Pemanfaatan Aplikasi Google Meet untuk Media Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19

Frendy Azrilia Eka Saputra, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Covid-19 merupakan penyakit menular berasal dari Wuhan, Cina yang mengakibatkan kedaruratan bagi masyarakat dunia. Telaumbauna (2020) mengatakan bahwa covid-19 adalah suatu penyakit yang menular dan bisa menimbulkan kedaruratan bagi masyarakat setempat. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Mufida & Waluyo (2020) Indonesia telah menyumbang sebesar 7,8% jumlah kematian tertinggi di dunia. Covid-19 memiliki dampak dibebagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Dalam sistem pembelajaran saat ini, pemerintah menerapkan pembelajaran melalui e-learning selama masa pandemi. Dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) ketidakefektifan media pembelajaran saat ini sangat menghambat proses belajar siswa. Permasalahan ini bisa teratasi dengan menggunakan aplikasi online yaitu google meet agar bisa memenuhi media pembelajaran yang diinginkan oleh siswa maupun pengajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research atau kepustakaan.  Library research merupakan teknik pengumpulan dala demgan cara mencari sumber dari perpustakaan yang dirasa valid dan kongkret. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Dengan menggunakan metode sumber data sekunder, peneliti akan terbebas dari masalah waktu seta biaya yang tinggi (Martono,2010). Dalam metode sekunder peneliti menggunakan objek sebuah aplikasi, jadi akan lebih mudah dalam proses penelitian. Pada teknik ini akan langsung mengarah pada topik yang dibahas, yaitu 1) pemanfaatan aplikasi google meet, 2) media pembelajaran, serta 3) virus covid-19. Peneliti mencari sumber data yang relevan dari beberapa buku, majalah, jurnal, serta artikel nasional atau internasional. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi google meet sangat efektif digunakan untuk media pembelajaran dalam masa pandemi covid-19.

Kata kunci— google meet, media pembelajaran, covid-19

 

 

Abstract— Covid-19 is an infectious disease originating from Wuhan, China which causes an emergency for the world community. Telaumbauna (2020) said that COVID-19 is a contagious disease and can cause an emergency for the local community. In research conducted by Mufida & Waluyo (2020) Indonesia has contributed 7.8% to the highest number of deaths in the world. Covid-19 has had an impact in various fields, one of which is education. In the current learning system, the government implements learning through e-learning during the pandemic. In online learning (in the network) the ineffectiveness of the current learning media greatly hampers the student learning process. This problem can be solved by using an online application, namely Google meet in order to meet the learning media desired by students and teachers. This research uses the type of library research or library research. Library research is a collection technique by finding sources from libraries that are considered valid and concrete. Sources of data used in this study are secondary data sources. By using the secondary data source method, researchers will be free from the problem of time and high costs (Martono, 2010). In the secondary method the researcher uses the object of an application, so it will be easier in the research process. This technique will directly lead to the topics discussed, namely 1) the use of the google meet application, 2) learning media, and 3) the covid-19 virus. Researchers look for relevant data sources from several books, magazines, journals, as well as national or international articles. The results of this study state that the Google Meet application is very effective for learning media during the COVID-19 pandemic.

Keywords— google meet, learning media, covid-19

 


Keywords


google meet, learning media, covid-19

Full Text:

PDF

References


Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11. Retrived from. https://media.neliti.com/media/publications/363217-none-d8f718a2.pdf.

Hamdani, A. (2020). Konvergensi. Surakarta, Indonesia :CV. Akademika

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid – 19 terhadap prekonomian indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423

Harianja, S. (2022). Pelaksanaan kegiatan iHT dengan aplikasi google meeting untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP daring masa pandemi Covid 19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(1), 1-12. Doi. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i1.956.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Jalmur, N. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta Indonesia :Kencana.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140. Doi. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140.

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Sulistyowati, F., & Arigiyati, T. A. (2021, October). Meningkatkan minat belajar daring selama masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 206-211). Retrived from. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/ppm-ust/article/view/11262.

Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). Jakarta, Indonesia :RajaGrafindo Persada.

Nasution, R. D., Saragih, F. H., & Sembiring, P. S. M. A. (2020). Pendampingan sistem pembelajaran online berbasis aplikasi google meet bagi Guru-Guru Smp It Daarul Istiqlal Dan Smp It Rahmat Marindal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 188-194. Doi. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20365.

Nasution, N. H., & Hidayah, A. (2021). Gambaran pengetahuan masyarakat tentang pencegahan covid-19 di kecamatan padangsidimpuan batunadua, kota padangsidimpuan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 6(1), 107-114. Doi .http://dx.doi.org/10.5193/health.v6i1.419.

Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Retrogresi penggunaan media daring dalam pembelajaran sejaran ,asa pandemic covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173-177. Retrived from. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3118.

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 91-99. Doi. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32919

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak pembelajaran dari masa pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498-3502. Doi. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878

Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang pencegahan covid-19 di kalangan siswa sekolah dasar di SD

Sari, A. M., & Fathoni, A. (2022). Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5037-5043. Doi. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3014

Setiawan, B., dkk. (2021). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam pengembangan media pembelajaran daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46-57. Doi. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547

Sumantri, M. S., & Japar, M. (2020,). Pendampingan Menulis Karya Tulis Ilmiah (Kti) Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Secara Online Dengan Menggunakan Google Meet. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 1, No. 01, pp. 146-153). Retrived from. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/16870.

Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93-102. Doi. http://dx.doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102.

Thesalonika, E., Sihotang, S., Sinaga, C. V. R., Purba, N. A., Sitanggang, S., Hutahaen, R., ... & Siburian, R. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Google Meet Bagi Guru-Guru Sd Negeri 091396 Huta Bayu Pane Kabupaten Simalungun. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar, 1(2), 70-75. Retrived From. https://jurnal.uhnp.ac.id/jp2ns-uhnp/article/view/53.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi pembentukan aturan terkait pencegahan covid-19 di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 59-70. Doi. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/search

Masyruhan, M., Pratiwi, U., & Al Hakim, Y. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrokontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 134-145. Retrived from. https://pdfs.semanticscholar.org/2f0d/c6d41d9c24e428f6b7080a2845cb5f856076.pdf.

Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 80-83. Doi. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9821

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak covid-19 terhadap ekonomi indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384-388. Doi. http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179.

Yanti, N. F., & Sumianto, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang menghambat minat belajar dimasa pandemi covid-19 pada siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 608-614. Retrived from. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/992.

Yani, M. (2021). Hakikat Guru dalam Pendidikan Islam. Sultra Educational Journal, 1(2), 34-38. Retruved from. http://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj/article/view/158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.