Pemanfaatan Aplikasi Zoom Untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Farid Maulana, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pandemi ialah wabah penyakit yang menyebar dari wilayah negara ke negara maupun benua dan menyerang semua orang, pandemi ini memiliki dampak yang menggangu sektor-sektor yang ada seperti sektor pendidikan yang mengganggu pembelajaran di suatu negara yang menyebabkan hambatan dari peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran, pembelajaran daring adalah solusi saat pandemi mewabah dengan pembelajaran daring peserta didik dapat mengakses pembelajaran dengan mudah lewat aplikasi zoom yang memiliki efektivitas yang mudah diakses dan tidak memerlukan biaya yang mahal serta memiliki banyak keunggulan didalamnya, teknik dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research) yang artinya teknik pengumpulan data yang bersumber dari artikel jurnal serta buku-buku. Data yang digunakan ialah data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan antara lain: pemanfaatan aplikasi zoom, dan pembelajaran daring, data ini diambil dari artikel-artikel yang diterbitkan oleh jurnal nasional maupun internasional, hasil ini menjelaskan tentang manfaat aplikasi zoom untuk pembelajaran dimasa pandemi.

Kata kunci—Pandemi, Pembelajaran Daring, Aplikasi Zoom

Abstract—pandemic is a disease outbreak that spreads from country to country and attacks everyone, this pandemic has an impact that disrupts existing sectors such as the education sector which interferes with learning in a country which causes obstacles for students to get learning, online learning is a solution during an epidemic pandemic with online learning students can access learning easily through the zoom application which has an effectiveness that is easily accessible and does not require expensive costs and has many advantages in it, the technique in this research uses library research, which means the technique collecting data sourced from journal articles and books. The data used is secondary data related to discussion topics, including: the use of the zoom application, and online learning, this data is taken from articles published by national and international journals, these results explain the benefits of the zoom application for learning during the pandemic.

Keywords— Pandemic, Online Learning, Zoom App.

 

 

 

 


Keywords


Pandemic, Online Learning, Zoom App.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146. DOI. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632-1638. DOI. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Aldianto, L., Mirzanti, I. R., Sushandoyo, D., & Dewi, E. F. (2018). Pengembangan Science Dan Technopark Dalam Menghadapi Era Industri 4.0-Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1)DOI. https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asfar, A. T., & Asfar, A. (2020). Zoom aman bagi pengguna? Review kelemahan dan panduan praktis preventif. https://www.researchgate.net/profile/Amirfan-Asfar/publication/341070422_Zoom_aman_bagi_pengguna_Review_kelemahan_dan_panduan_praktis_preventif/links/5eabba7ca6fdcc70509df9dc/Zoom-aman-bagi-pengguna-Review-kelemahan-dan-panduan-praktis-preventif.pdf

Astuti, A. D., & Prestiadi, D. (2020, June). Efektivitas penggunaan media belajar dengan sistem daring ditengah pandemi Covid-19. In Prosiding Web-Seminar Nasional, (20). 129-135. https://www.researchgate.net/profile/Dedi-Prestiadi/publication/343628130_Efektivitas_Penggunaan_Media_Belajar_Dengan_Sistem_Daring_Ditengah_Pandemi_Covid-19/links/5f34f3f5458515b7291bf59c/Efektivitas-Penggunaan-Media-Belajar-Dengan-Sistem-Daring-Ditengah-Pandemi-Covid-19.pdf

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125.DOI. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107-126.DOI. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.07

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 STIT Al-Ibrohimy Bangkalan. Al-Ibrah, 5(2), 120-145. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah

Hafizd, J. Z. (2020). Peran Bank Syariah Mandiri (BSM) Bagi Perekonomian Indonesia Di Masa Pandemi COVID-19. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 138-148. DOI. https://doi.org//10.24235/jm.v5i2.7402

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2020).the use of vondershare filmora version 7.8.9. media apps in flipped classroom teaching, Review of computer Engineering studies, 6(3), 51-55 DOI: https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27-38. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=https%3A%2F%2Fwww.academia.edu%2Fdownload%2F77219055%2Fpdf.pdf&btnG=#d=gs_qabs&t=1655543478580&u=%23p%3DUb_lFCYEZd4J

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56. DOI: https://doi.org/10.33319/sos.v21i2.61

Hikmat, H., Dkk. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30625.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=efektivitas+aplikasi+zoom&oq=aplikasi+zoom#d=gs_qabs&t=1655538811877&u=%23p%3Dp3iVoLr9Su8J

Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). Penggunaan aplikasi zoom meeting di masa pandemi covid-19 pada pembelajaran sains. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 18-22. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/3520

Kuswandi, W. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Ikip Siliwangi Angkatan 2018. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(2), 76-81. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v4i2.7201

Mahayoni, N. M. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Pada Pembelajaran Agama Hindu Di Masa Pandemi. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 3(1), 47-53. DOI: https://doi.org/10.36663/wspah.v3i1.67

Manu Putra, F. E. Penerapan aplikasi zoom metting sebagai sarana pembelajaran daring ditengah pandemi covid 19. Penerapan aplikasi zoom meeting sebagai sarana pembelajaran meeting sebagai sarana pembelajaran ditengah pandemi covid 19. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/12342

Marsiding, Z. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33-39. DOI: https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640. DOI: https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640. DOI: https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33. DOI https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224. http://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313.

Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139-148. http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/download/140/85

Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. edukatif: Jurnal ilmu pendidikan, 3(5), 2961-2969. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1070

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112-120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.327

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal bimbingan konseling indonesia, 4(2), 39-42. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=studi+pustaka+&btnG=#d=gs_qabs&t=1655277523551&u=%23p%3D533zawZyqq0J

Putri, A. P., Dkk. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728

Ristyawati, A. (2020). Efektivitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Covid-19 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUd NRI Tahun 1945. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 240-249. https://doi.org/10.35877/toddopuli434

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Jurnal ilmiah pendidikan biologi. http://hdl.handle.net/10673/1985

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal pendidikan dan konseling, 2(1), 99-103DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Sayuti, R. H., & Hidayati, S. A. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat di Nusa Tenggara Barat. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 133-150. DOI: https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.46

Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 1(3)523-530). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=aplikasi+zoom&btnG=#d=gs_qabs&t=1655521609381&u=%23p%3DN4Z4FTwKrH4J

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan Zoom Meeting Dan Google Classroom Dalam Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Semantik, 10(1), 45-54. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.