Pemanfaatan LMS Moodle untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi

Febriana Ulfatin Khoiriyah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— LMS Moodle merupakan salah satu aplikadi pembelajaran yang sering digunakan dalam sector Pendidikan terutama di perguruan tinggi karena mudah diakses selain itu dapat terhubung langsung website resmi.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengamati manfaat LMS Moodle untuk mendukung pembelajaran daring di perguruan tinggi (2)Meningkatkan keefektifan dan keefesiean proses bejalar mengajar daring di perguruan tinggi Teknik  penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya pembelajaran daring, LMS Moodle, Mahasiswa dan topik pembelajaran mandiri. Data diperoleh dari buku-buku terbitan dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional.Hasil penelitian menujukkan bahwa LMS Moodle sangat mendukung pembelajaran daring di perguruan tinggi karena dapat mingkatkan kualitas Pendidikan .dan dapat  meningkatkan keefektifan dan keefesiean proses bejalar mengajar.

Kata kunci— LMS Moodle,Pembelajaran ,Perguruan tinggi

 

 

Abstract— LMS Moodle is one of the learning applications that is often used in the education sector, especially in higher education because it is easily accessible, besides that it can be directly connected to the official website. The aims of this research are (1) to know and observe the benefits of Moodle LMS to support online learning in universities (2) to increase the effectiveness and efficiency of the online teaching learning process in universities. from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topic of discussion, including online learning, Moodle LMS, students and independent learning topics. The data were obtained from published books and also research articles published in national and international journals. The results showed that the Moodle LMS strongly supports online learning in higher education because it can improve the quality of education and can increase the effectiveness and the efficiency of the teaching and learning process.

Keywords— LMS Moodle,Learning,College


Keywords


LMS Moodle,Pembelajaran ,Perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226

Bilfaqih, A. (2019) Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan indonesia 11(1), 2-10. Retrived from ttps://ejurnal.pendidikannindonesia.ac.id/index.php/kontras/article/download/309/2

Habbie, C. (2020). LMS Moodle. Jurnal Pendidikan Sosial 6(3), 221-228.Retrieved from: https://ejurnal.pendidikann indonesia .ac.id/index.php/kontras/article/download/309/250

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Herayanti l, (2019). Moodle Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Wahana Akademika, 3(1), 52-66. Retrieved from https://ejurnal.pendidikannindonesia .ac.id/index.php/kontras/article/download/309/250

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Mustofa, o, S. S. (2019). Kelebihan LMS Moodle. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 220-238. Retrieved from: https://ejurnal.pendidikannindonesia.ac.id/index.php/kontras/article/download/309/250

Mustofa. (2018). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning In The Middle Covid-19 Pandemic). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224. Retrieved from: https://ejurnal.pendidikannindonesia.ac.id/index.php/kontras/article/download/309/250

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.