Penggunaan Media Rumah Perkalian pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Rinza Fadia Enjelina, Gurit Wulan Jagadianti, Khoirun Nikmah, Lingga Pebi Nadiantika, Riza Dwi Febrianti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak - Pendidikan dasar yang sesuai dengan perkembangan anak merupakan pendidikan yang membutuhkan benda konkret, dengan harapan dapat menjadikan peserta didik lebih memahami materi apabila diberikan contoh nyata. Bentuk inovasi media pembelajaran dalam materi perkalian adalah penggunaan Rumah Perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media Rumah Perkalian di SD Negeri di Bojonegoro, (2) mendeskripsikan kendala penggunaan media Rumah Perkalian, (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala yang dialami oleh pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) penggunaan media Rumah Perkalian dapat memberikan bantuan kepada peserta didik dalam menghafal perkalian dengan cara yang menyenangkan, (2) Kendala dari penggunaan media Rumah Perkalian ini adalah peserta didik belum menguasai perkalian dan penggunaan pion dari pines sehingga kurang aman, dan (3) Solusi dari kendala penggunaan media Rumah Perkalian adalah dibutuhkannya peran guru dan orangtua dalam membimbing peserta didik untuk menghafal perkalian serta menggati pion dengan media yang lebih aman. Kesimpulan yang dapat dipetik adalah media Rumah perkalian dapat memotivasi peserta didik untuk menghafal perkalian.

Kata kunci—media pembelajaran, media Rumah Perkalian, perkalian

 

 

Abstract - Basic education in accordance with the development of children is an education that requires concrete object, which is expected to make learners better understand the material when given real examples. The form of learning media innovation in multiplication material is the use of ‘Rumah Perkalian’. This study aims to (1) describe the use of ‘Rumah Perkalian’ media in SD Negeri in Bojonegoro, (2) describe the obstacles of using the ‘Rumah Perkalian’ media, (3) describe the solutions to overcome the obstacles experienced by users. This study uses a qualitative method. The results of the study show the following: (1) the use of the ‘Rumah Perkalian’ media can provide assistance to students in memorizing multiplication in a fun way, (2) The constraint of using the ‘Rumah Perkalian’ media is students have not mastered multiplication and the use of pawns from pines are less secure, and (3) The solution to the problem of using the ‘Rumah Perkalian’ media is needed the role of teachers and parents in guiding students to memorize multiplication and replace pawns with safer media. It can be concluded that the ‘Rumah Perkalian’ media can motivate students to memorize multiplication.

Keywords— learning media, ‘Rumah Perkalian’ media, multiplication


Keywords


learning media, ‘Rumah Perkalian’ media, multiplication

Full Text:

PDF

References


Adi W. Gunawan. (2007). Cara Genius Menguasai Tabel Perkalian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Retrieved

Auliya, R. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe CRH( Course, Review, Hurray) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kecemasan Matematika Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., … Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hapsari, R. K. (2015). Peningkatan Kemampuan Operasi Dasar Perkalian Dengan Penerapan Perangkat Lunak Permainan “Rumah Perkalian.” SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015.

Harris Syamsi Yulianto. (n.d.). TRIK: MUDAH PERKALIAN DALAM HITUNGAN DETIK. Media Pusindo.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group. Tahta Media Group.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran SD. Sukabumi: CV Jejak.

Ovan. (2002). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Kencana.

Sundi, V. H., Bahar, H., & Irrawati, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, III(2), 54–62.

Syifauzakia, Ariyanto, B., & Alina, Y. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Batu: Literasi Nusantara.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., & Febriyanni, R. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wulandrio, R., & Rahmawati, I. (2018). Penggunaan Media Rumah Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian SD Laboratorium Unesa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 453–462.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.