Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Moodle pada Pembelajaran Matematika Kelas X Semester Gasal Smk Muhammadiyah Bandongan Tahun Pelajaran 2021/2022

Agus Susila, Imam Mawardi

Abstract


Abstrak - Pembelajaran yang aktivitas siswanya rendah akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Keaktifan siswa dalam pembelajaran daring ini dilihat dari siswa yang mengikuti pembelajaran kurang lebih 35% sedangkan yang tidak ikut pembelajaran lebih banyak sekitar 65%. Untuk itu perlu adanya upaya tertentu untuk meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Moodle Pada pembelajaran Matematika di Kelas X Semester gasal SMK Muhammadiyah Bandongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknologi Farmasi C semester gasal SMK Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Objek  penelitian  adalah Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Moodle Pada pembelajaran Matematika. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes ulangan harian. Analisis data yang digunakan adalah deskiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada mata pelajaran matemmatika menggunakan aplikasi moodle pada dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I, dan siklus II dari segi proses maupun hasil. Dari hasil observasi pada siklus I prosentase keaktifan siswa 48% (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 68% ( Baik ).

Kata kunci - Peningkatan, Keaktifan, Pembelajaran Daring, Aplikasi Moodle

 

 

Abstract - Learning with low student activity will affect student learning outcomes. The activeness of students in this bold learning can be seen from the number of students who participate in the learning process of approximately 35% while those who do not participate in the learning process are more than 65%. For this reason, certain efforts are needed to increase student activity. This study aims to increase student activity in online learning by using the Moodle application in learning mathematics in class X odd semester at SMK Muhammadiyah Bandongan for the 2020/2021 academic year. This research is a classroom action research. The action is carried out in two cycles. The subjects in this study were students of class X Pharmacy Technology in odd semester C at SMK Muhammadiyah Bandongan, Magelang Regency, in the 2021/2022 academic year. The object of research is the activeness of students in online learning by using the Moodle application in learning mathematics. Data were collected by observation and daily test methods. The data analysis used is descriptive qualitative. The results showed that bold learning in mathematics subjects using the Moodle application could increase student activity in cycle I and cycle II in terms of process and results. From the results of observations in the first cycle the percentage of student activity was 48% (Enough) and in the second cycle it increased to 68% (Good).

Keywords - Enhancement, Activeness, Online Learning, Moodle App


Keywords


Enhancement, Activeness, Online Learning, Moodle App

Full Text:

PDF

References


A. Asmuni, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 4, p. 281, 2020, doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.

A. Isroqmi, “Pentingnya Penguasaan Beberapa Aplikasi Komputer Bagi Dosen di Pembelajaran Daring Berbasis Moodle,” Prosiding, Semin. Nas., pp. 62–71, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3788.

M. P. Ambara, “Pengembangan Sistem Informasi E-Learning Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 3, no. 1, pp. 11–22, 2016.

D. Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

I. W. E. Santika, “Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring,” Indones. Values Character Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 8–19, 2020.

Y. Atriyanti, “Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pascasarj. Unnes, pp. 371–372, 2020.

P. Karakter and P. P. K. Kelas, “Seminar Nasional PGSD UNIKAMA,” vol. 4, pp. 1–7, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.