Pemanfaatan Aplikasi Zenius Sebagai Sarana Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Yunita Firdiyanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Era globalisasi ini generasi muda memiliki tanggung jawab dalam mewujudkan cita-cita bangsa, dan dalam rangka menyiapkan masa depan dengan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran aplikasi Zenius dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka, peneliti perlu meneliti dan menggunakan penelitian terdahulu seperi artikel ilmiah, jurnal dan buku yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Peneliti menggunakan teori Marry W. George. Pada data Validasi peneliti mengunakan teknik triangulasi data. Zenius merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai media pembelajaran salah satunya bahasa Indonesia. Sebelum mengakses aplikasi Zenius kita perlu membuat akun dengan alamat email, Facebook maupun nomor ponsel. Setelah membuat akun, kita dapat mencoba berbagai fitur dalam aplikasi Zenius dan dapat mengerjakan soal yang telah tersedia di aplikasi tersebut.

Kata kunci— aplikasi zenius, hasil belajar,mata pelajaran bahasa indonesia

 

 

Abstract— In this era of globalization, the younger generation has a responsibility in realizing the ideals of the nation, and in preparing for the future by improving learning outcomes. This study aims to determine the role of the Zenius application in improving student learning outcomes in Indonesian lessons. This research is a literature study, researchers need to research and use previous research such as scientific articles, journals and books related to the topic under study. Researchers used the theory of Mary W. George. In data validation, researchers used data triangulation techniques. Zenius is an application that provides various learning media, one of which is Indonesian. Before accessing the Zenius app, we need to create an account with an email address, Facebook or mobile number. After creating an account, we can try various features in the Zenius application and can work on questions that are already available in the application.

Keywords— zenius application, Learning outcomes, Indonesian language subjects


Keywords


zenius application, Learning outcomes, Indonesian language subjects

Full Text:

PDF

References


Angreani, N., dkk. (2021). Zenius stimulation during a pandemic: framing of republika.co. and liputan6.com on distance learning issues in the pandemic era. Jurnal dakwah dan komunikasi, 15(1), 83-96. Doi https://doi.org/10.24090/komunika.v15i1.4474.

Anwar, F., dkk. (2021). Instasi implementasi zenius sebagai aplikasi pembelajaran online di SD Muhammadiyah Wonorejo. Jurnal SEMAR, 10(2), 162-167. Doi https://doi.org/10.20961/semar.v10i2.52163.

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Meulaboh Kabupaten Barat Tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 53-64. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/25/24.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81-97. Retrieved from https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160/4838.

Ariati, N., Andriani, Y. (2020). Pengenalan aplikasi belajar online di tengah masa pandemi pada kelompok belajar ikhtiari Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(2), 110-116. Doi http://dx.doi.org/10.36982/jam.v4i2.1271.

Ariati, N., Andriani, Y. (2020). Pengenalan aplikasi belajar online di tengah masa pandemi pada kelompok belajar ikhtiari Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(2), 110-116. Doi http://dx.doi.org/10.36982/jam.v4i2.1271.

Bachri, B. S. (2010) meyakinkan validasi data melalui triangulasi pada penelitian kualintatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf.

Basuki, B., Suryani, Y. E., & Setiadi, D. B. P. (2017). Kesulitan belajara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal LITERA, 16(1), 12-20. Doi https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14247.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. Doi https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Fahurohman, O. (2017). Implementasi pembelajaran bahasa indonesia di sd/mi. Primary. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-24. Retrieved from http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. Doi https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Firdaus, M., dkk. (2020). Analisis sentimen dan topic modelling dalam aplikasi ruangguru. Jurnal Sains Komputer Dan Informatika, 4(1), 66-76. Doi http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v4i1.188.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemic covid-19. Journal Of Childhood Education, 4(2), 71-81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 48-52. Retrieved from http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54.

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemic covid 19. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), 38-49. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/rita-komalasari-2/publication/345293819_manfaat_teknologi_informasi_dan_komunikasi_di_masa_pandemi_covid_19/links/5fb1fe5a299bf10c3683293c/manfaat-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-masa-pandemi-covid-19.pdf.

Mulyani, F. & Haliza N. (2021). Analisi perkembangan ilmu teknologi (Iptek) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 101-109. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.

Nurhsliza, U. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok suatu paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN PondokJagung 01 Serpong Utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1-10. Retrieved from http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai/article/view/2493.

Pardede O. B., & Astri, N. D. (2022). Penerapan pembelajaran literasi di smp negeri 2 Sitioto dengan memanfaatkan teknologi informasi. Jurnal Mitra Prima, 3(2), 1-8. Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/2531/1615.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar sisa sekolah dasar di Kecamatan Kota Tmbolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/71489-ID-faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-s.pdf.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206-216. Doi http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027.

Simbolon, N. (2013). Faktor yang mempengaruhi minat peserta didik. Jurnal Kajian dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14-19. Doi https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1323.

Sintawana N., Lazirkha D. P., & Sari S. N. (2020). Pengaruh media pembelajaran online berbasis e-learning pada aplikasi zenius terhadap hasil belajar siswa. Journal Article, 1-5. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/325323/pengaruh-media-pembelajaran-online-berbasis-e-learning-pada-aplikasi-zenius-terh.

Sobari, R. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VII MTS Negeri 1 Pangandaran. DIKSATRASIA, 1(2), 306-310. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/634/529.

Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Jurnal Al- Ta Lim, 19(3), 209-215. Doi https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55.

Umar, M. (2015). Peran orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling), 1(1), 20-28. Doi http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i1.315.

Wilson, A. (2020). Penerapan metode pembelajaran daring (online) melalui aplikasi berbasis android saat pandemi global. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 66-72. Doi http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386.

Yusrizal, Y., fatmawati, F. (2021). Pelatihan penggunaan media daring sebagai alternatif pembelajaran era pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 297-301. Doi https://doi.org/10.52436/1.jpmi.65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.