Pemanfaatan Digital Marketing Pada Koperasi dan Cara Koperasi Menghadapi Financial Technology (Studi Kasus pada Koperasi Kareb Bojonegoro)

Fruri Stevani, Ayis Crusma Fradani, Abdul Ghoni Asror

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pemanfaatan digital marketing pada koperasi dan bagaimana cara koperasi menghadapi financial techonolgy dengan memilih Koperasi Kareb Bojonegoro sebagai objek penelitian. Metodelogi pencarian datanya menggunakan data sekunder dan data internal. hasil penelitian ini adalah Koperasi Kareb Bojonegoro mempromosikan produknya melalui brosur dan memanfaatkan digital marketing seperti website dan Instagram dalam mempromosikan produknya. Sejauh ini, Koperasi Kareb Bojonegoro belum memiliki cara menghadapi perkembangan Financial Technology (Fintech).

Kata kunci—Koperasi; Digital Marketing; Financial Technology

 

Abstract—This study aims to find out the use of digital marketing in cooperatives and how cooperatives deal with financial technology by choosing the Bojonegoro Kareb Cooperative as a research object. The data search methodology uses secondary data and internal data. The results of this study are that the Bojonegoro Kareb Cooperative promotes its products through brochures and utilizes digital marketing such as websites and Instagram in promoting its products. So far, the Bojonegoro Kareb Cooperative does not yet have a way to deal with the development of Financial Technology (Fintech).

Keywords—Cooperative; Digital Marketing; Financial Technology


Keywords


Cooperative; Digital Marketing; Financial Technology

Full Text:

PDF

References


Amalia, Fitri. 2016. Buku fintech: buku teknologi keuangan untuk Investor,

entrepreneurs dan visionaries. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia

Volume 31, Nomor 3, 2016, 345 – 348.

Andek Sudarwanto. (2013). Akuntansi Koperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anhari, Ally Sultan Al. 2010. “Analisis Kinerja Laporan Keuangan Pada Koperasi.

Sendang Mulyo di Wonogiri”. Skripsi. Surakarta: universitas

Muhammadiyyah Surakarta.

Arnes, Douglas W. Dkk. 2015. The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis

Paradigm?. Journal of International Law Research Paper No. 2015/047:

University of Hong Kong.

Dapp, Thomas P. 2014. Fintech – The Digital (r)evolution in the Financial

Sector.German: Deutsche Bank.

https://www.bankmuamalat.co.id/edukasi- perbankan/mengenal-akad- perbankan-syariah diakes pada 17- 01-2020 pukul 16.30 WIB.

https://www.seputarmarketing.com/ind/pe ngertian-dan-jenis-digital- marketing/ diakes pada 17-01-2020 17.00 WIB. www.finansialku.com/definisi-fintech-adalah/amp/ diakses pada 17-01- 2020 pukul 17.15 WIB.

Kasmir. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Depok: Rajawali Pers.

Mumek, Priscila. 2014. Analisis Likuiditas Koperasi Simpan Pinjam Kamagtawaya Desa Sendangan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Sudarwanto Adenk. 2013. Ekonomi Koperasi. Bandung: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.