Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa SD dengan Memanfaatkan Aplikasi Belajar Membaca Lancar

Zumroatun Zumroatun, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Aplikasi belajar membaca lancar merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk membantu siswa Belajar membaca. Aplikasi belajar membaca lancar adalah aplikasi membaca dan mengeja untuk anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengamati aplikasi belajar membaca lancar dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan Siswa SD (2)Meningkatkan keefektifan dan keefesiean proses bejalar mengajar ditingkat SD.  Teknik  penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya, keterampilan membaca ,siswa SD,Aplikasi  belajar membaca lancar dan topik pembelajaran mandiri. Data diperoleh dari buku-buku terbitan dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi belajar membaca lancar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa SD.

Kata kunci—Keterampilan membaca , siswa SD ,Aplikasi.

 

 

Abstract—The application for learning to read fluently is one of the tools that can be used to help students learn to read. Learn to read fluently is a reading and spelling app for early childhood. The aims of this study were (1) to identify and observe the application of learning to read fluently in an effort to improve elementary students’ initial reading skills (2) to increase the effectiveness and efficiency of the teaching and learning process at the elementary level. This research technique is library research which means the technique of collecting data from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topic of discussion, including reading skills, elementary students, applications for learning to read fluently and independent learning topics. The data is obtained from published books and also articles from research that have been published in national journals as well as international journals. The results showed that the application of learning to read fluently can Improve reading skills in elementary school students.

Keywords— Reading skills, elementary students, applications.


Keywords


Reading skills, elementary students, applications.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 4(1), 343-347. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from HYPERLINK 8Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Nitami, A., Fadilah, C., Siwi, G. W., Fadhilah, R. N., & Darojah, Z. (2020). Membaca pemahaman dalam media cerpen pada kelas VIII (Studi Analisis Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII SMPN 1 Karawang Barat). PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(2). Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/4080.

Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika dalam Cerpen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2021). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2). Doi http://dx.doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Priyayi, D. F., Keliat, N. R., & Hastuti, S. P. (2018). Masalah dalam pembelajaran menurut perspektif guru biologi sekolah menengah Atas (SMA) di Salatiga dan Kabupaten Semarang. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 85-92. Doi https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1243.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. Doi http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v3i1.2697.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/2697.

Rahmawati, D. L. (2013). Penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran menulis karya sastra (Cerpen). Anterior Jurnal, 13(1), 43-51. Doi https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.290.

Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. Doi http://dx.doi.org/10.29210/3003987000.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Sa’diyah, I., Kristi, R. A., & Tazkiyah, I. (2021, November). Korelasi antara aplikasi komiku dan Wattpad dengan minat baca masyarakat saat pandemik. In Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara (Vol. 2, pp. 17-22). Doi https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.91.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56). Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Setiarini, Y. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan menganalisis unsur instrinsik pada cerpen melalui media audiovisual. Didaktikum, 16(4). Retrieved from http://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/307.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190). Retrieved from http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q., & Erihadiana, M. (2021). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458.

Sukriyadi, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Wattpad Dalam Keterampilan Membaca Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Smk Prima Unggul Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020 (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51727.

Sumaryanti, L., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran memproduksi teks cerpen bersumber dari majalah remaja untuk siswa Sma/smk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 717-725. Doi http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6233.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Doi https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Wardhana, I. P., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep pendidikan taman siswa sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional merdeka belajar di Indonesia. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7550.

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika pembelajaran menulis cerpen di sekolah menengah tujuan SM3T. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.