Pembelajaran Teks Recount melalui Media Komik Digital

Siti Yulaikhah, Nika Sintesa

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks recount melalui pengembangan media komik dalam pembelajaran teks recount. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui student wellbeing (kepuasan siswa) dalam pembelajaran teks recount menggunakan media komik. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi literatur untuk menguji keberhasilan penggunaan media komik dan kuesioner untuk melihat kepuasan siswa dalam pembelajaran teks recount. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 guru Bahasa Inggris di wilayah binaan 30 orang siswa yang berada diwilayah yang sama dan di sekolah guru anggota MGMP. Uji Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Pada data awal diperoleh data 54,5% guru belum pernah menggunakan komik sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan penelitian, diperoleh hasil 100 % guru menyatakan komik efektif digunakan dalam pembelajaran, 73% menarik, 68% mampu meningkatkan kreativitas siswa di kelas, sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mampu merealisasikan hal abstrak menjadi real 68%. Pada hasil students’ well being diperoleh hasil 91%. Maka dapat disimpulkan bahwa media komik sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan siswa dan meningkatkan students’ well being dalam pembelajaran menulis teks recount.

Kata kunci— Keterampilan menulis, media pembelajaran berdiferensiasi, komik digital,   teks recount.

 

 

 

Abstract— This study aims to determine the improvement of recount text writing skills through the development of comic media in learning recount text. The second objective is to determine student wellbeing (student satisfaction) in learning recount texts using comic media. This research method is qualitative by literature study to test the success of using comic media and a questionnaire to see student satisfaction in learning recount text. The population in this study were 25 English teachers in the target area and MGMP and 30 students who were in the same area and at teacher's school members of the MGMP. Test Research data were collected through observation, questionnaires, and interviews. In the initial data, it was obtained that 54.5% of teachers had never used comics as a learning medium. Based on the research findings, 100% of teachers stated that comics were effective in learning, 73% were interesting, 68% were able to increase the creativity of students in class, according to differentiation learning and were able to make abstract things real 68%. In the students' wellbeing results, a 91% result was obtained. So it can be concluded that comic media is very influential in improving students' skills and increasing students' wellbeing in learning to write recount texts.

Keywords— Writing skill, differentiation learning media, digital comic, recount text.


Keywords


Writing skill, differentiation learning media, digital comic, recount text.

Full Text:

PDF

References


Apsari, Yanuarti(2017). "The use of picture series in teaching writing recount text." Eltin Journal: Journal of English Language Teaching in Indonesia 5.2 : 51-56.

Dewi, Ni Nyoman Krismasari, MG Rini Kristiantari, and Ni Nyoman Ganing(2019). "Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia." Journal of Education Technology 3.4 : 278-285.

Emat, S., and A. Fahmi (2020). GURU DENGAN PARADIGMA BARU. GUEPEDIA.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Linggi, Agustinus ( 2016). Pengem bangan Komik sebagai Media Pembe lajaran Teks Observasi untuk Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. (Skripsi online http://- repository.usd.ac.id), Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Negara, Hasan Sastra(2014). "Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI)." TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1.2 : 250-259.

Ravelo, L. C. (2013). The Use of Comic Strips as A Means of Teaching History in the EFL Class: Proposal of Activities Based on Two Historical Comics Strips Adhering to the Principles of CLIL. Latin American Journal of Content and Language Integral Learning , 1-19.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135-141.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. NIRMANA Journal , 41-55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.