Pemanfaatan Fitur Reels Instragram pada Pembelajaran Membaca Puisi guna Mendukung Gerakan Merdeka Belajar di Sekolah Menengah

Nor Vitasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Fitur reels Instagram adalah fitur terbaru dan populer yang memiliki fungsi kerja mirip dengan Tik Tok. Purpose (tujuan) research  ini yaitu ingin mengetahui bagaimanakah role (peran) dan implentasi fitur reels Instagram dalam pembelajaran puisi di tingkat sekolah menengah. This research is library research atau yang biasa disebut dengan studi pustaka. Dalam research ini peneliti menggunakan data sekunder yang masih terkait dengan topik pembahasan. Sumber data didapatkan dari buku-buku, dan juga artikel yang telah dipublikasikan atau diterbitkan dalam jurnal. Procedure atau teknik (technique) pengumpulan data dalam research ini memakai teori Mary W. George. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) peran fitur reels Instragram yaitu: a) pengguna dapat berkreasi membuat video, b) dapat menambahkan music kekinian serta berbagi effect dan filter, c) sebagai sarana media mengembangakan diri, 2) implementasi fitur reels Instagram yaitu: a) download aplikasi Instagram, b) registrasi akun di aplikasi Instagram, c) mengisi konten pada fitur reels Instagram. Simpulan penelitian ini adalah bahwa peran dan implementasi fitur reels Instagram dapat mendukung pembelajaran membaca puisi di sekolah menengah.

Abstract—Instagram reels is the latest and popular feature that has a similar working function as a Tik Tok. The purpose of this research is to find out how the role and implementation of the Instagram reels feature is in learning to read poetry at the secondary school. This researh is  library research or commonly know as a literature study. In this study, a researcher used secondary data that is still related to the topic of discussion. Data sources are obtained frombooks, as well as articles that have been publised in journals. The procedure or data collection technique in this study used the theory of Mary W. George. The results of the study show that 1) the role of the Instagram reels feature is: a) users can be creative in making videos, b) can add contemporary music and share effects and filters, c) as a medium for self-development, 2) implementation of the Instagram reels feature is: a) download the Instagram application, b) account registration on the Instagram appliction, c) file in the content on the Instagram reels feature. The conclusion of this study is that the role and implementation of the Instagram reels feature can support learning to read poetry insecondary school.


Keywords


Reels Instagram, puisi, merdeka belajar, sekolah menengah

Full Text:

PDF

References


Amalia, A., & Anggraeni, N. S. (2022). Pencegahan depresi di kalangan dewasa muda akibat pandemi covid-19 melalui kampanye sosial pada Instagram. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(2), 75-83. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1502/1229.

Amin, K., & Muliadi, M. (2016). Asonansi dalam puisi’Membaca untuk Mengetahui’karya Udin Palisuri. Tamaddun, 15(1), 1-4. Doi https://doi.org/10.33096/tamaddun.v15i1.31.

Amin, K., & Usman, R. (2018). Anafora dalam puisi “Jendela Dunia “antologi puisi syair Burung Beo. Tamaddun, 17(1), 1-3. Doi https://doi.org/10.33096/tamaddun.v17i1.56.

Armayani, R. R., dkk. (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400.

Arofah, F., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan keterampilan membaca puisi dengan teknik permodelan PAR (Participatory Action Research) pada siswa. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 36-44. Doi https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.2991.

Dewi, N. W. J. F., & Antika, N. K. M. D. (2021). Analisis kesalahan bahasa pada puisi bali anyar yang berjudul Bali karya Yuda Panik sebagai kemampuan literasi. Prosiding Pedalitra, 1(1), 79-84. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/download/1508/1148.

Fahmi, M. (2018). Endorse dan paid promote Instagram dalam perspektif hukum. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 1(1), 1-27. Doi https://doi.org/10.37758/annawa.v1i1.109.

