Pemanfaatan Aplikasi Ruang Guru Untuk Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Guna Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Aurella Orchitama Puteri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemanfaatan aplikasi ruang guru untuk pembelajaran tambahan pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau literature research. Sumber data penelitian ini terdapat pada buku, serta artikel ilmiah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi ruang guru merupakan aplikasi pembelajaran tambahan online yang memiliki fitur menarik dan berbagai macam materi lengkap didalamnya. Sehingga penelitian - penelitian yang digunakan dapat membantu siswa SMA yang belum mengerti pada materi pembelajaran yang terdapat disekolah. Pada aplikasi ini membantu siswa SMA untuk mengikuti pembelajaran tambahan dengan menghemat waktu guna menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Karena banyak siswa yang terkadang disekolah tidak fokus pada pembelajaran, sehingga tertinggal pada materi tersebut.

Kata kunci—aplikasi ruang guru, pembelajaran tambahan, siswa SMA, masuk perguruan tinggi

 

 

Abstract—This study aims to find out about the use of the teacher's room application for additional learning for high school students. This research uses the method of literature study or literature study. The sources of this research data are in books, as well as scientific articles. This study concludes that the teacher's room application is an online additional learning application that has interesting features and a variety of complete materials in it. So that the research used can help high school students who do not understand the learning materials in school. This application helps high school students to take additional learning by saving time facing college entrance exams. Because many students at school do not focus on learning, so they are left behind on the material.

Keywords—teacher room app, supplementary learning, high school students, college admission tall


Keywords


teacher room app, supplementary learning, high school students, college admission tall

Full Text:

PDF

References


Agustin, M. (2020). (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA) Implementasi Teknologi Pendidikan Berbasis Digital dalam Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa:(StudiKasus pada Start Up Bimbingan Belajar dalam Jaringan Ruang Guru Di Kota Yogyakarta) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/12265/.

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). Doi https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677.

Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar fisika dan karakter siswa SMA.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2). Doi https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i2.2153.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf.

Cahyani, E. D. (2019). Analisis Penerimaan Aplikasi Ruang Guru Sebagai Media Pemenuhan Informasi Akademik Siswa Sma Di Kota Surabaya Ditinjau Dari Model Utaut2 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). Retrieved from https://repository.unair.ac.id/88470/.

Dewi, M. A., Cahyadi, D., & Wulansari, Y. (2014). Sistem Ujian Online Calon Mahasiswa Baru Berbasis iLearning Education Marketing Pada Perguruan Tinggi. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 8(1), 116-136. Retrieved from https://www.academia.edu/download/37757897/vol8no1g.pdf.

Faris, A. A. Efektifitas penerapan jam tambahan dalam pembelajaran pendidikan agama islam Kelas XII SMA Negeri 5 Depok (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43632.

Haris, C. A., WA, B. S., & Nasiri, A. (2019). Penerapan Model Utaut2 Untuk Mengevaluasi Aplikasi Ruang Guru. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 192-199. Doi https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1085.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Langi, E., Londa, N. S., & Tulung, L. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI MEDIA ONLINE APLIKASI RUANG GURU PT. RUANG RAYA INDONESIA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 MANADO Oleh. Acta Diurna Komunikasi, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2577.

Nugraha, I. C. (2016). SISTEM PAKAR TES MINAT DAN BAKAT JURUSAN KULIAH BERBASIS ANDROID PADA SMA ISLAM TERATAI PUTIH GLOBAL BEKASI. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 138-147. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/372/281.

Octaviani, M. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE APLIKASI RUANGGURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi pada siswa SMA Negeri 1 Waringinkurung kelas 3 tahun ajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Serang Raya). Retrieved from http://repository.fisipkum.unsera.id/33/.

Palera, V., Anriani, N., & FS, C. A. H. (2020). Pengaruh model blended learning berbantuan video interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.siswa. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(2), 103-116. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/8876/89a8baa30e60e817bce5ff50f7b11a522e14.pdf.

Prasetyo, A. A. (2017). Penerapan algoritma fuzzy logic tsukamoto untuk pemilihan jurusan pada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/19818/.

Pratiwi, M., Purnamasari, A., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pemberian Konseling Minat dan Bakat untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA di Kota Palembang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(1), 132-136. Doi https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6169.

Rahman, T. (2019). PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 4 PAMEKASAN. Retrieved from http://opacperpus.iainmadura.ac.id/index.php?p=show_detail&id=18285&keyword=.

Restu, W. F., Ramdan, A. M., Sunarya, E., & Santika, R. (2020). Analisis Iklan Ruang Guru Dan Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Pengguna Ruang Guru. Syntax, 2(9), 691. Doi https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i9.567.

Rizkyani, F. (2019). Sikap remaja terhadap bimbingan orangtua untuk masuk perguruan tinggi di Kelurahan Tobat Kecamatan Padangsidimpuan Utara (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). Retrieved from http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2723/.

Rostiana, R., & Saraswati, K. D. H. (2019). PENELUSURAN MINAT-BAKAT UNTUK SISWA SMA DI YOGYAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1). Doi http://dx.doi.org/10.24912/jbmi.v1i1.1897.

Santosa, D. S. S. (2018). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran. Ecodunamika, 1(3). Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1939.

Setiawan, A. dan Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada sd/mi. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. Doi http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767.

Sholikah, M. A., & Hanifah, U. (2021). Peran Orang Tua dalam Membantu Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(1), 5-14. Doi https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.14694.

Shoumi, A. Z. (2019, October). Peran multimedia dalam pendidikan pada aplikasi ruang guru. In Prosiding seminar nasional cendekiawan (pp. 2-23). Retrieved from http://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/semnas/article/view/5809.

Soegiantoro, D. H., Soegiantor, H. R., & Soegiantoro, G. H. (2022). WEBINAR KESEHATAN MENTAL SISWA SMA DALAM MASA PANDEMI MENGHADAPI UJIAN AKHIR DAN MASUK PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(2), 287-294. Retrieved from https://www.bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/1566.

Sudiraharjo, M. A. (2020). ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG).. MPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL DALAM PENINGKATAN MINAT dan PRESTASI BELAJAR SISWA:(STUDI KASUS PADA START-UP BIMBINGAN BELAJAR DALAM JARINGAN RUANG GURU DI KOTA YOGYAKARTA) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/15734/.

Sugandi, Y. (2018). Pengembangan Sistem Aplikasi Portal Informasi Perguruan Tinggi di Indonesia Berbasis Website (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya). Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162043/.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49. Doi http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.141.

Suryadi, L. (2016). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI): Studi Kasus Universitas Budi Luhur. Telematika MKOM, 3(1), 40-51. Retrieved from https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/telematika/article/view/181.

Wardhani, I. S. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Cikapundung 02 dan Sekolah Dasar Negeri Palalangon) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/49096/.

Winarno, S. (2013). Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Padegogik Serta Manfaatnya Bagi Pendidikan Karakter Siswa. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/3494.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.