Analisis Kesalahan Penulisan Struktur Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangan

Dhea Eristania Dewi, Sutrimah Sutrimah, Ali Noeruddin

Abstract


Abstrak— Teks persuasif adalah teks yang bertujuan meyakinkan pembaca untuk melakukan sesuatu dan dalam tulisan harus disertai fakta. Penelitian ini tujuan untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penulisan struktur teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat kesalahan penulisan struktur teks persuasif. Kesalahan penulisan struktur teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangan sebagian besar tidak menuliskan penegasan kembali, karena pengetahuan siswa terkait teks persuasif masih kurang.

Kata kunci— kesalahan penulisan, struktur, teks persuasif

 

Abstract— Persuasive text is a text that aims to convince the reader to do something and in writing must be accompanied by facts. This study aims to describe the forms of writing errors in the structure of persuasive texts in class VIII students of SMP Negeri 2 Padangan. This research method is descriptive qualitative. The results of this study indicate that there are errors in writing the structure of the persuasive text. Most of the mistakes in writing the structure of persuasive texts in class VIII SMP Negeri 2 Padangan did not write reaffirmations, because students' knowledge of persuasive texts was still lacking.

Keywords— typo, structure, persuasive text


Keywords


typo, structure, persuasive text

Full Text:

PDF

References


Ahsin, M., N. (2016) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode quantum learning. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 158-171. Doi https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43-43. Refrieved from http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/537/499

Hidayah, N. dan Novita (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode struktur analitik sintetik (SAS) mata pelajaran bahasa indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung. T.A 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 85-102. Doi http://org/10.24042/terampil.v.3i1.1331

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Margaresy, T., Tamsin, A. C., & Zulfikarni, Z. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar. Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(3), 362-369. Refrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100757/100251

Sardila, V. (2016). Strategi Pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. Jurnal An- Nida', 40(2), 110-117. Refrieved from http://ejournal.uin- suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/1500/1293

Susilowati, E. (2020). Buku pintar untuk peningkatan prestasi belajar menulis teks persuasif siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Wonomertow. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(1), 17-27. Doi https://doi.org/10.47387/jira.v1i1.20

Winarta, I. M. (2017). Hubungan antara obesitas sentral dengan profil lipid pada penerbang tni angkatan udara yang melaksanakan medical check up di lembaga kesehatan penerbangan dan antariksa saryanto tahun 2016. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(1), 53-64. Refrieved from http://lp3m.thamrin.ac.id/upload/jurnal/JURNAL-1519704118.PDF


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.