Pemanfaatan Media E-book untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Menengah Pertama

Rohmatika Rohmatika, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Media yang dapat meningkatkan literasi membaca diantaranya buku,majalah,koran,,selain juga ada media online salah satunya E book .E book adalah sebuah buku elektronik berisi informasi ,panduan, tutorial, novel dan seperti  buku pada umumnya. Namun  buku elektronik ini hanya  dapat dimanfaatkan dengan perangkat digital  seperti smartphone, leptop dan komputer.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengamati peran E book dalam meningkatkan literasi membaca pada siswa sekolah menengah pertama (2)  Meningkatkan literasi membaca pada siswa sekolah menengah pertama  dengan media E book. Teknik  penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasandiantaranya: Literasi membaca, Media E book  , Siswa SMP dan topik pembelajaran mandiri. Data diperoleh dari buku-buku terbitan dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional.untuk sumber data penelitian ini.dapat disimpulkan bahwa media E book  berperan penting dalam meningkatkan literasi membaca pada siswa SMP. Karena dapat meningkatkan semangat dan minat siswa terhadap membaca .Selain itu dapat memudahkan siswa serta guru dalam proses belajar mengajar

 Kata kunci— Media, E book, literasi, membaca                           

 

Abstract— Media that can improve reading literacy include books, magazines, newspapers, in addition to online media, one of which is E-books. E-books are electronic books containing information, guides, tutorials, novels and like books in general. However, this electronic book can only be used with digital devices such as smartphones, laptops and computers. The aims of this study are (1) to know and observe the role of e-books in increasing reading literacy in junior high school students (2) Increasing reading literacy in junior high school students with E book media. This research technique is library research which means the technique of collecting data from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topic of discussion, including: reading literacy, e-book media, junior high school students and independent learning topics. The data were obtained from published books and also research articles published in national and international journals. For the data source of this research, it can be concluded that E-book media plays an important role in increasing reading literacy in junior high school students. Because it can increase students' enthusiasm and interest in reading. In addition, it can facilitate students and teachers in the teaching and learning process

Keywords— Media, E book, literacy, reading

Keywords


Media, E book, literacy, reading

Full Text:

PDF PDF

References


Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226

Elizabeth . (2018 ) Manfaat media E book dalam meningkatkan literasi membaca pada siswa SMP.Jurnal Kredo, 1(2), 14-25. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2108

Fauzi. S. (2018 ) Manfaat media E book dalam meningkatkan literasi membaca pada siswa SMP.Jurnal Kredo, 1(2), 14-25. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.21085

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.