Pemanfaatan Aplikasi Solite Kids Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bagi Siswa Paud

Saefullah Fikri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling fundamental, karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pada usia ini anak mulai dikenalkan dengan kegiatan belajar mengenal keaksaraan, sebagai persiapan anak untuk memasuki tahap selanjutnya di sekolah dasar, langkah yang harus dilakukan yaitu memperkenalkan anak metode metode pembelajaran untuk tahab selanjutnya, seperti medote pengenalan, membaca, mengaji dan lain sebagainya, maka dari itu kita memperkenalkan aplikasi Solide Kids yang merupakan platform media sosial yang dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan siswa prasekolah. Karena dari segi penelitian  di aplikasi ini memiliki fitur fitur yang sangat bermanfaat bagi anak anak tingkat paud maupun TK.

Kata kunci— solide kids, kemampuan membaca, siswa paud

 

Abstract— Early childhood education (PAUD) is the most fundamental education, because the development of children in the future will be largely determined by various meaningful stimulations given from an early age. At this age children begin to be introduced to literacy learning activities, as a preparation for children to enter the next stage in elementary school, the step that must be taken is to introduce children to learning methods for the next stage, such as introduction, reading, Koran and so on. Therefore, we introduce the Solide Kids application which is a social media platform that can play a role in improving the abilities of preschool students. Because in terms of research, this application has features that are very useful for children at the early childhood and kindergarten level.

Keywords— solide kids, reading ability, early childhood students


Keywords


solide kids, reading ability, early childhood students

Full Text:

PDF

References


A’yunina, A., & Masruroh, E. (2022). Penggunaan game edukasi solite kids dalam mengembangkan kemampuan keaksaraan anak: Penelitian pada anak kelompok B RA Persis 195 Al-Huda Jl. Jatinegara Kec. Batunungal Bandung. Islamic Journal of Education, 1(1), 1-10. Doi https://doi.org/10.54801/ijed.v1i1.2

Al Iftitah, I. I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi covid-19 pada lembaga paud. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2334-2344. Doi https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2079

Ardiansyah, T., & Subrata, A. (2020). Pemahaman risk control melalui transfer di pt sinergi indonesia. Premium Insurance Business Journal, 7(1), 34-45. Retrived from http://ejournal.stma-trisakti.ac.id/index.php/premium/article/view/6.

Asmani, J. M. M. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DivaPress.

Efendi, Y. (2020). Meningkatkan keterampilan berbahasa siswa melalui pembelajaran pakem menggunakan aplikasi solite kids dalam pembelajaran bahasa arab. Progresif: Media Publikasi Ilmiah, 8(2), 1-13. Retrived from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2510135&val=23924&title=MENINGKATKAN%20KETERAMPILAN%20BERBAHASA%20SISWA%20MELALUI%20PEMBELAJARAN%20PAKEM%20MENGGUNAKAN%20APLIKASI%20SOLITE%20KIDS%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB.

Fadlillah, M. (2016).Edutainment pendidikan anak usia dini: menciptakan pembelajaran menarik, kreatif dan menyenangkan. Jakarta Indonesia: Prenada Media.

Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2020). verbal linguistic intelligence of the first-year students of indonesian education program: a case in reading subject. European Journal of Educational Research, 9(1), 117-128.https://eric.ed.gov/?id=EJ1241207.

Kusumo, A. T. (2022). efektivitas natakelas selama pandemi covid-19 sebagai media pembelajaran daring. Jurnal Sistem Informasi, 11(1), 13-17. Doi: https://doi.org/10.51998/jsi.v11i1.462

Lopes, L. P. F., Fitriani, Y., & Hendriawan, D. (2020). Analisis aplikasi belajar bentuk dalam upaya mengenalkan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Retrived from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Lopes+L.%2C+Lucia+P.+F.%2C+Yulianti+F.%2C+%26+Deri+H.+2020.+Analisis+Aplikasi+Belajar+Bentuk+Dalam+Upaya+Mengenalkan+Bentuk+Geometri+Pada+Anak+Usia+4-5+Tahun.+KALIMAYA%2C+8(2)%2C+1-10&btnG= .

Pranadhita, I. B. C. (2022). Analisis kajian pustaka faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 8009-8015. Doi http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i6.7646

Putri, Y., Fatmawati, F., & Damri, D. (2013). Upaya meningkatkan kemampuan membaca kata melalui metode global bagi anak kesulitan belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3). Doi https://doi.org/10.24036/jupe20510.64

Tiku Ali, J., & Patombongi, A. (2016). Perancangan game edukasi pembelajaran membaca berbasis android. Simtek: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 1(1), 1–8. Doi https://doi.org/10.51876/simtek.v1i1.1.

Wati, M., & Damri, D. (2019). Meningkatkan membaca permulaan melalui metode multisensori bagi anak kesulitan belajar. PAKAR Pendidikan, 17(2), 32-42. Doi. https://doi.org/10.24036/pakar.v17i2.20

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2). Doi https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2663


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.