Penggunaan Brand Market dan Platform Digital untuk Pemasaran Jajanan Tradisional UMKM Pangaha Sinci

Gunawan Gunawan, Fahrudin Fahrudin, Wahyuni Wahyuni

Abstract


abstrak— Pengabdian ini dilatar belakangi oleh kurang mampu bersaingnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  dalam kompetisi usaha di Kota Bima karena disebabkan sedikitnya modal, pengelolaan manajemen yang kurang baik sampai terhadap kemasan yang kurang menarik. Tujuan Pengabdian ini adalah (1) Untuk penguatan kapasistas manajemen dalam produksi dan pemasaran dengan kegiatan berbentuk workshop dan pelatihan manajemen. (2) mendampingi dalam mendesain dan membuat merek dagang (Brand market); (3) membantu dalam kegiatan promosi dan pemasaran dengan membuat akun pada platform digital (shopee, instagram). Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan/FGD dan pendampingan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kelompok Mekar Sari  “Pangaha Sinci”. Pada pelatihan dan pendampingan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa penerapan hasil kegiatan dilaksanakan dan diterapkan dengan baik dalam usaha yang digeluti. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan, terjadi peningkatan wawasan para pelaku usaha UMKM. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pembukuan sederhana untuk menghitung arus kas masuk dan keluar dalam produksi dan pemasaran,  kapasitas produksi meningkat sebesar 30%, peningkatan omzet penjualan sebesar 25% setelah menggunakan kemasan yang memiliki brand market. Selain itu, pemasaran produk sudah menggunakan sistem digital yaitu menggunakan platform digital shopee dan instagram.

Kata kunci— Pemasaran, Brand Market, Platform Digital, UMKM 

 

 

 

Abstract— This service is motivated by the inability of small and medium enterprises to compete in business competition in the City of Bima due to the lack of capital, poor management and unattractive packaging. The purpose of this Service is : (1) Strengthening management capacity in production and marketing with activities in the form of workshops and management training. (2) Assist in designing and creating trademarks (Brand market); (3) Assisting in promotional and marketing activities by creating accounts on digital platforms (shopee, instagram). The method for implementing this activity is training/FGD and mentoring for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the Mekar Sari “Pangaha Sinci” group. This training and mentoring is intended to ensure that the implementation of the results of activities is carried out and applied properly in the business they are involved in. Based on the results of the implementation of the service activities carried out, there was an increase the knowledge of MSME entrepreneurs. This is indicated by the existence of simple bookkeeping to calculate cash inflows and outflows in production and marketing, production capacity increased by 30%, an increase 25 % in sales turnover after using packaging that had a market brand. In addition, product marketing has used a digital system, namely using the digital platform Shopee and Instagram.

Keywords— Marketing, Brand Market, Digital Platforms, MSMEs


Keywords


Marketing, Brand Market, Digital Platforms, MSMEs

Full Text:

PDF

References


Amilahaq, F., Kusumawati, D. A., & Pasha Irawan, B. (2022). Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi dan Profesionalisme dengan Pelatihan Pencatatan Keuangan Syariah untuk Peternak Dombos . Jurnal Nusantara Mengabdi, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.35912/jnm.v1i2.762

Azizah, S. (2021). Peran social media marketing gabag indonesia dalam mempertahankan brand equity pada pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v5i2.3656.

Dewa, P. K., & Hadisantono, H. (2022). Pelatihan Desain Pemasaran Online dan Coaching bagi UMKM Kuliner di Temanggung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4). https://doi.org/10.52436/1.jpmi.681.

Fajri, R. N. (2022). Pertumbuhan Ekonomi melalui Pengembangan Sistem Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan dan Minuman di Yogyakarta. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1318- 1335. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.723.

Hamid , A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol. 1 No.1.

Manurung Junita & Siagian Harlyn L (2021). Membangun Brand Image sebagai Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Lembaga Pendidikan. Inovatif Volume 7, No. 2September 2021e-ISSN 2598-3172

(2022). Kemandirian Ekonomi Solusi Untuk Kemajuan Bangsa. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/dinsain/article/92/89.diakses Tanggal 27 Januari 2022 Jam 10.30 AM.

Trisnanda, N. R., H.Kusmariyanto., A.M.Richard., E.M.Wahyuningsih. (2022). Program Pelatihan Hasta Karya sebagai upaya pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo. Riau Journal of Empowerment, 5(1), 59-68. https://doi.org/10.31258/raje.5.1.59-68.

Uus A, H & Tini K, D. 2019. Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Anggota BMT Di Jawa Barat. (Bongaya Journal of Research in Management. Volume 2 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.