Pemanfaatan Aplikasi Lancar Belajar Membaca dan Suara Bersama Marbel sebagai Media Belajar Membaca Cepat untuk Anak TK

Ani Istiqomah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Taman kanak adalah tahap formal pendidikan anak usia dini. Salah satu desain teknis pedagogis yang membutuhkan metodologi yang tepat sebagai sarana untuk tujuan penelitian secara keseluruhan yang melibatkan serangkaian proses. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan membaca pada anak usia dini sehingga selalu berlatih dengan tampilan yang tidak menjenuhkan dengan menggunakan aplikasi lancar belajar membaca dan suara bersama marbel, penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka, peneliti perlu meneliti dan menggunakan penelitian terdahulu seperi artikel ilmiah, jurnal dan buku yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Peneliti menggunakan teori Marry W. George, Pada data validasi peneliti mengunakan teknik triangulasi data. Aplikasi lancar belajar membaca dan suara bersama marbel adalah aplikasi pembelajaran membaca anak TK atau anak usia dini. Aplikasi lancar belajar membaca dan suara bersama marbel sangat mudah diaplikaskan diantaranya download diaplikasi play store dan ketik aplikasi lancar belajar membaca dan suara bersama marbel download, dan buka, aplikasi siap digunakan.

Kata kunci—Anak TK, Media Belajar, Membaca, Aplikasi Lancar Belajar

 

Abstract—Kindergarten is the formal stage of early childhood education. One of the technical pedagogical designs that requires the right methodology as a means for the overall research objectives which involves a series of processes. This study aims to improve reading in early childhood so that they always practice with a display that is not boring by using the fluent application of learning to read and sound with marble. This research is a literature study, researchers need to research and use previous research such as scientific articles, journals and books related to the topic under study. The researcher uses the theory of Marry W. George, in data validation the researcher uses data triangulation techniques. The application of fluently learning to read and sound with Marbel is an application for learning to read for kindergarten or early childhood children. Applications that are fluent in learning to read and sound with Marbel are very easy to apply, including downloading the Play Store application and typing the application smoothly, learning to read and sound with Marbel, download, and open, the application is ready to use.

Keywords— Kindergarten Children, Learning Media, Reading, Fluent Learning Applications


Keywords


Kindergarten Children, Learning Media, Reading, Fluent Learning Applications

Full Text:

PDF

References


Adam, S, & Muhammad, T, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas x sma ananda batam. Jurnal Computer Based Information System Journal, 3(2), 78-90. Retraived from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400.

Aldini, M. dkk. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. Doi https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Benu, Y, A., & Agnes. (2022). Kosakata sebagai metode cepat dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 42-45. Refreived from https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/donwload/394/153.

Hasanudin, C., dkk. (2021). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 343-347. Retraived from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hutasoit, F., & Eliza, L. (2022). Peningkatan keterampilan membaca cepat pada peserta didik kelas x sma. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 268-273. Retraived from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/1157/720.

Kamalasari, V. (2012). Latihan membaca cepat sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca cepat dan pemahaman bacaan. Jurnal Basastra, 1(1), Doi https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.189.

Magdalena, I., & Alif, F, S. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325. Doi https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Maghfiroh, S., & Dadan, S. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tembusai, 5(1), 1560-1566. Doi https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105. Doi https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105.

Mujahidin, A, A. (2020). Meningkatkan keterampilan membaca cepat dengan pembelajaran latihan berjenjang dan authentic assessment pada siswa kelas vii a smp negeri 3 grabag kabupaten magelang. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Ilmu Teknik, 6(1), 1-56. Refreived from https://123dok.com/dokument/yr0ow3py-engineering-susunan-redaksi-pengaantar-redaksi-pendidikan-penanggung-kasnadi.htmLl.

Purwaningsih, S. (2020). Penggunaan sq3r dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat. Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 3(2), 1-8. Doi https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1002.

Sari, D. M., dkk. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(1), 5-8. Doi https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/5543.

Sari, K, R., dkk. (2017). Keterampilan membaca cepat melalui metode resitasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 79-88. Doi https://doi.org/10.21009/JPD.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 1-5. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Sidik, F. (2015). Menggali potensi lokal mewujudkan kemandirian desa. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik, 19(2), 115-131. Doi https://doi.org/10.22146/jkap.7962.

Slamet, M. (2018). Meningkatkan kemampuan membaca cepat melalui latihan di kelas vii a smp negeri 2 darma. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 119-135. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i21547.

Tantri, A, A, S. (2015). Cara memaksimalkan kemampuan membaca cepat. Jurnal Ilmiah Perpustakaan, 1(2), 1-22. Doi https://doi.org/10.23887/ap.v1i2.10051.

Tatminingsih, Sri. dst. (2019). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten, Indonesia: Universitas Terbuka.

Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-41. Retreived from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/9304.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 106-113. Doi https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2663.

Yusuf, M. dkk. (2021). Transformasi lembaga koperasi di era industri 4.0. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(4), 1631-1636. Doi http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2584.

Zaki, A, & Diyan, Y. (2020). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran pkn di sma swasta darussa’adah kec. Pangkalan susu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820. Doi https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.6198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.