Penerapan Aplikasi Webtoon untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa SMP

Rika Marsita, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pembelajaran merupakan kegiatan yang positif yang bertujuan untuk memberikan ilmu kepada orang lain yang sedang membutuhkan. Salah satu materi pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa Sekolah Menengah Pertama adalah menulis cerpen. Kebanyakan siswa Sekolah Menengah Pertama mengalami kesulitan ketika diberikan tugas untuk membuat cerpen. Disini peneliti bertujuan membuat sebuah konsep pembelajaran menulis cerpen di tingkat Sekolah Menengah Pertama dengan memanfaatkan aplikasi webtoon untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif dengan analisis  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang peran dan penggunaan aplikasi Webtoon pada pembelajaran menulis cerpen di Sekolah Menengah Pertama. Diharapkan dengan di dukung oleh aplikasi webtoon para siswa bisa menjadi lebih semangat dan mudah memahami materi pembelajaran serta mengasah imajinasinya untuk membuat karangan cerita.

Kata kunci—Menulis Cerpen, Siswa SMP, Aplikasi Webtoon.

 

 

Abstract—tulis abstrak bahasa Inggris di sini (font 10) Learning is a positive activity that aims to provide knowledge to others who are in need. One of the subject matter that is considered difficult by junior high school students is writing short stories. Most junior high school students have difficulty when given the task of making short stories. Here the researcher aims to create a concept of learning to write short stories at the junior high school level by utilizing a webtoon application to improve students' writing skills. The method used in this research is descriptive method with qualitative and quantitative analysis. The results of this study explain the role and use of Webtoon applications in learning to write short stories in junior high schools. It is hoped that with the support of the webtoon application, students can become more enthusiastic and easily understand learning materials and hone their imaginations to make story essays.

Keywords— Writing Short Stories, Middle School Students, Webtoon Applications.

 


Keywords


Short story writing, Junior High School Students, application, Webtoon.

Full Text:

PDF

References


Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Retrived from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855

Febrina, L. (2017). Pengaruh minat baca cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu, 11(74). Doi https://doi.org/10.33559/mi.v11174.81.

Handayani, R., Atmazaki, A., & Noveria, E. (2016). Pengaruh teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 306-312.Doi https://doi.org/10.24036/9995-019883

Kurniawati J, K. J. (2018). Kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). Retrived from http://eprints.unm.ac.id/10724/

Laili, A. P., Sabhan, S., & Hermawan, S. (2020). Keterampilan menulis cerpen berdasarkan komik webtoon siswa kelas IX-D MTSN 2 Kota Banjarmasin. LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA, 3(1), 10-21. Retrived from http://103.81.100.242/index.php/locana/article/view/1111

Marfu'ah, R. S. (2019). Pesan moral dalam komik online (analisis semiotika terhadap line webtoon" sarimin" Episode 1-26 Karya Nagaterbang) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Retrived from http://etheses.lainponorogo.ac.id/id/eprint/7660

Musfiroh, Daraini. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Novita, T. (2021). Penerapan pendekatan kontekstual dalam menggembangkan kemampuan menulis cerpen pada siswa Ix A Di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan (Doctoral dissertation, lain Bengkulu). Retrived from http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6550

Nuratikah, N. (2018). Pengaruh penggunaan webtoon terhadap keterampilan menulis pantun. Pena Literasi, 1(2), 138-146. Doi https://doi.org/10.24853/pl.1.2.138146

Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama guru honorer dalam komik pak guru inyong berbasis webtoon karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 35-40. Doi https://doi.org/10.53873/culture.v7i1.209

Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan media pembelajaran webtoon untuk menanamkan sikap toleransi siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050-3060. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v515,1244

Rahman, M. A., Effendi, R., & Alfianti, D. (2019). Pemahaman kosakata Bahasa Indonesia dalam teks deskripsi pada peserta didik kelas IX-D MTsN 2 Banjarmasin. LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA, 2(1), 47-57. Retrived from http://103.81.100.242/index.php/locana/article/view/1090

Sari, Herda Wulan. (2011). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Tari Tirik Kuala Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII D Di MTsN Mulawarman Banjarmasin. Skripsi. STKIP PGRI Banjarmasin.

Sukino. (2010). Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer. Pengaruh penggunaan webtoon terhadap keterampilan menulis pantun.

Susanti, Henny. (2010). Studi tentang Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi pada MTsN Mulawarman Banjarmasin. Skripsi. Universitas Islam Kalimantan.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). Retrived from https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/26


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.