Penggunaan Google Classroom untuk Menunjang Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Menengah Atas

Rizka Amalia Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Google Classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terjadinya ruang kelas di dunia maya. Google Classroom juga merupakan sarana pengiriman tugas, submit tugas dan juga menilai tugas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengamati peran aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa sekolah menengah atas(2)  Meningkatkan  kemampuan membaca pada siswa sekolah menengah atas dengan aplikasi Google Classroom (Teknik  penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya Keterampilan membaca, aplikasi Google Classroom , Siswa SMA  dan topik pembelajaran mandiri. Data diperoleh dari buku-buku terbitan dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional.untuk sumber data penelitian ini. Hasil akhir  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi Google Classroom  berperan penting dalam meningkatkan kemampuan menulis sastra cerpen pada siswa SMA. Karena dapat meningkatkan semangat dan minat siswa terhadap materi tersebut. Selain itu dapat memudahkan siswa serta guru dalam proses belajar mengajar. Sebaiknya pembelajaran berbasis aplikasi android terus dikembangkan dalam berbagai materi.

Kata kunci—Keterampilan membaca, Google Classroom , Siswa SMA 

 

                              

Abstract—Google Classroom is an application that allows classrooms to occur in cyberspace. Google Classroom is also a means of submitting assignments, submitting assignments and also grading assignments. The aims of this study are (1) to know and observe the role of the Google Classroom application in improving reading skills in high school students (2) to improve reading skills in high school students using the Google Classroom application (the technique of this research is library research which uses the Google Classroom application). means the technique of collecting data from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topic of discussion, including reading skills, Google Classroom applications, high school students and independent learning topics. The data is obtained from published books and as well as articles from research that have been published in national journals and also international journals. for the data source of this research.. The final results of this study can be concluded that the Google Classroom application plays an important role in improving the ability to write short stories in high school students. Because it can improve spirit and students' interest in the material. Besides that, it can facilitate students and teachers in the teaching and learning process. It is better if Android application-based learning continues to be developed in various materials.

 

Keywords— Reading Skills, Google Classroom, High School Students


Keywords


Reading Skills, Google Classroom, High School Students

Full Text:

PDF

References


Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Anitaanita. (2018 ) Peran Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan membaca pada siswa sekolah SMA.Jurnal Kredo, 1(2), 14-25. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2108

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Nitami, A., Fadilah, C., Siwi, G. W., Fadhilah, R. N., & Darojah, Z. (2020). Membaca pemahaman dalam media cerpen pada kelas VIII (Studi Analisis Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII SMPN 1 Karawang Barat). PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(2). Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/4080.

Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika dalam Cerpen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2021). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2). Doi http://dx.doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Priyayi, D. F., Keliat, N. R., & Hastuti, S. P. (2018). Masalah dalam pembelajaran menurut perspektif guru biologi sekolah menengah Atas (SMA) di Salatiga dan Kabupaten Semarang. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 85-92. Doi https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1243.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. Doi http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v3i1.2697.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/2697.

Rahmawati, D. L. (2013). Penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran menulis karya sastra (Cerpen). Anterior Jurnal, 13(1), 43-51. Doi https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.290.

Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. Doi http://dx.doi.org/10.29210/3003987000.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sa'diyah, I., Kristi, R. A., & Tazkiyah, I. (2021, November). Korelasi antara aplikasi komiku dan Wattpad dengan minat baca masyarakat saat pandemik. In Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara (Vol. 2, pp. 17-22). Doi https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.91.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56). Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Setiarini, Y. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan menganalisis unsur instrinsik pada cerpen melalui media audiovisual. Didaktikum, 16(4). Retrieved from http://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/307.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190). Retrieved from http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q., & Erihadiana, M. (2021). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458.

Sukriyadi, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Wattpad Dalam Keterampilan Membaca Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Smk Prima Unggul Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51727.

Sumaryanti, L., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran memproduksi teks cerpen bersumber dari majalah remaja untuk siswa Sma/smk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 717-725. Doi http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6233.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Doi https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Wardhana, I. P., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep pendidikan taman siswa sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional merdeka belajar di Indonesia. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7550.

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika pembelajaran menulis cerpen di sekolah menengah tujuan SM3T. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898.

Yuniar, R. F. (2019). The effects of using Wattpad on process-genre approach toward writing achievement and motivation in tertiary level (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/59026.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.