Pemanfaatan Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk Memudahkan Siswa SMA dalam Mencari Kata, Frasa, dan Ungkapan pada Karya Sastra

Ervita Nuswantari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Karya sastra merupakan suatu gambaran imajinasi yang terinspirasi dari kehidupan manusia yang menjunjung nilai estetika dalam karyanya. Penggunaan sastra dalam jengang pelajar SMA sudah diterapkan sejak kelas 10 awal dengan mata pelajaran seni budaya dan Bahasa Indonesia menggunakan karya sasra dalam pelajarannya. Pelajar SMA juga banyak yang mengeluh tentang susahnya mencari kata demi kata yang tepat dan sinkron dengan penggunaan kalimat  lainnya. Beberapa pelajar cendenrung malas memikirkan kata, frasa, atau ungkapan apa yang tepat dalam melanjutkan karyanya tersebut. Maka dari itu penggunaan aplikasi kamus besar Bahasa Indonesia merupakan solusi yang tepat. Dalam pencarian sumber data peneliti menggunakan metode penelitian library research (kepustakaan) yang merupakan sebuah teknik penelitian yang menggunakan berbagai sumber dari perpustakaan untuk menghasilkan berbagai data yang relevan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Data sekunder sudah  bisa terhubung langsung dengan topik yang dibahas, yaitu 1) aplikasi kamus besar Bahasa Indonesia, 2) siswa SMA, 3) karya sastra. Peneliti mencari sumber data dari berbagi buku yang diterbitkan dari dalam atau luar negeri serta bebrapa jurnal dan artikel nasional dan internasioal. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi kamus besar Bahasa Indonesia secara efektif dapat mempermudah pencarian kata, frasa, serta ungkapan dalam karya sastra.

Kata kunci: Aplikasi kamus besar Bahasa Indonesia, siswa SMA, karya sastra

 

 

Abstract Literary work is a picture of imagination inspired by human life that upholds aesthetic values in its work. The use of literature in high school students' jengang has been applied since the early 10th grade with arts and culture subjects and Indonesian language using literary works in their lessons. Many high school students also complain about the difficulty of finding the right word for word and in sync with the use of other sentences. Some students tend to be lazy to think about what words, phrases, or expressions are appropriate in continuing their work. Therefore, the use of a large Indonesian dictionary application is the right solution. In searching for data sources, researchers use library research research methods (library) which is a research technique that uses various sources from libraries to produce various relevant data. Sources of data used in this study are secondary data sources. Secondary data can already be connected directly to the topics discussed, namely 1) the application of a large Indonesian dictionary, 2) high school students, 3) literary works. Researchers look for data sources from sharing books published from within or outside the country as well as several national and international journals and articles. The result of this research is the application of a large Indonesian dictionary can effectively facilitate the search for words, phrases, and expressions in literary works.

Keywords— large Indonesian dictionary application, high school students, literary works

 


Keywords


large Indonesian dictionary application, high school students, literary works

Full Text:

PDF

References


Anggun, A. R. (2013). Minat, motif, tujuan, manfaat membaca teenlit, dan peran (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Pengguna Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang). Suluk Indo, 2(2), 149-160. Retrived from. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/sulukindo/article/view/2372.

Damono, S. D. (2006). Pengarang, karya sastra dan pembaca. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 1(1). 22-37. Doi. https://doi.org/10.18860/ling.v1i1.540.

Harun, A. (2022). Interkulturalisme dalam Karya Sastra: Realisasi Pengalaman yang Asing dalam Novel Das Leben ist eine Karawanserei Karya Özdamar. Brila: Journal of Foreign Language Education, 2(1), 36-49. Retrived from. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/27255.

Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20. Retrived from. http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/443.

Maemunah, S., Maharani, W., Alviandi, M., Kurniawan, A., Erfandy, D., & Arianto, F. (2022). Pengenalan Dan Persembahan Salah Satu Jenis Karya Sastra Puisi. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 40-42. Retrived from. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2728844&val=24833&title=Pengenalan%20Dan%20Persembahan%20Salah%20Satu%20Jenis%20Karya%20Sastra%20Puisi.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/search

Minderop, A. (2010). Psikologi sastra: karyJakarta, Indonesia:a, metode, teori, dan contoh kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Muhyidin, A. (2018). Kohesi Gramatikal Konjungsi dalam Karya Sastra dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2). 1667-175. Retrived from. https://core.ac.uk/download/pdf/234036587.pdf.

Ngafidin, K. N. M., & Wibawanto, H. (2015). Implementasi fitur autocomplete dan algoritma levenshtein distance untuk meningkatkan efektivitas pencarian kata di kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Jurnal Teknik Elektro, 7(1), 1-6.

Doi. https://doi.org/10.15294/jte.v7i1.8578.

Nurfadilla, N., Rijal, S., & Usman, M. (2020). Pengajaran Sastra Bahasa Jerman di Sekolah Menengah Atas (SMA). Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 121-127. Doi. https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14698.

Nurhasanah, E. (2018). Analisi unsur ekstrinsik novel “Merry riana-mimpi sejuta dolar” karya alberthiene endah dan pemanfaatannya sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 23-26. Retrived from. https://unibba.ac.id/ejournal/index.php/metamorfosis/article/view/26.

Nurhayati, R., & Afifah, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 1(2), 143-151. Retrived from. http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/1388.

Ratna, I. N. K. (2016). Antropologi Sastra: Perkenalan Awal (Anthropology Literature: an Early Introduction). METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 4(2), 150-159. Retrived from. https://core.ac.uk/download/pdf/230546522.pdf.

Ratnawati, E., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2016). Pengaruh Learning Cycle–5E Berkonteks SSI Terhadap Pemahaman Hakikat Sains Pada Materi Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Garam Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 25-35. Doi. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v4i1.8177.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. Rerived from. https://www.ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555.

Sardinah, S., Tursinawati, T., & Noviyanti, A. (2012). Relevansi sikap ilmiah siswa dengan konsep hakikat sains dalam pelaksanaan percobaan pada pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 13(2), 70-80. Doi. https://doi.org/10.32672/si.v13i2.474.

Safarudin, B. (2007). Distribusi dan Pemetaan Jenis-jenis Karya Sastra yang Tumbuh dan Berkembang pada Masyarakat Tutur Bahasa Bugis di Pulau Lombok. Mabasan, 1(1), 1-17. Doi. https://doi.org/10.26499/mab.v1i1.142.

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27. Doi. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). 112-126. Retrived from. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/240/156.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal pendidikan dan konseling, 2(1), 99-103. Doi. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603 .

Verlinda, D. (2020). Peran Sastra Lisan dalam Pengenalan Budaya Bangsa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 175-181. Doi. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5095.

Wibowo, J. (2016). Aplikasi Penentuan Kata Dasar dari Kata Berimbuhan pada Kalimat Bahasa Indonesia dengan Algoritma Stemming. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(5). 346-350. Doi. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v3i5.70.

Wiyanti, E. (2016). Kajian kohesi gramatikal substitusi dan elipsis dalam novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 16(2), 188-202. Retrived from. https://caritulisan.com/media/117875-ID-kajian-kohesi-gramatikal-substitusi-dan.pdf.

Yulita, I. (2018). Analisis prekonsepsi siswa terhadap kemampuan menghubungkan konteks air laut dengan konten hakikat ilmu kimia kelas X SMA. Jurnal pendidikan sains (JPS), 6(1), 64-72. Retrived from. https://core.ac.uk/download/pdf/234037817.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.