Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Sebagai Sarana Minat Belajar Siswa SMA Dalam Masa Pandemi Covid-19

Setiawan Edi Purnomo, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Google classroom adalah aplikasi yang dipergunakan oleh para peserta didik dan pengajar dalam pengumpulan serta penilaian tugas dengan cepat dan mudah. Diketahui bahwa dalam masa pandemi virus covid-19 minat belajar pelajar khususnya siswa sekolah menengah atas mengalami penurunan yang drastis. Jika minat belajar siswa rendah akan mempengaruhi presentase pendidikan di Indonesia yang akan turun. Aplikasi google classroom merupakan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah ini karena didalamnya terdapat fitur-fitur utama seperti pengumpulan tugas, penilaian tugas, ruang diskusi terbuka online, dan lainnya tentunya akan mendukung minat belajar siswa. Penulis menggunakan metode penelitian library research dengan cara mencari sumber yang relevan dengan topik yang akan dibahas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder (orang kedua). Didalamnya terdapat beberapa topik yang dikaji, yaitu dampak covid-19, minat belajar, siswa sekolah menengah atas, serta google classroom yang sebagai solusi dari masalah. Peneliti mengkaji sumber data yang diperoleh dari buku, artikel, serta jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa aplikasi google classroom dapat meningkatkan menat belajar siswa sekolah menengah atas dalam masa pandemic covid-19 sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kata kunci— covid-19, minat belajar, siswa SMA, google classroom

 

 

Abstract— Google Classroom is an application that is used by students and teachers in collecting and grading assignments quickly and easily. It is known that during the COVID-19 pandemic, student interest in learning, especially high school students, experienced a drastic decline. If students' interest in learning is low, it will affect the percentage of education in Indonesia which will decrease. The google classroom application is the right solution in overcoming this problem because in it there are main features such as assignment collection, assignment assessment, online open discussion rooms, and others which will certainly support student learning interest. The author uses library research research methods by finding sources that are relevant to the topic to be discussed. The source of data used in this research is secondary data (second person). In it there are several topics studied, namely the impact of covid-19, interest in learning, high school students, and google classroom as a solution to the problem. Researchers examine the sources of data obtained from books, articles, and national and international journals. The results of this study explain that the google classroom application can improve the learning rate of high school students during the covid-19 pandemic so that it can improve the quality of education in Indonesia.

Keywords— covid-19, interest in learning, high school students, google classroom


Keywords


covid-19, interest in learning, high school students, google classroom

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. Doi. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Arman Haqqi Anna Zili, Selly Anastassia Amellia Kharis, & Dian Lestari. (2021). Peramalan Tingkat Kematian Indonesia Akibat Covid-19 Menggunakan Model Arima. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 1–8. Doi. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.143.

Astuti, S. D., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2022). Analisis minat anak dalam pembelajaran daring selama pandemi covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 552-558. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2065.

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran ipa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348. Doi. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Efferin, Sujoko (2010) Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif-Interpretif di Bidang Akuntansi : Seni Mengelola Keterbatasan. In: Prosiding Kolokium dan Seminar Nasional Program M.Si dan Doktor. Program Magister Sains dan Doktor Ilmu-ilmu ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pp. 1-10. Retrived from. http://repository.ubaya.ac.id/28809/

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Hartini, A., Sabekti, A. W., & Ramdhani, E. P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring pada materi haikat ilmu kimia dan struktur atom. Journal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2). 1188-1194. Doi. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/1288

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265-276. Doi. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/556.

Jalillah, D. L., & Effendi, M. R. (2021). Pendampinga pembelajaran anak dari rumah pada masa ppkm untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di Desa Paneongan. Jurnal Tarbiyah dan Keguruan, 1(7), 93-99. From: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/225/187.

Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva'ie, W. (2015). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2). 1-11. Doi. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.902

Livana, P. H., dkk. (2020). Dampak pandemi covid-19 bagi perekonomian masyarakat desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37-48. Doi. http://dx.doi.org/10.17977/um0192i22017p085.

Kusumaningrum, B., dkk. (2021). Meningkatkan minat belajar daring selama masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(10), pp. 206-211. Received from. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/ppm-ust/article/view/11262.

Kusuma, Y. L., dkk. (2021). Pendidikan kesehatan pemberdayaan masyarakat dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skal mikro. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2670-2680. Doi. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5308.

Massie, A., & Nababan, K. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa. Jurnal Edukasi 37(1), 54-61. Retrieved from: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/4988.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251. Doi. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592.

Mufida, S., & Waluyo, S. D. (2020). Strategi pemerintah Indonesia dalam menangani wabah covid-19 dari prespektif ekonomi. Jurnal Politik Indonesia dan Global, 1(2), 122-130. From. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/Independen/article/view/7348.

Nugroho, W., Setiawan, A., & Romadhoni, B. N. (2021). Optimalisasi Blended Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 141-151. Doi. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.64.

Rachim, E. (2020). Hubungan pelaksanaan pembelajaran daring dengan minat belajar siswa MI pada masa pandemi covid-19 di desa krincing secang magelang tahun 2020. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10. Doi. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9814

Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. I. (2021). analisis model conceptual change dengan pendekatan konflik kognitif untuk mengurangi miskonsepsi fisika dengan metode library research. Journal Of Science Education, 5(2), 133-142. Doi. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/download/14142/7038.

Rizal, M., Afrianti, R., & Abdurrahman, I. (2021). Dampak kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bagi pelaku bisnis coffe shop pada masa pandemi terdampak covid 19 di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi, 12(1), 97-103. Doi. https://doi.org/10.35880/inspirasi.v12i1.198.

Sihombing, P. S. (2021). Peranan penting pancasila dan pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter dimasa pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 49-59. Doi. http://dx.doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31426.

Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama melawan virus covid 19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6), 495-508. Doi. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325.

Sawarjuwono, T., & Kadir, A. P. (2003). Intellectual capital: Perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal akuntansi dan keuangan, 5(1), 35-57. Doi. http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/15699.

Sewang, A. (2017). Keberterimaan google classroom sebagai alternatif peningkatan mutu di iai ddi polewali mandar. Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner, 1(1), 35-46. Doi. https://doi.org/10.36915/jpi.v1i1.34.

Siagian, L., & Sauduran, G. N. (2022). Pemanfaatan aplilkasi pembelajaran online untuk guru sma negeri 3 pematangsiantar. Jurnal Ekonomi, Sosial, & Humaniora, 3(07), 15-19. Doi. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4106.

Susilo, Y. (2013). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) materi ajar perbandingan dan fungsi trigonometri pada siswa kelas x. Jurnal Mathe Unesa, 2(2). 1-8. Doi. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n2.p%25p.

Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19 di desa ujung batu barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 88-96. Doi. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2201.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 59-70. Doi. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290.

Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209-215. Doi. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55.

Yanti, N. F., & Sumianto, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang menghambat minat belajar dimasa pandemi covid-19 pada siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 608-614. Doi. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.