Menyiapkan Pendidik Pofesional dengan Program Smart Society 5.0 untuk Mewujudkan Generasi Indoensia Emas Tahun 2045

Bunga Maria Ratu Justice, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Indonesia Emas 2045 merupakan cita-cita tinggi bangsa Indonesia akan Indonesia yang maju, unggul, dan mampu bersaing serta cukup gagah dalam mengatasi permasalahan rumit bangsa pada tahun 2045. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut tentunya diperlukan tenaga ahli untuk mendidik para anak-anak bangsa. Smart society 5.0 merupakan program pendidik Indonesia untuk terciptanya pendidik profesional yang berkualitas untuk bangsa. Peranan pendidikan pada era society 5.0 tentunya tidak kalah penting, dalam era ini sistem pendidikan memiliki tantangan yang hebat yaitu lebih mengutamakan peningkatan kritis, inovatif, konstruktif, dan berfikir cerdas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode libary research yang merupakan penelitian dengan cara menganalisis sumber data. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder atau menggunakan orang kedua dalam pendataan yang diperoleh dari buku, artikel, serta jurnal nasional maupun internasional. Hasil penelitian ini adalah penjelasan tentang pentingnya program smart society 5.0 untuk peningkatan kualitas pendidik profesional sehingga dapat mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045.

 

Kata kunci— Indonesia Emas tahun 2044, pendidik profesional, smart society 5.0

 

 

Abstract— Indonesia Emas 2045 is the high ideals of the Indonesian people for an advanced, superior, and competitive Indonesia and quite brave in overcoming the nation's complex problems in 2045. To realize these ideals, of course, experts are needed to educate the nation's children. Smart society 5.0 is an Indonesian educator program to create quality professional educators for the nation. The role of education in the era of society 5.0 is certainly no less important, in this era the education system has great challenges, namely prioritizing critical, innovative, constructive, and intelligent thinking. In this research, the writer uses library research method which is research by analyzing data sources. While the data sources used are secondary data or use a second person in data collection obtained from books, articles, and national and international journals. The results of this study are an explanation of the importance of the smart society 5.0 program to improve the quality of professional educators so that they can realize the ideals of Indonesia Emas in 2045.

 

Keywords— Indonesia Emas on 2045, profesisonal educator, smart society 5.0


Keywords


Indonesia Emas tahun 2044, pendidik profesional, smart society 5.0

Full Text:

PDF

References


Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 85-90. Doi. http://dx.doi.org/10.17977/um019v2i22017p085.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Jakarta, Indonesia. Prenada Media.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468. Retrived from. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758

Dewi, R. K. (2021). Inovasi pembelajaran biokimia dalam menyongsong era super smart society 5.0. In Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 11), 33-41. Retrived from https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/279

Dongoran, F. R. (2014). Paradigma membangun generasi emas 2045 dalam prespektif filsafat pendidikan. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED, 11(1), 61-76. Retrived from. https://www.academia.edu/download/53982421/Generasi-Emas-2045.pdf

Dudung, A. (2018). Kompetensi professional guru. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 5(1), 9-19. Doi. https://doi.org10.21009/JKKP.051.02

Hamid, A. (2017). Guru professional. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285. Doi. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from .https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902

Irawan, S. B. (2017). Mewujudkan Indonesia emas tahun 2045 melalui pendidikan kecakapan abad-21. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from. https://www.academia.edu/download/59300057/pdf1._Kegiatan_Belajar_1_Artikel_tentang_Hakikat_Pendidikan_dan_Peserta_Didik_SD20190518-29533-1a0k2z3.pdf

Jailani, M. S. (2014). Guru professional dan tantangan dunia pendidikan. Journal Al-Ta’lim, 21(1), 1-9. Doi. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.66

Kartowarigan, B. (2011). Kinerja guru professional (guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 463-473. Doi. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208

Kurniawa, M. A., & Andiyan, A. (2021). Disrupsi teknologi pada konsep smart city : analisa smart society dengan konstruksi konsep society 5.0. Jurnal Arsitektur Archicentre, 4(2), 103-110. Doi. https://journal.inten.ac.id/index.php/archicentre/article/view/101.

