Pemanfaatan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar

Ardhia Pramesti, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

abstrak—Ketrampilan Membaca ialah suatu proses kegiatan mencocokan huruf dan melafalkan lambang-lambang bahasa tulis. Tujuanya untuk, memaknai kosakata asing, mampu mengenali naskah tulisan suatu bahasa, mampu menilai dan memaknai suatu bacaan. dan memiliki manfaat untuk, pemacu kreativitas, intelektual, informatif, sosial, religius, dan rekreatif. Oleh karena itu keterampilan membaca dianggap sangat penting untuk dikuasi oleh anak sekolah dasar. peserta didik menggunakan model pembelajaran dengan bantuan media flashcard sangat meningkat dikarenakan peserta didik mempusatkan perhatiannya secara penuh terhadap pembelajaran yang berlangsung sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Kata kunci—Keterampilan Membaca, Siswa Sekolah Dasar, Flashcard.

 

 

Abstract—Reading skill is a process of matching letters and pronouncing symbols of written language. The goal is to interpret foreign vocabulary, be able to recognize written texts of a language, be able to assess and interpret a reading. and has benefits for creativity, intellectual, informative, social, religious, and recreational activities. Therefore, reading skills are considered very important to be mastered by elementary school children. students use learning models with the help of flashcard media greatly increased because students focus their full attention on the learning that takes place so that learning can take place well and smoothly.

Keywords— Reading Skills, Elementary School Students, Flashcards.


Keywords


Reading Skills, Elementary School Students, Flashcards.

Full Text:

PDF

References


Ahuja, P. & Ahuja, G, C. (2022). Membaca: secara efektif dan efisien. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Arifa, D. (2017). Peningkatan Ketrampilan cerpen dengan metode P2R. Malang: Media Nusa Creative.

Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard di sekolah dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya 16(29), 92-98.

Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R, G, P. (2021). Penerapan mkdel pembelajaran savi berbantuan media Flashcard untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan 18(1), 13-27. Doi https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). 4(1), 343-347. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Untuk Mahasiswa: dilengkapi dilengkapi caturtunggal keterampilan berbahasa. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover pagev2.pdf?Expires=1652931345&Signature.

Kurniullah, A, Z,. dkk. (2021). Metode penelitian sosial. Malang: Yayasan kita menulis.

Mahsyanur, M. (2014). Membaca: Suatu ketrampilan berbahasa bersifat reseptif. Yogyakarta: BUGINESE ART.

Mangunwijaya, Y, B, dkk. (2019). Mengalir dari hati. Yogyakarta: Penerbit PT. Kanisius.

Mualidah, T. (2020). Pemanfaatan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan keterampilan membaca pada pelajaran bahasa indonesia. IBTIDA'. 1(1), 25-32. Doi https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i1.108.

Novika, F., Haryanto, D., dkk. (2022). Statistika dan analisis data. Semarang: Tahta Media Group.

Nugraha, M, F, dkk. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Tasikmalaya: EDU PULISHER.

Nur, M, S, & Uyun, A, S. (2020). Tinjuan pustaka sistematis: pengantar metode penelitianSkunder untuk energi terbarukan-bioenergi. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Pradana, P, H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. JOEAI: Journal of Education and Instruction 2(1), 25-31. Doi https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587.

Rahman, B., & Hariyanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia 2(2), 127-137. Doi https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.

Ramliyana, R, dkk. (2021). Menggagas pembelajaran bahasa Indonesia pada era Kelimpahan. Malang: UNISMA Press.

Sani, R, A. & Mucktiany, A. (2017). Best practices: pengolahan dan pengawasan sekolah. Tanggerang: Tirta Smart.

Sholihin, M, & Anggraini, P, G. (2020). Analisis data penelitian menggunakan software STATA. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sumardjan, S, dkk. (2017). Media kartu sekolah dasar. Semarang: Formaci.

Wartini, W. (2022). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui model pembelajaran kooperatif dengan media flashcard pada siswa kelas l SD Negeri 1 Giripurwo. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia 2(1), 1-9. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2484.

Wijaya, P, A, dkk. (2021). Strategi know-want to know-learned dan strategi direct reading thinking activity dalam pendidikan sekolah dasar. Semarang: CV. Harian Jateng Network.

Windatiningsih, D,. & Harlan, D. (2019). Uji validasi data debit untuk deteksi penyimpangan data studi kasus: Das Citarum Hulu. Jurnal Sumber Daya Air. 15(2), 121-136. Doi https://doi.org/10.32679/jsda.v15i2.600.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.