Pemanfaatan Learning Management System Google Classroom sebagai media pembelajaran di era pandemi

Elifia Elifia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Dampak pandemi telah mengubah tatanan kehidupan, khususnya di bidang pendidikan. Dimana proses pembelajaran yang semula dilaksanakan secara luring kini berubah menjadi daring. Pembelajaran daring merupakan kegiatan belajar secara online yang dilakukan di rumah. Pembelajaran daring pun membutuhkan sebuah media pendukung. LMS Google Classroom merupakan solusi yang tepat untuk dijadikan media penunjang proses pembelajaran daring, karena LMS Google Classroom dapat diakses kapan saja secara online. LMS Google Classroom juga memudahkan guru untuk membuat kelas virtual maupun mengunggah materi untuk dijadikan bahan ajar. Sedangkan bagi peserta didik LMS Google Classroom bisa digunakan untuk mengupload jawaban maupun tugas dari guru dengan cepat dan mudah. Selain itu, LMS Google Classroom juga bisa dijadikan alat berinteraksi antara guru dan peserta didik melalui fitur kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran daring dengan memanfaatkan media LMS Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan menggunakan penelitian berupa data sekunder yang sesuai topik pembahasan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui LMS Google Classroom dapat membantu memperlancar proses belajar di era pandemi. LMS Google Classroom sangat tepat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran daring di era pandemi.

Kata kunci— Learning Management System, Google Classroom, Media pembelajaran daring, Pandemi.

 

Abstract— The impact of the pandemic has changed the order of life, especially in the field of education. Where the learning process that was originally carried out offline has now turned into online. Online learning is an online learning activity that is done at home. Online learning also requires a supporting media. LMS Google Classroom is the right solution to be used as a media to support the online learning process, because LMS Google Classroom can be accessed anytime online. LMS Google Classroom also makes it easier for teachers to create virtual classes or upload materials to be used as teaching materials. Meanwhile, for LMS students, Google Classroom can be used to upload answers and assignments from the teacher quickly and easily. In addition, the Google Classroom LMS can also be used as a tool for interacting between teachers and students through class features. The purpose of this study was to find out online learning by utilizing the Google Classroom LMS media. This research is a library research by using research in the form of secondary data according to the topic of discussion. The results of the study show that online learning through the Google Classroom LMS can help facilitate the learning process in the pandemic era. The Google Classroom LMS is very appropriate to be used as an online learning medium in the pandemic era.

KeywordsLearning Management System, Google Classroom, Online learning media, pandemic.


Keywords


Learning Management System, Google Classroom, Media Pembelajaran Daring, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Abdulatif, S. (2021). Dampak pandemi terhadap eksistensi pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1567-1570. Retrieved from: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1140.

Adlini, M. N., dkk. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. Doi https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Arif, D. S. F., dkk. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada model problembased learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan google classroom. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 323-328). Retrieved from: https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:HQZHLpjpsVgJ:scholar.google.com/+jurnal+kekurangan+Google+Classroom&hl=id&as_sdt=0,5.

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. Retrieved from: http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2941

Asrin, F., dkk. (2020). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran interaktif di tengah dampak penyakit virus corona 19 bagi pengajar. Jurnal Borneo Akcaya, 6(1), 93-102. Doi https://doi.org/10.51266/borneoakcaya.v6i1.159.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476.

Dewi, S. P., Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2018). Evaluasi usability pada aspek satisfaction menggunakan teknik kuesioner pada sistem lms program keahlian ganda. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(1). Doi https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i1.13028.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal basicedu, 5(4), 1909-1917. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094.

Fadeli, M., & Sawitri, N. (2020). Pemasyarakatan kelor sebagai solusi di tengah pandemi di Desa Kwangsan Sedati Sidoarjo. Jurnal Abdi Bhayangkara, 2(02), 641-653. Retrieved from: http://ejournal.lppm.ubhara.id/index.php/jurnal_abdi/article/view/120.

Febriyani, N. R. (2021). Problematika pembelajaran sekolah dasar di masa pandemi. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 14-23. Doi https://doi.org/10.30736/ktb.v5i1.607.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233. Doi https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924.

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemic covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254-261. Doi https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447.

Hasanudin, C., dkk. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Doi https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1414.

Herliandry, L. D., dkk. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. Doi https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 121-125. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622.

