Pemanfaatan Aplikasi Instagram sebagai Sarana Literasi Humanis

Evi Nabila Romadhon, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak Globalisasi saat ini berkembang sangat cepat karena adanya media social. Banyak kalangan generasi muda yang memanfaatkan media social untuk berbagai kebutuhan. Generasi muda saat ini memiliki tanggung jawab dalam meneruskan cita-cita bangsa oleh hal itu kita sebagai generasi muda harus memiliki bekal untuk masa depan kita nanti. Dalam menyiapkan bekal untuk masa depan, kita dapat memulai dengan menulis dan membaca. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui minat membaca siswa dengan menggunakan aplikasi Instagram dengan memanfaatkan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi Pustaka dimana peneliti menggambil sumber dari jurnal, artikel, dan buku yang berkaitan dengan topik. Peneliti menggunakan teori Marry W. George. Dalam validasi data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Instagram adalah media social yang digunakan untuk membaca dan menulis, dengan pemakaikannya yang sangat mudah kita dapat menggunakan setiap saat. Sebelum digunakan kita perlu membuat akun terlebih dahulu. Membuat akun dapat menggunakan alamat e-mail atau akun Facebook. Setelah membuat akun kita bisa menggunakan Instagram dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia dan melakukan literasi.

 

Kata kunci: literasi humanis, aplikasi Instagram

 

Abstract Globalization is currently growing very fast because of social media.  Many young people use social media for various needs. The young generation today has a responsibility to carry on the nation's ideals, so we as young people must have provisions for our future.  In preparing provisions for the futur , we can start by writing and reading .  This study aims to determine students' reading interest by using the Instagram application by utilizing the media.  This research is a library research study where the researcher draws sources from journals, articles, and books related to the topic.  Researchers used the theory of Mary W. George.  In data validation, the researcher used data triangulation technique.  Instagram is a social media that is used for reading and writing, with its very easy use we can use it at any time.  Before use we need to create an account first.  Creating an account can use an e-mail address or a Facebook account.  After creating an account, we can use Instagram by taking advantage of the various available features and doing literacy.

 

Keywords: humanist literacy, Instagram application


Keywords


Humanist literacy, Instagram application

Full Text:

PDF

References


Ananda, R.P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis kesalahan siswa kelas Vii Smpn 7 Mataram dalam menyelesaikan soal garis dan sudut tahun pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79-87. Doi https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838.

Fitrianingsih, A., dkk. (2020). Mengelola kelas online dengan aplikasi schoology. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1),1-11. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/5212.

Handika, M.R., & Darma, G.S. (2018). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer melalui media sosial instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2). 192-203. Retrieved from http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/601.

Hasanudin, C., dkk. (2021). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 2. Proseding Seminar Nasional Pancasarjana, 4(1), 343-347. Retrieved from http: //proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru Madrasah Ibtidayah dalam menjawab tantangan era revolusi industry 4.0. Jurnal of Research and Thought of Islamic Tducation, 1(1), 1-21. Retrieved from https //www.academia.edu/download/58526760/1._JRTIE_H_Ibda.pdf.

Indika, D.R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32. Doi https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296.

Khazanah, V.A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang di SDN Bakung Temanggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 82-91. Retrieved from https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1590/1149.

Kusuma, D.F., & Sugandi, M.S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33. Doi https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963.

Mahendra, B. (2017). Eksistensi remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160. Retrieved from https: //publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1649/submission/original/1649-3678-1-SM.pdf.

Mardiana, D., dkk. (2021). Pelatihan implementasi Pendidikan literasi humanis dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 15-28). Retrieved from https//ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS/article/view/2147.

Muslimin, K., & Yusuf, M.D. (2020). Pengaruh penggunaan Instagram terhadap perilaku narsisme di kalangan mahasiswa. Jurnal Komunikasi Islam, 12(2), 139-146. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+aplikasi+instagram+mahasiswa&oq=pengaruh+aplikasi+instagram#d=gs_qabs&t=1655199516627&u=%23p%3DzumpmIRRBeYJ

Putri, A.E. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling: sebuah studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2). 39-42. Retrieved from http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1838.

Rahman, L.A., & Panuju, R. (2017). Strategi komunikasi pemasaran produk fair N pink melalui media social instagram. Jurnal Imiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 214-224. Doi https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.26.

Sanjayanti, N.P.A.H., dkk. (2018). Diagnosa literasi humanistik dalam model pembelajaran konstruktivis pada mahasiswa politeknik Ganesha Guru. In Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif 2018. 92-96. Retrieved from https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/1548/984.

Suradipa, I.M.A., Putrayasa, I.B., & Gunamatha.I.M. (2022). Pengembangan instrumen literacy humanistic dan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 105-117. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/566.

Veygit, A., Aziz, S.M., & R, S.W.S. (2020). Analis fitur dalam aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran online mata pelajaran biologi untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 39-48. Doi https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.