 2(05). https://doi.org/10.35706/solusi.v2i05.171.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78-84. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=cara+penggunaan+audio+visual&oq=cara+penggunaan+audio#d=gs_qabs&t=1655807000962&u=%23p%3DSdtMlK0k9BwJ.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Doi https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh media audio dan audio visual terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251-258.http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.