Julianti, I. (2021). Analisis efektivitas pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar (penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). Retreived from: http://repository.unpas.ac.id/53710/.

Kurniawati, M., dkk. (2019). Penerapan blended learning menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom dalam pembelajaran matematika smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). Doi http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827.

Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh penggunaan learning management system (LMS) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa menggunakan metode delone and mclean. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(1), 13-20. Doi https://doi.org/10.17605/jti.v4i1.506.

Latifah, A., & Prastowo, A. (2020). Analisis pembelajaran daring model website dan m-learning melalui youtube pada mata pelajaran pai kelas 2 Sd/Mi. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 69-78. Retrieved from: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi/article/view/7304.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi google classroom, google form, dan quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26. Retrieved from: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+karya+ilmiah+tentang+pandemi.+&btnG=&oq=#d=gs_qabs&t=1652514730855&u=%23p%3DA2mUVuvjJcYJ.

Nina, N., dkk. (2022). Penerapan learning management system belajar bareng. id di SMK negeri 1 Leuwiliang pada masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 116-126. Doi https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1686.

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa smk dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82-88. Retrieved from: https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/522.

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan media pembelajaran powerpoint melalui google classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12. Doi https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459.

Prawiradilaga, D. S. (2009). Kajian learning content management systems (Lcms) dalam kerangka desain pembelajaran. Jurnal Teknodik, 035-051. Retrieved from: http://118.98.227.127/index.php/jurnalteknodik/article/view/438.

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika pembelajaran daring dalam penerapan kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912-3919. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442.

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis pembelajaran daring saat pandemi di madrasah ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139-148. Doi https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487.

Rakhmawati, N. I. S., dkk. (2022). Pengembangan learning management system (lms) di era pandemi covid-19 pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 107-118. Doi https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.991.

Ramadhan, D. P., Susilaningsih, S., & Husna, A. (2021). Hubungan antara penggunaan google classroom dengan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas XI. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 178-187. Doi http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p178.

Ratnawati, F. A. (2020). Strategi meningkatkan hasil belajar selama pandemi dengan aplikasi google classroom pada materi usaha dan energi. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 49-55. Retrieved from: https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:Iwmnj4tAW3QJ:scholar.google.com/+jurnal+kelebihan+Google+Classroom&hl=id&as_sdt=0,5.

Rusmiyati, S. (2020). Manajemen pendidikan karakter pada masa pandemi covid–19 di Sd islam al furqon Rembang (Doctoral dissertation, Iain Kudus). Doi http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3403

Sandre, H. I., dkk. (2021). Analisis pembelajaran daring pada smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96. Doi https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1540.

Siahaan, A. A., dkk. (2022). Google classroom sebagai media pembelajaran mutakhir pada era digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 194-203. Doi https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.189.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2). Doi http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI.

Suaidah, I., dkk. (2021). Analisis komparatif kegiatan mengajar dosen akuntansi melalui learning management system dan zoom meeting di masa pandemi covid-19. YUME: Journal of Management, 4(3). Doi https://doi.org/10.2568/yum.v4i3.1009.

Sukmawati, S. (2020). Implementasi pemanfaatan google classroom dalam proses pembelajaran online di era industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, 8(1). Retrieved from: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jkto/article/view/15680.

Sutrisnawati, N. K., dkk. (2020). Upaya pemulihan sektor pariwisata di tengah pandemi covid 19. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(1), 39-57. Doi https://doi.org/10.53356/diparojs.v1i1.21.

Wibowo, A. T., dkk. (2014). Pengembangan lms (learning management system) berbasis web untuk mengukur pemahaman konsep dan karakter siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127-137. Doi https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019.

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan google classroom dalam strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran ips kelas viii. INSPIRASI: JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL, 17(1). Doi https://doi.org/10.29100/insp.v17i1.1568.

Widiyono, A. (2021). Pengaruh penggunaan lms dan aplikasi telegram terhadap aktivitas belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 91-101. Doi https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37857.

Widyawati, W. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Yaa Bunayya, 2(1), 25-36. Retrieved from: https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/yaabunayya/article/view/1309.

Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran daring pada satuan pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82-89. Doi https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42. Doi https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5.

Zagoto, M. M., dkk. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265. Doi https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.