Manullang, B. (2013). Grand desain pendidikan karakter generasi emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 1-14. Doi. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1283.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from. http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/search

Maulana, M. S., Sabaruddin, R., &Nurmalasari, N. (2020). Rancang bangun dashboard smart system manajemen rt/rw untuk mendukung society 5.0. Jurnal sistem dan teknologi, 8(4), 328-332. Doi. http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i4.42586

Musrafiyan, M. (2022). Potensi pembangunan kawasan ekonomi khusus (kek) halal barsela sebagai destinasi pariwisata prioritas di era society 5.0. In Proceedings Icis 202, 1(1), 488-501. Doi. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/view/12700

Maya, R. (2017). Esensi guru dalam visi-misi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 281-296. Doi. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.31

Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1), 1-10. Retrived from.https://scholar.archive.org/work/vfyn7kielzcjjcpwzlphrhc4/access/wayback/http://ejurnal.lp2m-iainambon.id:80/index.php/mediasi/article/download/261/221

Perkasa, M. (2020). Internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran sains berbasis model pembelajaran karakter esd untuk mempersiapkan generasi Indonesia emas 2045. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp 125-131). Doi. https://doi.org/10.31219/osf.io/6482j

Putri, R. J., Rahman, T., & Qonita, Q. (2021). Penerapan model pembelajaran multiple intelligences untuk menyiapkan siswa di era super smart society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 871-879.Doi. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.415

Pradipta, R. F., dkk. (2020). Pelatihan standar pengolahan sekolah luar biasa berbasis digital untuk mewujudkan smart school society 5.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 136-143. Doi. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.284

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia :Litbangdiklat Press.

Rahayu, H. (2021). Penerapan model pembelajaran blended learning pada pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan sikap nasionalisme peserta didik di era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(3), 1-7. Retrived from http://prosising.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/550

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia :UI Press.

Sabri, I. (2019). Peran pendidikan seni di era society 5.0 untuk revolusi industry 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pacasarjana, 2(1), 342-347. Retrived from. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/302/334

Suharsono, A., & Uluwiyah, A. (2020). Strategi smart test dalam pembelajaran latsar cpns di era society 5.0. Jurnal Kependudukan, Keluarga, dan Sumber Daya Manusia, 1(1), 1-9. Retrived from. https://eprints.latbang.djogja.web.id/120/

Sukawati, T. O. A. A. (2021). Peran desainer pembelajar menyongsong era society 5.0. In Seminar Nasional Desain, 1(1), 1-7. Retrived from. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/160

Sultoni, S., Gunawan, I., & Sari, D. N. (2018). Pengaruh etika profesional terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 279-283. Doi. http://dx.dpi.org/10.17977/um027v1i3208p279

Wena, I. M. (2020, July). Pembelajaran Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2020 (pp. 15-25). Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/892.

Widodo, G. S., & Rifiqoh, K. S. (2020). Pengembangan guru profesional menghadapi generasi alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13-22. Doi. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan karakter : membangun jatidiri bangsa menuju generasi emas tahun 2045 yang religious. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 90-103. Retrived from. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/download/640/600

Wurianto, A. B. (2019). Literasi bahasa dan sastra Indonesia menuju kewirausahaan profesi di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 (peluang dan tantangan). In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 10-17. Doi. https://doi.org/10.22219/.v3i1.2582

Yasa, A., dkk. (2021). Penguatan reformasi birokrasi menuju era society 5.0 di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 27-42. Doi. https://doi.org/10.35967/njip.v20i1.13

Yusuf, M. (2017). Pendidikan karakter menuju generasi emas 2024. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (pp. 9-16). Retrived from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/11140/7030


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.