Peningkatan kualitas belajar peserta didik pada pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi kelas pintar

Siti Shoimuna Khoiriska, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran media pembelajaran daring di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran daring kurang efektif dan memberatkan peserta didik, walaupun peran media pembelajarnya sudah digunakan dan dilaksanakan dengan maksimal dan sebaik mungkin akan tetapi siswa lebih menyukai pelajaran tatap muka dibandingkan dengan daring. Aplikasi kelas pintar cukup membantu dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik dengan platform pembelajaran yang menarik. Aplikasi kelas pintar bisa digunakan sebagai sarana belajar tanpa menghilangkan interaksi antara siswa dengan gurunya di sekolah. Kelas Pintar menyediakan materi pelajaran yang sama dengan apa yang diberikan di sekolah. Baik dari kurikulum maupun dan jumlah mata pelajaran.

Kata kunci— media pembelajaran, belajar online, aplikasi Kelas Pintar.

 

 

Abstract—This study aims to determine the role of online learning media during the pandemic. The research method used is a qualitative method. The results showed that the use of online learning media was less effective and burdensome for students, even though the role of learning media had been used and implemented to the maximum and as best as possible, but students preferred face-to-face lessons compared to online. Kelas Pintar applications are quite helpful in improving the quality of student learning with an attractive learning platform. Kelas Pintar applications can be used as a learning tool without eliminating the interaction between students and their teachers at school. Kelas Pintar provides the same subject matter as what is given in school. Both from the curriculum and the number of subjects.

Keywords— learning media, online learning, Kelas Pintar application.


Keywords


Learning media, online learning, Kelas Pintar application

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama. Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. In Deepublish (Vol. 1, Issue 1). http://digilib.esaunggul.ac.id/public/Ueu-

Handayani, T., Khasanah, H. N., Yosintha, R., Tidar, U., Artikel, H., Tegalarum, D., & Tegalarum, D. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Abdipraja : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107–115.

Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar, 586–588.

Mastur, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2002). Upaya Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jpmi : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72–81.

Pusdatin. (2021). Materi Bimbingan Teknis Penerapan E–Pembelajaran Berbasis Televisi Edukasi dan Suara Edukasi.

Warsita, Bambang. (2013). Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Jurnal KWANGSAN. Vol. 1–Nomor 2, Desember, 72–94.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.