Peran Media Pembelajaran Wattpad Sebagai Sarana Menulis Puisi pada Siswa Menengah Atas

Shinta Isabella, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Wattpad merupakan sebuah media online asal kanada yang memunginkan penggunanya untuk membaca maupun menuliskan karya dalam bentuk novel, cerpen, puisi, atau sejenisnya. Wattpad ini menjadi tempat hiburan serta dapat dikolaborasikan dengan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dan implementasi Wattpad dalam penulisan puisi pada siswa menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research), dengan data dan bahan yang tersedia dalam buku, jurnal, artikel dan sebagainya. Maka dari itu, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berhubungan dengana topik pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran dan implementasi Wattpad pada pembelajaran menulis puisi di sekolah menengah atas. Hal ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaan menulis puisi dengan memanfaatkan Wattpad.

Kata kunci—Menulis Puisi, Siswa SMA, Media, Wattpad

 

 

Abstract—Wattpad is an online media from Canada that allows users to read or write works in the form of novels, short stories, poetry, or the like. Wattpad is a place for entertainment and can be collaborated with learning. The purpose of this study was to determine the role and implementation of Wattpad in poetry writing for high school students. This research is a library research, with data and materials available in books, journals, articles and so on. Therefore, the data used in this study is secondary data related to the topic of discussion. The results of this study indicate the role and implementation of Wattpad in learning to write poetry in high school. This is expected to support the process of learning to write poetry by utilizing Wattpad.

Keywords— Writing Poetry, High School Student, Media, Wattpad


Keywords


Writing Poetry, High School Student, Media, Wattpad

Full Text:

PDF

References


Aldianto, L., dkk. (2018). Pengembangan science dan technopark dalam menghadapi era industri 4.0 - sebuah studi pustaka. Manajemen Jurnal Indonesia, 18(1), 68-76. Doi https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261.

Aveus. (2011). Yuk, Menulis! Diary, Puisi, dan Cerita Fiksi. Yogyakarta: G-media.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan guru TK menghadapi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. Doi https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/139619.

Bal, M. (2018). Reading and writing experiences of middle school students in the digital age: Wattpad sample. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(2), 89-100. Doi https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.2p.89.

Budiastuti, W. (2014). Peningkatan motivasi dan keterampilan menulis puisi dengan penerapan pendekatan kontekstual pada siswa sekolah dasar. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(3). 573-582. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/4054.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125. Doi https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.

Gunawan, G. (2019). Hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas x iis sma negeri 1 cigudeg bogor. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 36-43. Doi https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i1.25.

Hidayah, R. N., Darmuki, A., & Hasanudin, C. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas x IPA I negeri 2 blora tahun ajaran 2018/2019. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 4(1), 309-320. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi.

Jaya, S., & Syahrul, R. (2013). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar siswa kelas x 1 sma negeri 2 kota sungai penuh. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(2), 87-95. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5000.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Layaliya, F. N., dkk. (2021). Media pembelajaran bahasa dan sastra (studi pustaka). Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81-84. Doi https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392.

M. W. George. (2008). The Elements of Library Research. New Jersey: Princeton University Press.

Nur, M., Burhanuddin, B., & Mannahali, M. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 64-70. Doi https://doi.org/10.26858/interference.v2i1.20129.

Nurfadilla, N., Rijal, S., & Usman, M. (2020). Pengajaran sastra bahasa jerman di Sekolah Menengah Atas (SMA). Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 121-127. https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14698.

Pratiwi, Y. D., Maryaeni, M., & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, penelitian, dan pengembangan, 1(5), 835-843. Doi http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6265.

Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 1-10. Doi http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.

Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan media wattpad dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas x smk setia darma palembang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 381-394. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5120.

Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan media wattpad dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas x smk setia darma palembang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 381-394.

Rachmadhani, W., & Suryaman, M. (2020). Analysis of necessity of writing poetry in senior high school. Atlantis Press, 461(1), 450-454. Doi https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200804.088.

Rahman, I. A., & Iwan, I. (2019). Blending wattpad platform and english prose course in industrial revolution era 4.0. English Language İn Focus (ELIF), 2(1), 25-32. Doi https://doi.org/10.24853/elif.2.1.25-32.

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sari, D. P. (2016). The effects of short story through wattpad on reading comprehension achievement of non-english major students of bina darma university. Holıstıcs Journal, 8(16), 1-42. Retrieved from http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/holistic/article/view/669.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 1-5. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Simanjuntak, N., Naibaho, P., & Arif, S. (2021). Pemanfaatan wattpad sebagai media pembelajaran menulis cerita pendek. FBS Unimed Press, 223-228. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43404.

Syaharani, N., & Mahadian, A. B. (2017). Perilaku menulis fanfiction oleh penggemar Kpop di Wattpad. Jurnal Komunikasi Global, 6(2), 200-219. Retrieved from http://202.4.186.66/JKG/article/view/9331.

Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi: Panduan Untuk Pelajar Dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wulansari, D. (2017). Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode pembelajaran langsung (direct instruction). DIKSATRASIA: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 230-232. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/620.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zamili, M. (2015). Menghindar dari bias: praktik triangulasi dan kesahihan riset kualitatif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283-304. Doi https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.