Pembelajaran Daring Interaktif, bermakna dan Menarik di Era Disrupsi Digital di SD Muhammadiyah Purwodadi

Nurul Setyorini, Khabib Sholeh, Bagiya Bagiya, Kadaryati Kadaryati, Umi Faizah

Abstract


Abstrak - Meskipun pandemi covid 19 sudah dapat diatasi dan masyarakat sudah berada dalam kondisi new normal. Namun, pembelajaran baik di sekolah maupun perguruan tinggi tetap harus menyesuaikan dengan kemajuan jaman. Salah satunya adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring tidak sekadar solusi di masa pandemi covid 19, tetapi juga sebagai solusi di era disrupsi digital. Namun, dalam realita pembelajaran yang terjadi, banyak ketidakefektifan dalam proses pembelajaran daring sehingga pembelajaran tidak interaktif, tidak bermakna, dan membosankan. Oleh karena itu,  pendidik harus mampu memberikan pembelajaran daring yang menarik, interaktif, dan produktif. Tujuan penelitian ini  untuk menggambarkan program yang mendorong penguasaan pembelajaran daring yang relevan yang dapat diterapkan pada siswa oleh guru sekolah dasar. Pendampingan yang ditawarkan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sebagai pelatih merupakan strategi yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat, yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Hasil dari pengabdian ini adalah guru di SD Muhammadiyah Purwodadi dapat menerapkan ragam aplikasi/media pembelajaran daring yang interaktif, strategi pembelajaran yang bermakna, dan penerapan pembelajaran yang menarik.

Kata kunci—Daring, Interaktif, bermakna, menarik, disrupsi

 

 

Abstract - Although the covid 19 pandemic has been overcome and the community is already in a new normal condition. However, learning both in schools and universities must still adapt to the progress of the times. One of them is online learning. Online learning is not only a solution during the COVID-19 pandemic, but also as a solution in the era of digital disruption. However, in the reality of learning that occurs, there are many ineffectiveness in the online learning process so that learning is not interactive, meaningless, and boring. Therefore, educators must be able to provide interesting, interactive, and productive online learning. The purpose of this study is to describe a program that encourages mastery of relevant online learning that can be applied to students by elementary school teachers. The assistance offered by the Community Service Team (PKM) as a trainer is a strategy used in community service, which is carried out in three stages, namely planning, implementation and reflection. The result of this service is that teachers at SD Muhammadiyah Purwodadi can apply a variety of interactive online learning applications/media, meaningful learning strategies, and the application of interesting learning.

Keywords—Online, Interactive, meaningful, engaging, disrupted


Keywords


Online, Interactive, meaningful, engaging, disrupted

Full Text:

PDF

References


Brown, J. C., & Park, H. S. (2016). Longitudinal student research competency: Comparingonline and traditional face-to-face learning platforms. Advances in Social Work, 17(1), 44–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18060/20870

Emarawati, J. A. (2020). Penggunaan Teknologi oleh Guru dalam Proses Belajar Mengajar Selama Pandemi di SMP Mizan Depok. Universitas Persada Indonesia Y.A.I.

Husna, A. N., & Faizah, R. (2021). Memberdayakan Masyarakat Digital. Magelang: Unimma Press.

Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and Challenges for Teaching Successful Online Courses in Higher Education: A Literature Review. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F0047239516661713

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1).

Rasheed, R., Kamsin, A., & Abdullah, N. (2019). Challenges in the online component of blended learning: A systematic review. Computers & Education, 144(1), 103701. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103701

Sadikin, I. S., Lestari, S., & Aini, S. (2020). Pembelajaran Daring Interaktif, Bermakna, dan Menarik sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897–905.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.