Meningkatkan Minat Belajar Bhs Indonesia Menggunakan Aplikasi Rumah Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar

Aprilian Dwi Rahmawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Aplikasi  Rumah Belajar ialah program teknologi pembelajaran yang diatur oleh Kemendikbud. Aplikasi Rumah Belajar merupakan program teknologi pembelajaran yang digunakan masyarakat Indonesia guna penataran daring di sekolah dasar selaku sumber belajar serta alat penataran, salah satunya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengamati aplikasi rumah belajar untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar . (2)Meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa SD .Teknik  penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya Minat belajar ,Bahasa Indonesia ,aplikasi rumah belajar ,siswa SD  dan topik pembelajaran mandiri. Data diperoleh dari buku-buku terbitan dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional.untuk sumber data penelitian ini. dapat disimpulkan bahwa aplikasi rumah belajar dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar .dan memudahkan tercapai tujuan pembelajaran

Kata kunci—Minat belajar ,Aplikasi  ,Siswa ,Sekolah ,Dasar

 

 

Abstract—The Learning House application is a learning technology program regulated by the Ministry of Education and Culture. The Learning House application is a learning technology program that is used by the Indonesian people for online upgrading in elementary schools as a learning resource and upgrading tool, one of which is Indonesian language subjects. The aims of this research are (1) to find out and observe the application of home learning to increase the interest in learning Indonesian for elementary school students. (2) Increase interest in learning Indonesian in elementary school students. This research technique is library research which means the technique of collecting data from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topic of discussion, including interest in learning, Indonesian language, home learning applications, elementary students and independent learning topics. Data were obtained from published books and also articles from research that have been published in national journals as well as international journals. it can be concluded that the learning house application can increase the interest in learning Indonesian for elementary school students and make it easier to achieve learning objectives

Keywords— Interest in learning, Applications, Students, Schools, Basics


Keywords


Interest in learning, Applications, Students, Schools, Basics

Full Text:

PDF

References


Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.