Analisis Penokohan dan Nilai Moral Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Jumiwa Okti Islamiati, Muhamad Sholehhudin, Syahrul Udin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan, nilai moral, dan hubungan novel Guru Aini karya Andrea dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti berkedudukan sebagai pengamat dan pengumpul data. Subjek penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata serta sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Selain itu, teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan menerapkan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa novel Guru Aini karya Andrea Hirata memiliki 10 jenis penokohan, yaitu: (1) tokoh utama, (2) tokoh berkembang, (3) tokoh protagonis, (4) tokoh antagonis, (5) tokoh sederhana, (6) tokoh bulat, (7) tokoh statis, (8) tokoh berkembang, (9) tokoh tipikal, dan (10) tokoh netral. Nilai moral ditemukan ada 3 wujud, yaitu hubungan manusia dengan Tuhannya, dirinya sendiri, dan manusia dalam lingkup sosial sedangkan wujud nilai yang paling dominan adalah hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Novel tersebut juga berhubungan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel.

This study aims to describe the characterizations, moral values, and the relationship between Andrea's novel Guru Aini and Indonesian language learning. The form of this research is descriptive qualitative. Researchers are located as observers and data collectors. The subject of this research is the novel Guru Aini by Andrea Hirata and the data sources used are primary and secondary. The data collection procedure used reading and note-taking techniques. In addition, the data analysis technique went through three stages, namely data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. Checking the validity of the findings by applying source triangulation techniques. The results of this study indicate that the novel Guru Aini by Andrea Hirata has 10 types of characterizations, namely: (1) the main character, (2) the developing character, (3) the protagonist, (4) the antagonist, (5) the simple character, (6) round character, (7) static character, (8) developing character, (9) typical character, and (10) neutral character. There are 3 forms of moral values, namely the relationship between humans and their God, themselves, and humans in the social sphere, while the most dominant form of value is the relationship between humans and themselves. The novel is also related to learning Indonesian in high school at KD 3.9 analyzing the content and language of the novel.

 


Keywords


novel, characterization, moral value, learning

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: YA3.

Andry, Harun, Sa’adiah. 2018. Analisis tokoh dan penokohan dalam novel bulan kertas karya Arafat Nur. JIM Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 251-263. Retrived from http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbsi/article/view/9821. Diakses pada 21 Juni 2021.

Hawa, M. 2017. Teori Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayat, Arip. 2015. Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/183. Diakses pada 8 Februari 2021.

Hirata, Andrea. 2020. Guru Aini. Yogyakarta: PT Bentang Perkasa.

Mar’ati, K. K., dkk. 2019. Analisis nilai moral dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 659-666. Retrived from Diakses pada 21 Juli 2021.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Cet ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiara, Simbar. dkk. 2014. Analisis pengendalian persediaan bahan baku kayu cempaka pada industri mebel dengan menggunakan metode EOQ. Jurnal Ilmiah, 5(3), 1-15. Retrived from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/cocos/article/view/5974/0. Diakses pada 15 Juni 2021.

Nisa, Khairun. 2018. Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. Retrived From https://jurnal,um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1261. Diakses pada 6 Maret 2021.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. (Edisi ke-10). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pramiyati, T., Jayanti, & Yulnelly. 2017. Peran data primer pada pembentukan skema konseptual yang faktual (studi kasus konseptual basisdata simbumil). Jurnal SIMETRIS, 8(2), 679-686. Retrived from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/1574. Diakses pada 12 Juni 2021.

Ricca, M. V. 2019. Analisis penokohan dan alur pada novel Baduy Terkadang Cinta berjalan mengejutkan karya Rani Ramdayani dan relevansinya dengan pembelajaran bahasa indonesia di SMA: Skripsi. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.

Satinem. 2019. Apresiasi Prosa Fiksi. Yogyakarta: Deepublish.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gharudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.