Variasi Adverbia sebagai Pemarkah Aspek pada Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” Jenjang A1: Kajian Semantik

Afina Naufalia

Abstract


abstrak— Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pemilihan adverbia pada buku ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” dari setiap bab pada jenjang A1 atau BIPA dasar. Adverbia merupakan salah satu pemarkah aspek pada salah satu makna kategori dalam sebuah klausa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana variasi penggunaan adverbia pada teks yang disajikan dari bab awal hingga bab akhir karena semakin tinggi jenjangnya, tingkat kesulitan diksi pun semakin meningkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menjelaskan uraian klausa yang menunjukkan aspek-aspek adverbia dalam teks cerita fabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” jenjang A1 mengandung variasi adverbia pada setiap babnya. Setiap bertambahnya bab, bertambah pula jumlah dan variasi adverbia sebagai pemarkah aspek pada setiap bab. Bab 8 mengandung variasi adverbia terbanyak, yakni adanya kata “lagi”, “sering”, “selalu”, “biasanya”, “kadang-kadang” dan “langsung”. Penelitian ini menunjukkan juga bahwa aspek yang digunakan pada setiap bab semakin bervariasi. Namun, aspek yang paling banyak digunakan adalah aspek repetitif dan aspek frekuentif. Perbedaan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi jenjang BIPA, pemilihan bahasa atau diksi pada setiap bab pun akan semakin kompleks dan beragam atau bervariatif. Hal ini karena disesuaikan dengan kemampuan pemelajar BIPA.

Kata kunci— aspek, adverbia, BIPA, makna kategori, semantik.

 

 

Abstract— This research is motivated by differences in the choice of adverbs in the BIPA textbook "Friends of Indonesia" from each chapter at the A1 level or basic BIPA. Adverb is one of the aspect markers in one of the category meanings in a clause. The purpose of this study is to describe how variations in the use of adverbs in the text presented from the beginning to the end of the chapter because the higher the level, the level of diction difficulty also increases. The method used in this research is descriptive qualitative with the aim of explaining the description of the clause that shows the adverb aspects in the text of the fable story. The results showed that the BIPA textbook "Friends of Indonesia" level A1 contained adverb variations in each chapter. With each increasing chapter, the number and variation of adverbs also increase as aspect markers in each chapter. Chapter 8 contains the most variations of adverbs, namely the words “again”, “often”, “always”, “usually”, “sometimes” and “directly”. This study also shows that the aspects used in each chapter are increasingly varied. However, the most widely used aspects are the repetitive aspects and the frequency aspects. This difference shows that the higher the BIPA level, the choice of language or diction in each chapter will be more complex and diverse or varied. This is because it is adjusted to the ability of BIPA students.

Keywords— aspects, adverbs, BIPA, category meaning, semantics.


Full Text:

PDF

References


Alwi,H.,S. Dardjowidjojo, H. Lapoliwa, dan A.M. Moeliono. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta:Balai Pustaka. 1998

Amalia, I. N., & Khaerunnisa, K. (2022). KAIDAH PEMBELAJARAN 4 KETERAMPILAN BERBAHASA BAGI BIPA LEVEL 1. Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 7(1), 57-68.

Chaer, A. (2013). Pengantar semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka CiptaTarigan

Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Djayasoedarma, T. F. (1985) Aspek, Kala/Adverbia Temporal, dan Modus dalam Untaian Teori Sintaksis. Edited by Bambang Purwa. Jakarta: Arcan.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi ke Empat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kurniasih, D. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 25-45.

Latupono, R. M. & Susanto, G. (2019). Representasi Gender dalam Buku Ajar BIPA" Sahabatku Indonesia" Tingkat Mahir. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 23-30.

Lutfianti, K. D. (2021). Analisis Kelayakan Isi Materi pada Buku Teks Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 1. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 24-31.

Marliana, M. A., Agustina, A., & Ngusman, N. (2018). Adverbia Penanda Aspek Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 114-122.

Mileh, I. N. (2021). Penanda aspek secara morfologis dalam bahasa indonesia. Kulturistik: Jurnal Bahasa dan Budaya, 5(1), 60-70.

Muslich, Mansur. 2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia: Kajian ke Arah Tatatbahasa Deskriptif. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jakarta: Yayasan Pusaka Obor Indonesia.

Nafisah, D., Muliastuti, L., & Nuruddin, N. (2020). Deiksis Persona dalam Buku Ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat B2. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 160-170.

Nurhamidah, D. N., & Faznur, L. S. F. S. (2018). Analisis Adverbia Dalam Teks Promosi, Teks Rublik Surat Kabar, Dan Teks Jurnal Ilmiah. Pena Literasi, 1(1), 17-22.

Palar, W. R. (2018). Kategori aspek dalam bahasa Tontemboan.

Pateda, L. (2020). Dimensi Aspek Dikaitkan dengan Kala dalam Bahasa Gorontalo. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 10(3), 1-20.

Pratiwi, A., Muzammil, A. R. U., & Syahrani, Analisis aspek makna tujuan dalam slogan lalu lintas di kabupaten mempawah: tinjauan semantik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(10).

Puspita, Z. G. B., Susanto, G., & Andajani, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(5), 803-808.

Rahma, S. S., & Suwandi, S. (2021). Analisis Kelayakan Isi dan Muatan Budaya dalam Buku Ajar BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 13-24.

Ratna, G. S. D. & Sudarmini (2019). Penanda dan Makna Adverbia pada Kumpulan Cerpen Bedak dalam Pasir Karya Subaweh. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 131-139.

Saputri, D. N. A. G. (2018). Kategori yang Dimodifikatori Oleh Adverbia Penanda Modalitas dan Implementasi Pembelajarannya. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018.

Siagian, E. N. (2020). Kata Berfrekuensi Tinggi dalam Pembelajaran BIPA Pemula. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 188-201.

Wiyadi, M. (2017). Makna Adverbia Penanda Aspek pada Teks Terjemahan Alquran (TTA). (TESIS), Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.