Gautama, E., & Pribadi, M. A. (2022). Peran interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi pemasaran digital (studi kasus pada Instagram@ digitalsuplaiindonesia). Kiwari, 1(1), 228-234. Doi http://dx.doi.org/10.24912/ki.v1i1.15899.

Girsang, D., & Sipayung, N. (2021). Peran Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata bukit indah simarjarunjung Kabupaten Simalungun (pasca pandemi covid-19). Jurnal Darma Agung, 29(3), 416–428. Retrieved from http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1226.

Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2020). Verbal linguistic intelligence of the first-year students of Indonesian education program: a case in reading subject. European Journal of Educational Research, 9(1), 117-128. Doi https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.117.

Ismail, N., Abidin, Z., & Fatoni, U. (2017). Pesan dakwah tentang nikah di media sosial Instagram. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(1), 22-45. Retrieved from http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/tabligh/article/view/30.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-15. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/452.

Lukiani, E. R. M. L., dkk. (2021). Peran Instagram dalam membentuk perilaku konsumsi remaja. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 97-104. Doi https://doi.org/10.29407/ja.v5i1.15969.

Muamar, J., & ImtinanG. H. (2022). Instagram as a Medium of Communication Risks Parents to Children During Covid-19 Pandemic: Virtual Parenting Community Netnography Study. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 27-46. Doi https://doi.org/10.46937/20202238987.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147. Doi https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248.

Ningrat, A. A. A. R., Artawan, G., & Indriani, M. S. (2016). Pembelajaran mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk puisi bermuatan pendidikan karakter di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 4(2), 1-13. Doi http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v4i2.8139.

Nugroho, M. W. (2022). Perspektif mahasiswa terhadap literasi digital di aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 26-35. Doi http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i.6775.

Rahimah, A. (2017). Citraan dalam puisi “Surat Cinta” karya WS. Rendra. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 4(3), 93-93. Doi https://doi.org/10.37081/ed.v4i3.659.

Rahmad, C., & Puspitasari, D. (2015). Web pembuat puisi otomatis menggunakan metode monte carlo. Jurnal Informatika Polinema, 1(2), 19-19. Doi https://doi.org/10.33795/jip.v1i2.97.

Ridiawati, R., Munaris, M., & Samhati, S. (2015). Pembelajaran menulis puisi lama dan puisi baru di kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(2), 1-9. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/8557.

Rohmah, M., Wulandari, A., & Hapsari, T. P. R. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis weebly pada materi puisi untuk siswa kelas X SMA/MA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 43-56. Retrieved from http://jom.untidar.ac.id/index.php/repetisi/article/view/1924.

Rohmah, R. A. (2020). Puisi Baru. Riau: Karoteh Utama.

Rumesa, R. A. (2021). Metode CTL (Contextual Teaching Learning) untuk menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran membaca puisi. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 669-674. Retrieved from https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/794.

Salsabila, A. L., & Rizqi, M. (2022). Strategi promosi dalam meningkatkan brand awareness produk bibir wardah cosmetics melalui konten Instagram reels campus ambassador di kalangan mahasiswa. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(11), 970-982. Doi https://doi.org/10.36418/comserva.v1i11.145.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30-38. Doi https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230.

Sucipto, K. R. R., & Yahya, A. F. (2022). Strategi komunikasi pemasaran digital subway Indonesia melalui reels Instagram @subway.indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(1), 068-078. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4470.

Sukaharsilawati, M. A. (2018). Penggunaan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 19(1), 142-164. Doi https://doi.org/10.5281/zenodo.1241536.

Uswatiyah, W., dkk. (2021). Implikasi kebijakan kampus merdeka belajar terhadap manajemen surikulum dan sistem penilaian pendidikan menengah serta pendidikan tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28-40. Doi https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.299.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar di era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9. Doi https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63.

Wulandari, D., Arcana, I. N., & Kuncoro, K. S. (2022). Pengembangan Instagram reels pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus untuk SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. Doi https://doi.org/10.30738/union.v10i1.12138.

Yono, R. R. (2020). Pelatihan membaca puisi bagi siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103-109. Doi https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.858.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.