Unsur-unsur Aporia dalam Novel Pada Sebuah Kapal Karya N.H Dini

Indriani Limbong

Abstract


Abstrak— Karya sastra merupakan kreativitas dengan ide, pemikiran, dan perasaan penulis. Karya sastra dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu, cerpen, drama, dan novel. Novel adalah karya sastra yang mempunyai gambaran luas mengenai konflik dan permasalahan antar tokoh. Tokoh-tokoh tersebut memiliki penokohan yang kuat dalam menggambarkan tindakan dan situasi yang terjadi. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meneliti unsur-unsur aporia pada novel “Pada Sebuah Kapal karya NH Dini” menggunakan pendekatan dekonstruksi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan cara membaca dan mencatat hal-hal penting dalam novel. Tokoh utama yang akan dibahas dalam novel tersebut adalah Michael dan Charles menggunakan sudut pandang Sri.

Kata kunci— Novel, Pada Sebuah Kapal, Dekonstruksi.

 

 

Abstract— Literary work is creativity with the ideas, thoughts, and feelings of the author. Literary works are grouped into several sections, namely, short stories, plays, and novels. Novel is a literary work that has a broad picture of the conflicts and problems between characters. These characters have strong characterizations in describing the actions and situations that occur. Thus this study aims to examine the elements of aporia in the novel "On a Ship by NH Dini" using a deconstruction approach. This research uses descriptive qualitative research by reading and noting important things in the novel. The main characters to be discussed in the novel are Michael and Charles using Sri's point of view.

Keywords— Novel, On a Ship, Deconstruction.


Keywords


Novel, On a Ship, Deconstruction.

Full Text:

PDF

References


Al-Fayyadl, Muhammad. 2011. Derrida. Yogyakarta: LKiS Group.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Barker, Chris. 2004. Cultural Studies. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Borradori, Giovanna. 2005. Filsafat Dalam Masa Teror. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Budianta, Melani dkk. 2002. Membaca Sastra. Jogjakarta: Indonesia Tera.

Nasution dan Thomas. 2002. Buku Penuntun Membuat Tesis. Jogjakarta: Indonesia Tera.

Norris, Christopher. 2008. Membongkar Teori Dekonstruksi Jacques Derrida. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Hardiman, F. Budi. 2003. Melampaui Positivisme dan Modernitas Diskursus Filosofis tentang Metode Ilmiah dan Problem Modernitas. Yogyakarta: Kanisius. Hadi, W.M, Abdul. 1984. ”Angkatan 70 Lahir dari Sumber Itu Sendiri”, Wawancara Abdul Hadi W.M. dengan Danarto, Berita Buana, 14 Agustus 1984.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.