Strategi Mengenalkan Karya Sastra Indonesia Kepada Generasi Milenial

Naily Asna Fadlila, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Karya sastra Indonesia adalah sebuah struktur yang memiliki unsur pembangun secara utuh dan saling berkaitan yang mengkaji tentang segala sesuatu yang dimiliki Indonesia. Konsep Strategi pengenalan sastra dapat diimplementasikan dalam perkembangan teknologi digital, khususnya dalam seluruh aplikasi media sosial. Secara umum, pengenalan sastra Indonesia masih banyak mengalami hambatan. Disini peneliti bertujuan membuat sebuah konsep strategi atau cara mengenalkan karya sastra Indonesia kepada generasi milenial dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) yaitu teknik mengumpulkan data yang bersumber dari buku-buku serta artikel yang ada di dalam jurnal. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya karya sastra Indonesia, strategi pengenalan, dan generasi milenial. Data tersebut diperoleh dari buku-buku yang diterbitkan di dalam dan luar negeri, dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional. Hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan tentang stretegi atau cara guna memperkenalkan sastra Indonesia kepada generasi milenial. Hal ini diharapkan dapat membantu proses pengenalan karya sastra Indonesia kepada generasi milenial.

Kata kunci—Karya Sastra Indonesia, Strategi Mengenalkan, Generasi Milenial

 

AbstractIndonesian literature is a structure that has a complete and interrelated building element that examines everything that Indonesia has. The concept of a literary introduction strategy can be implemented in the development of digital technology, especially in all social media applications. In general, the introduction of Indonesian literature still faces many obstacles. Here the researcher aims to create a strategic concept or how to introduce Indonesian literary works to the millennial generation by utilizing social media. The research used in this research is library research, which is a technique of collecting data from books and articles in journals. The data used is secondary data related to the topic of discussion, including Indonesian literature, introduction strategies, and the millennial generation. The data is obtained from books published at home and abroad, as well as articles from research that have been published in national and international journals. The results of the research conducted explain the strategies or ways to introduce Indonesian literature to the millennial generation. This is expected to help the process of introducing Indonesian literary works to the millennial generation.

KeywordsIndonesian Literature, Introducing Strategy, Millennial Generation


Keywords


Indonesian Literature, Introducing Strategy, Millennial Generation

Full Text:

PDF

References


Alfin, J. (2014). Apresiasi sastra Indonesia. Surabaya, Indonesia: CV. Cahaya Intan XII.

Gasong, D. (2018). Apresiasi sastra Indonesia. Yogyakarta, Indonesia: CV. Budi Utama.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. FENOMENA, 55-76. Doi https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1184.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249. Doi https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560.

Setiawan, A. dan Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada sd/mi. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. Doi http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767

Wuryani, W. (2017). Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia. Semantik, 2(2), 87-101. Doi https://doi.org/10.22460/semantik.v2i2.p87-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.