Aplikasi MejaKita sebagai Media Belajar dan Pemanfaatan di Era Covid-19

Laila Kusumaning Ayu, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

Abstrak—Pendidikan yang sebelumnya diselenggarakan secara luring melalui pertemuan langsung guru dengan peserta didik tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi Covid-19, sehingga terpaksa harus belajar secara daring. Namun pembelajaran daring ini juga banyak menimbulkan keluhan diantaranya minimnya interaksi guru-siswa karena pembelajaran daring lebih banyak memberikan tugas kepada siswa. Hal ini menyebabkan materi yang diberikan oleh guru kurang menarik perhatian para siswa, dan bagi mereka bermain jauh lebih menarik dibandingkan belajar. Ketika hal tersebut terjadi, maka akan terjadi kejenuhan pada pikiran siswa untuk belajar dan dapat menyebabkan kemalasan untuk memahami materi karena kemasan yang membosankan. Selama proses pembelajaran daring dibutuhkan aplikasi sebagai media pembelajaran yaitu meja kita. Aplikasi meja kita memberikan efek positif dalam mempengaruhi berjalannya proses pendidikan bagi peserta didik. MejaKita adalah sebuah platform interaktif yang dirancang khusus sebagai ruang bagi pelajar di Indonesia untuk berbagi ilmu dan saling belajar bersama. Untuk menggunakan aplikasi MejaKita bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan media sosial seperti Facebook dan Google Plus.

Kata kunci—pembelajaran daring, media pembelajaran, aplikasi MejaKita.

 

 

Abstract—Education which was previously held offline through direct teacher-student meetings could not be carried out due to the Covid-19 pandemic, so they had to study online. However, online learning also causes many complaints, including the lack of teacher-student interaction because online learning provides more assignments to students. This causes the material provided by the teacher to be less attractive to students, and for them playing is much more interesting than learning. When this happens, there will be saturation in the minds of students to learn and can cause laziness to understand the material because of boring packaging. During the online learning process, an application is needed as a learning medium, namely Meja Kita. MejaKita application has a positive effect in influencing the course of the education process for students. Desk Kita is an interactive platform specially designed as a space for students in Indonesia to share knowledge and learn from each other. To use the MejaKita application, you can register using social media such as Facebook and Google Plus.

Keywords— online learning, learning media, MejaKita application.


Keywords


online learning, learning media, MejaKita application.

Full Text:

PDF

References


Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Mardesci, H., &Mardesci, A. (2020). Pengaruh Perkuliahan dengan Metode dalam Jaringan (Daring) terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Program Studi Teknologi Pangan Universitas Islam Indragiri). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 4(3), 357-365.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al asma: Journalof Islamic Education, 2(1), 1-12.

Rahma, R., &Safarati, N. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMIC COVID 19. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Riamin. (2016). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. 14 April. https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/menumbuhkan-minat-belajar-siswa-dalam-pembelajaran.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Suni Astini, Ni Komang. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam PembelajaranOnlineMasaCovid-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no.2 (2020): 243. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya socialdistancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.

Wulandari, M., & Djaja, S. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.