Analisis Kebutuhan Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Materi Menulis Karya Ilmiah pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
abstrak—Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menulis karya ilmiah. Sebanyak 66% perolehan nilai siswa dalam menulis karya ilmiah dinyatakan rendah dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 75. Selain itu, rendahnya kualitas pembelajaran di dalam kelas juga menjadi alasan perlu dilakukannya analisih kebutuhan pembelajaran pada kelas tersebut. Gaya mengajar konvensional menyebabkan kurang adanya inovasi pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan penggunaan metode pembelajaran terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bojonegoro pada bulan Januari 2023 dengan menyebarkan angket kepada siswa kelas XI IPS 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 dan melakukan wawancara bersama guru Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini diperoleh informasi bahwa gaya mengajar konvensional membuat siswa kurang termotivasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menulis karya ilmiah. Guru membutuhkan metod pembelajaran yang sesuai seperti metode Numbered Head Together. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut, dapat diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan metode pembelajaran untuk mendukung keberhasilan pembelajaran di dalam kelas.
Kata kunci—Analisis Kebutuhan, Metode Numbered Head Together, Menulis, Karya Ilmiah
Abstract—The background of this research is because of the low motivation of students towards learning Indonesian in the material of writing scientific papers. As much as 66% of students' scores in writing scientific papers were stated to be lower than the KKM score set, which was 75. In addition, the low quality of learning in the class was also a reason for the need to do an analysis of learning needs in that class. Conventional teaching styles lead to a lack of learning innovations that use learning methods. This research was structured with the aim of knowing the need to use learning methods for Indonesian language subjects in writing scientific papers in class XI IPS 1 students of SMA Negeri 4 Bojonegoro in the 2022/2023 academic year. This type of research is descriptive qualitative. Data collection methods used are questionnaires and interviews. This research was conducted at SMA Negeri 4 Bojonegoro in January 2023 by distributing questionnaires to students of class XI IPS 1 for the 2022/2023 academic year and conducting interviews with the Indonesian teacher. In this study, information was obtained that the conventional teaching style made students less motivated towards learning Indonesian in writing scientific papers. Teachers need appropriate learning methods such as the Numbered Head Together method. Based on the results of this needs analysis, it can be seen that teachers and students need learning methods to support the success of learning in the classroom.
Keywords—Needs Analysis, Numbered Head Together Methods, Writing, Scientific Papers
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiriani, Adlia dkk. 2017. Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM Vol 2:1-12. https://pasca.um.ac.id
Arifin, Zaenal. 2008. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah (hlm 1). Jakarta: PT Gramedia.
Da, Feniareny. 2018. Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2(1):11-21. https://trilogi.ac.id
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2007 (Edisi Kedua). Kamus Besar Bahasa Indonesia (hlm. 43). Jakarta: Balai Pustaka.
Dewanto, dkk. 2007. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.
Doyin, dan Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.
Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif (hlm. 82). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (hlm. 245). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press
Kurniasih, dkk. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (hlm. 30). Jakarta: Kata Pena.
Kristiani, Rini. 2009. Pembelajaran Menulis di Sekolah Besar Menulis Deskripsi dan Narasi (hlm. 99). Sidoarjo: Media Ilmu.
Leslie J. Briggs. 1991. Instrukctional Design: Principles and Aplications. New Jersey: Educational Technology.
Lestari, dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika (hlm. 44). Bandung: Refika Aditama.
Moelong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Roger, Kaufman, dkk. 1991. Needs Assessment A User’s Guide. New Jersey: Educational Technology.
Rosliananingsih, dkk. 2021. Analisis Model Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 8(1): 1-4. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/32725
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (hlm 91). Jakarta: Kencana Group.
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan (hlm. 21). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulistiaji, dkk. 2020. Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 2 Nawangan. STKIP Pacitan. http://repository.stkippacitan.ac.id
Suparno, dan Mohamad Yunus. 2005. Keterampilan Dasar Menulis (hlm. 26). Jakarta: Universitas Terbuka
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning (hlm. 69). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (hlm. 82). Jakarta: Kencana Media Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.