Implementasi metode discovery learning berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa SD

Nurul Alfi Hayati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pada masa kini masih banyak peserta didik yang rendah akan kemampuan menulis puisi. Untuk itu pendidik juga harus memperhatikan permasalahan tersebut, serta harus mengenalkan dan membiasakan peserta didik pada kegiatan menulis termasuk menulis puisi. Salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah penerapan metode discovery learning untuk membiasakan peserta didik menyelidiki dan menemukan ilmu baru secara sendiri dengan berbantuan media gambar seri supaya dapat memudahkan dan menjadikan inspirasi dalam menulis karya. Peran dari media gambar seri adalah 1) menarik perhatian peserta didik dalam pembelajaran, 2) mempermudah dalam mencari inspirasi dan motivasi, dan 3) meningkatkan minat membaca dan menulis siswa, sedangkan implementasinya adalah 1) guru harus memberikan sebuah topik permasalahan yang harus dipecahkan peserta didik, 2) mengajak peserta didik untuk mengumpulkan data serta mengolah data, 3) guru mengajak melakukan pembuktian data, dan 4) peserta didik harus menarik kesimpulan dari masalah yang diselesaikan.

Kata kunci—metode discovery learninig, media gambar seri, kemampuan menulis puisi, siswa SD

 

Abstract—At present there are still many students who have low ability to write peotry. For this reason, educators must also pay attention to these problems, and must introduce and familiarize students with writing activities including writing poetry. One solution to this problem is the application of the discovery learning method to familiarize students with invistigating and discovering new knowledge on their own with the help of serial image media in order to facilitate and inspire in writing works. The roles of serial picture media are 1)attracting the attention of students in learning, 2) making it easer to find inspiration and motivation, and 3) increasing students’interest in reading and writing, white the implementation is 1) the teacher mustprovid a topic of problems that must be solved by students, 2) invite students to collect data and process data, 3) the teacher invite to prove the data, and 4) students must draw conclusion from the problems solved.

Keywords—discovery learning method, picture series media, poetrywriting skills, elementary school students


Keywords


discovery learning method, picture series media, poetrywriting skills, elementary school students

Full Text:

PDF

References


Alfirzan, A., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Penggunaan model pembelajaran talking stick dalam mengamati perkembangan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2584-2589. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1230.

Ayunda, R., Kosasih, V., & Disemadi, H. S. (2021). Perlindungan hukum bagi masyarakat terhadap efek samping pasca pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 194-206. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i3.2021.194-206.

Fatimah, R. N., Slameto, S., & Radia, E. H. PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(2), 38-44. https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9512.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821.

Khadijah, K. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Khadijah%2C+K.+%282016%29.+Pengembangan+kognitif+anak+usia+dini.&btnG=#d=gs_qabs&t=1656579609169&u=%23p%3DalcyOZrqXm4J.

Laila, M. P. (2016). Citraan dalam kumpulan puisi Mangkutak Di Negeri Prosaliris Karya Rusli Marzuki Saria. Jurnal Gramatika, 2(1), 80809. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Laila%2C+M.+P.+%282016%29.+Citraan+dalam+kumpulan+puisi+Mangkutak+Di+Negeri+Prosaliris+Karya+Rusli+Marzuki+Saria.%C2%A0Jurnal+Gramatika%2C%C2%A02%281%29%2C+80809.&btnG=#d=gs_qabs&t=1656579555848&u=%23p%3DudUPZGuSks0J.

Lestari, A. (2017). Keefektifan media audio visual sebagai kreativitas guru sekolah dasar dalam menumbuhkan keterampilan menulis puisi siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214-225. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Mujib, A. (2015). Implementasi psikospiritual dalam pendidikan Islam. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 19(2). http://dx.doi.org/10.29300/madania.v19i2.38.

Mustika, I., & Lestari, R. D. (2017). Hubunganminat Baca dan kebiasaan membaca karya sastra terhadap kemampuan menulis puisi. Semantik, 5(2). https://doi.org/10.22460/semantik.v5i2.p%25p.

Putra, N. A. (2011). penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3989.

Putri, B. I. N. W., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Discovery learning dengan memanfaatkan kemasan kudapan: Analisis keterampilan menulis teks persuasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 143- 151. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3375.

Prasetyo, D. (2011). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V Sdn I Majegan Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/22089.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v5i1.1825.

Simatupang, F. T., Heeji, K., & Syahfitri, D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menulis Puisi Di Smp Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 4(1), 226-233. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/355.

Suroto, S. (2011). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas Viif SMP N2 Semarang melalui penerapan pengajuan masalah pada materi bangun datar Tahun Pelajaran 2010/2011. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 5(2). https://doi.org/10.26877/mpp.v5i2.319.

Tesniyadi, D. (2016). Analisis gaya bahasa dalam lirik lagu album bila tiba OST Sang Kiai Grup Band Ungu dan Implikasinya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Puisi di SMP. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 137-142.

Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadapketerampilan menulis teks eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 93-102. https://doi.org/1055909/jpbs.v1i1.16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.