Analisis Iplikatur pada Poster “Covid-19” di Kabupaten Bojonegoro Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Ayu Dwi Lestari, Ali Noerudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


Seorang penutur baik dalam komunikasi lisan atau tulis sering kali memberikan tuturan yang memiliki arti lebih besar, yang disebut dengan implikatur. Implikatur pada komunikasi lisan contohnya terdapat pada poster “Covid-19”. Sesuai dengan situasi saat ini adanya pandemi Covid-19, diperlukan pemahaman lebih agar masyarakat dapat memaknai wacana dalam poster sesuai dengan konteksnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur pada poster “Covid-19” di kabupaten Bojonegoro dan mendeskripsikan hubungan analisis implikatur dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Menggunakan metode penelitian berupa deskriptif kualitatif. Dengan hasil data yang berupa wacana tulis, gambar dan konteks yang diindikasi memiliki implikatur. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, meliputi (1) mengumpulkan data, (2) membaca wacana, (3) menandai bagian yang terdapat implikatur, (4) memasukkan ke dalam daftar data. Selanjutnya data tersebut dianalisis memakai teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil didapatkannya dua bentuk implikatur, yaitu implikatur konvensional sebanyak 35 data dan implikatur percakapan sebanyak 75 data. Hubungan analisis implikatur dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP terletak pada KD 3.3 dan 4.3 yaitu mengidentifikasi informasi yang terdapat pada poster Covid-19 meliputi memahami makna implikatur konvensional dan percakapan untuk menyimpulkan isi sesuai dengan konteks pembicaraan pada poster tersebut.

A good speaker in spoken communication or write is often given speech that has a greater meaning, called implicature. Implicature in oral communication examples include the "Covid-19" posters. In accordance with the current situation there is the Covid-19 pandemic, it is required to further understanding so that people can interpret the discourse in the poster according to their context. This study aims to describe implicature on the poster "Covid-19" in Bojonegoro regency and describe the implicature analysis with learning of Indonesian languages in Junior High School. Using the research method is qualitative descriptive. With data results in the form of writing discourse, images and context indicated to have implicature. This study uses documentation collection techniques, including (1) collecting data, (2) reading discourse, (3) marks the part there is implicature, (4) inserting into data list. Then the data is analyzed using data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. This study gave the results obtained by two forms of implicature, namely implicature as many as 35 data and implicature conversations as many as 75 data. The relationship between the implicature analysis with Indonesian learning in Junior High School located at KD 3.3 and 4.3 is to identify the information contained in the Covid-19 poster includes understanding the implicature meaning and the conversation to conclude the contents according to the context of the conversation in the poster.

 


Keywords


Implicature, Covid-19 Posters, Indonesian Learning in Junior High School

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Saman, S., & Muzammil, A. R. 2014. Implikatur dalam Wacana Iklan Kampanye Politik Calon Anggota DPRD Kota Pontianak pada Pemilihan Umum 2014. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11), 1-15. Dari https://jurnal. untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7718

Antares, J. 2020. Perancangan Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web di Kantor Camat Medan Deli. Jurnal Information Teknologi Research, 1(2), 46-51. Dari https://doi.org/10.46576/djtechno.v1i2.972

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. 2019. Eksistensi Bahasa Indonesia pada Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 247-251. Dari https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/ article/ view/3180

Devianty, R. 2017. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226-245. Dari http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167

Fitriyani, D. 2016. Implikatur Percakapan Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Jurnal Pesona, 2(1), 53-62. Dari https://doi.org/10.26638 /jp.140.2080

Gottschalk, L. 1986. Understanding history: A primer of historical method. Jakarta: UI Press.

Kemenkes RI. 2020. Tanya Jawab Seputar Virus Corona. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Maruka, S. R. 2018. Penggunaan Kalimat Efektif dalam Poster pada Majalah Dinding Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 3(1), 1-9. Dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ind ex.php/ BDS/article/view/9968

Miles M. B. & Huberman, A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UIP.

Miles M. B. & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. New York. Sage Publication.

Moleong, L. J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setyawan, D. A. 2013. Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Surakarta: Graha Ilmu.

Yanti, N. P. E. D., Nugraha, I. M. A. D. P., Wisnawa, G. A., Agustina, N. P. D., & Diantari, N. P. A. 2020. Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Covid-19 dan Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 491-504. Dari https://www.researchgate.net/profile/Emy-Darma Ya nti/publication/347671162_Public_Knowledge_about_Covid19_and_Public_BehaviorDuring_the_Covid19_Pandemic/links/6084d4f6881fa114b4277715/ Public-Knowledge-about-Covi d-19-and-Public-Beha vior-During-the-Covid-19-Pandemic.pdf

Yule, G. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliani, W. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal STKIP Siliwangi, 2(2), 83-91. Dari https://doi.org/1 0.22460/q.v2i2p83-91.1641

Yuniarti, N. 2014. Implikatur Percakapan dalam Percakapan Humor. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 225-239. Dari http://dx.doi.org/10.31571/bahasa. v3i2.168

Zulkifli, A. M. 2005. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.