Pemanfaatan Aplikasi Cakap Untuk Meningkatkan Public Speaking Siswa SMA

Dhila Kusuma Wardani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi cakap untuk meningkatkan public speaking siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau literature research. Sumber data dari buku, serta artikel ilmiah, penelitian ini menyimpulkan bahwa Aplikasi cakap adalah aplikasi yang terbuat dari sebuah perusahaan stratup pengembangan aplikasi ini secara online atau offline pertama kali di Indonesia. Aplikasi cakap ini sangat canggih karena memiliki solusi terbaik untuk bahasa asing seperti: Inggris, Mandarin, Jepang, Indonesia, Korea. Aplikasi cakap ini juga bisa digunakan kursus dewasa maupun kursus anak-anak tapi untuk anak-anak bahasanya terbatas hanya bahasa Inggris anak, bahasa Mandarin anak. Sehingga penelitian-penelitian yang digunakan dapat menemukan solusi bahwa aplikasi cakap ini mampu meningkatkan public speaking siswa SMA dalam belajar public speaking. Karena di era sekarang ini membutuhkan public speaking yang lancar dan cara menggucapkan kata-kata yang indah untuk didengar oleh rata-rata orang. Kemampuan berbicara juga harus berstruktur dan mudah dipahami.

Kata kunci— Aplikasi cakap, public speaking, siswa SMA

                                                 

 

Abstract— This study aims to determine the use of proficient applications to improve public speaking for high school students. This study uses a literature study method or literature research. Sources of data from books, as well as scientific articles, this study concludes that the Capable application is an application made by a startup company developing this application online or offline for the first time in Indonesia. This conversation application is very sophisticated because it has the best solutions for foreign languages such as: English, Mandarin, Japanese, Indonesian, Korean. This conversational application can also be used for adult courses and children's courses, but for children the language is limited to only children's English, children's Mandarin. So that the research used can find a solution that this proficient application is able to improve the public speaking of high school students in learning public speaking. Because today's era requires fluent public speaking and a way to pronounce beautiful words for the average person to hear. The ability to speak must also be structured and easy to understand.

Keywords— Proficiency application, public speaking, high school students


Keywords


Proficiency application, public speaking, high school students

Full Text:

PDF

References


Adia, V. R. (2021). Menjadi public speaker andal. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi utama.

Andriani, F., & Srisadono, W. (2017). Hambatan siswa SMA di Boyolali dalam Pelatihan Public Speaking. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 193-202. Retrieved from https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/22.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi kepustakaan penerapan konseling naratif dalam lingkup pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226.

Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar fisika dan karakter siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2). Doi https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i2.2153.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf.

Girsang, L. R. M. (2018). Public speaking sebagai bagian dari komunikasi efektif (kegiatan PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2). Doi http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun kepercayaan diri remaja melalui pelatihan public speaking guna menghadapi era industri 4.0. Abdi Psikonomi, 79-78. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/ index.php/abdipsikonomi/article/view/214/89.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. Retrieved from https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/102.

Nugrahani, D., Kustantinah, I., & Larasati, I. K. I. P. (2012). Peningkatan kemampuan public speaking melalui metode pelatihan anggota forum komunikasi remaja Islam. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1-6. Doi https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i1.246.

Rahman, T. (2019). Pelaksanaan program pendidikan karakter religius siswa di SMA NEGERI 4 Pamekasan. Retrieved from http://opacperpus.iainmadura.ac.id/index.php?p=show_detail&id=18285&keywords=.

Sari, N. P.,dkk. (2019). Layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan public speaking bagi konseli / siswa SMK. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi utama.

Setiawan, A. dan Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada sd/mi. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. Doi http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49. Doi http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.141.

Usman, U., & Hajrah, H. (2019). Pelatihan public speaking bagi siswa SMA Negeri 5 Barru. DEDIKASI, 21(2). Doi https://doi.org/10.26858/dedikasi.v21i2.11472.

Wati, S. N. Q., & Utami, R. D. (2022). Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching. Jurnal Basicedu, 6(3), 4539-4548. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2871.a


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.