Aspek Kepribadian Tokoh dan Nilai Pendidikan dalam Novel “Student Hidjo” Karya Mas Marco Kartodikromo

Uswatun Khasanah

Abstract


Abstrak— Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan unsur struktural yang membangun novel Student Hidjo, (2) Kepribadian tokoh  dalam novel Student Hidjo, (3) Nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Student Hidjo, karya Mas Marco Kartodikromo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi Sigmund Frued. Sumber data berupa novel “Student Hidjo” karya Mas Marco Kartodikromo yang diterbitkan oleh penerbit Narasi. Teknik pengumpulan data dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Unsur struktural novel Student Hidjo berupa tema perlawanan dan percintaan, (2) Kepribadian tokoh berdasarkan Freud terbagi menjadi id, ego, dan superego yang ada pada tokoh-tokohnya. Aspek ego dan superego lebih mendominasi novel, (3) Nilai pendidikan yang diperoleh dalam novel terdiri dari nilai pendidikan berupa keputusan Hidjo bersekolah ke Belanda, nilai sosial berupa saling sikap berbalas budi, nilai politik berupa tindakan Walters dengan politik etis dan Wardojo mengikuti Sarekat Islam, nilai budaya berupa perjodohan, penggunaan tradisi jawa dan tempat wisata seperti Taman Sriwedari, wayang orang, serta nilai sejarah berupa adanya perlawanan pribumi melalui pendidikan dan organisasi Sarekat Islam. Secara umum novel ini adalah bentuk perlawanan seorang Marco kepada Hindia dan juga Belanda dengan mengedepankan topik pendidikan untuk menekankan arah politik baru bagi pribumi.

Kata kunci— Kepribadian, Student Hidjo, Nilai Pendidikan.

 

 

Abstract— This study has the following objectives: (1) to describe the structural elements that make up the novel Student Hidjo, (2) the personality of the characters in the novel Student Hidjo, (3) the educational value contained in the novel Student Hidjo, by Mas Marco Kartodikromo. This type of research is descriptive qualitative with Sigmund Freud's psychological approach. The data source is the novel "Student Hidjo" by Mas Marco Kartodikromo, published by Narasi publisher. Data collection techniques with library techniques, observe, and record. The results of the research show: (1) The structural elements of Student Hidjo's novel are the themes of resistance and love, (2) The personality of the characters based on Freud is divided into id, ego, and superego that exist in the characters. The ego and superego aspects dominate the novel, (3) The educational value obtained in the novel consists of educational value in the form of Hidjo's decision to go to school in the Netherlands, social value in the form of mutual reciprocity, political value in the form of Walters' actions with ethical politics and Wardojo following Sarekat Islam, cultural values in the form of matchmaking, the use of Javanese traditions and tourist attractions such as the Sriwedari Park, wayang orang, as well as historical values in the form of indigenous resistance through education and the Sarekat Islam organization. In general, this novel is a form of Marco's resistance to the Indies and also the Netherlands by prioritizing the topic of education to emphasize a new political direction for the natives.

Keywords— Personality, Student Hidjo, Educational Value.

 


Keywords


Personality, Student Hidjo, Educational Value.

Full Text:

PDF

References


Amalya dan Nunung Yunita. (2011). Aspek Kepribadian Niyala Dalam Novel Setetes Embun Cinta Niyala Karya Habiburrahman El Shirazy Tinjauan: Psikologi Sastra. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dilla Fadhillah. (2017). Aspek Psikologi Pada Novel Berjudul Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia (Tinjauan Psikologi Sastra) Darus Salam. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol.6 No.2 Juli 2017.

Emzir dan Saifur Rohman. (2017). Teori dan Pengajaran Sastra. Depok: Rajawali Pers.

Fitria Ulfah, Ditri Lestari Sutopo, Dan Dede Zakiyah. (2014). “Student Hidjo” Perintis Sastra Perlawanan Yang Dipinggirkan.

Hanum, Zulfa. (2012). Psikologi Kesusastraan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung : Yrama Widya.

Minderop, Albertine. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Nurgiantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pipit Warisma,Mekar Ismayani, dan Tiyas Sukma Melati. (2019). Analisis Konflik Tokoh Dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2, Maret 2019. P – ISSN 2614-624X, E – ISSN 2614-6231

Rika Endri Astuti, Yant Mujiyanto, Muhammad Rohmadi. (2016). Analisis Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya. Volume 4 Nomor 2, Oktober 2016, Issn I2302-6405

Sarwono. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta Perpustakaan Nasional: Catalog Dalam Terbitan (Kdt). Pt Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soebagijo, I.N. (1981). Jagat Wartawan Indonesia. Jakarta: Gunung Agung

Wellek, Rene dan Warren, Austin. (1990). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.

Widodo, S (2011). Memperingati Hari Pers Nasional Mas Marco Kartodikromo, Bapak Pers yang Dilenyapkan Sejarah. Portal Berita Batamtoday dan Bendahara PWI Reformasi Kota Batam. Joan Imanuella Hanna Pangemanan. (2022). Radikalisme Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, dan Solusi. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/531176/radikalisme-adalah-pengertian-ciri-ciri-dan-solusi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.