Metode Pembelajaran Inovatif dan Adaptif melalui Pemanfataan Teknologi Komunikasi Gadget

Delpa Delpa, Putri Dian Afrida

Abstract


abstrak—Metode pembelajaran tidak dapat terlepas dari pengaruh kemajuan teknologi komunikasi gadget era 4.0. Hal ini terlihat dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan mencantumkan metode pembelajaran berbasiskan link Zoom, link Youtube, link Googgle Chrome, link Google Drive dan sebagainya yang kemudian link tersebut akan diunduh oleh peserta didik. Proses ini merupakan model pembelajaran menerapkan alat kemajuan teknologi komunikasi. Akan tetapi, ramai di kalangan tenaga pengajar dosen belum memaksimalkan pemangfaatan media teknologi tersebut sehingga dapat memberikan output pembelajaran dan adaptif dalam ruangan perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sejauhmanakah pemanfaatan teknologi komunikasi gadget dapat memberikan kontribusi terhadap pembelajaran yang inovatif dan adaptif. Metode pengumpulan data menggunakan kaidah interview mendalam terhadap lima orang informan, 3 orang informan berasal dari mahasiswa universitas di kota Padang, 2 orang informan berasal dari dosen di universitas di kota Padang. Metode pemilihan informan menggunakan kaidah Snowball. Selain 5 informan di atas, penelitian juga menyebarkan angket kuisioner menggunakan aplikasi Googgle Form. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil kajian mendapati tenaga dosen belum sepenuhnya menggunakan berbagai aplikasi gadget dalam perkuliahan karena mayoritas tenaga pengajar tersebut cenderung menggunakan aplikasi Power Point dalam penyampaian materinya kepada mahasiswa ketika berada di ruangan perkuliahan. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran berjalan bersifat monoton sehingga mahasiswa mengalami proses pembelajaran kurang interakif

Kata kunci— Adaptif, Aplikasi, Metode Pembelajaran Inovatif

 

 

Abstract—-Learning Method in generally can’t separate from the influence of technology communication of gadget in era 4.0. This statement can be seen in Planning of Learning in Semester Period (RPS) by usinbg learning method based on link Zoom, link Youtube, link Googgle Chrome, link Google Drive, etc. Then this link above will downloaded by student. This process Proses is a part of learning method refers to technology communication tools. Unfortunately, majority the lecturer still ran away dan seperate from gadget in class process activity. The purpose of this research is to analyze how the lecturer using technology communication of gadget in class activity which improve learning adaptif. Method of collecting the data by usingt In-Depth interview on 5 informant, 3 person of informants come from student in Padang university, 2 person of informants come from lecturer in Padang univercity. Method of choosing informant using Snowball. An addition, this research using questionaire by Googgle Form. Analize the data by using qualitative research. Finding of research the lecturer still lack of knowledge using technology communication of gadget effectively and majority using Power Point Slide in clas activity. Impact, the quality of learning method separate from learning adaptative and low of interactive in class progress learning.

Keywords—Adaptative, Aplication, Innovation of Learning Method


Keywords


Adaptative, Aplication, Innovation of Learning Method

Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W. 2017. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Edisi 4. Jakarta: Pustaka.

Darmawan. 2012. Pendidikan Teknologi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Delpa. 2022. The Impact Technology Communication Gadget to Student Attitude in Padang City. Prosiding disajikan dalam International Conference Health Digital Pharmacy and Social Science, Universitas Perintis Indonesia, Padang, 23-24 Agustus.

Djamarah, S.B dan Zain A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineko Cipta.

Indriyani, M., Sofia, A., Anggraini. 2018. “Universitas Lampung. Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini”. (Online), (https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/IJECI/article/view/16887, diakses 18 Mei 2019).

Jamani, H. 2018. “Penggunaan Handphone Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya”. (Online), (https://www.nelti.com, diakses 18 Januari 2020).

Jonathan, Prayanto, dan Dian. 2015. “Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini”. (Online), (https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/5922, diakses 15 Mei 2019).

Juditha, Cristiany. 2011. “Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook terhadap Perilaku Kursiwi. 2016. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Semester V Tarbiyah”. (Online), (https://repository.uinjkt.ac.id, diakses 15 Mei 2019). Remaja Di Kota Makassar”. (Online), (https://digilib.unisayogya.ac.id, diakses 17 Mei 2019).

Kursiwi. 2016. Dampak Penggunaan Penggunaan Gadget terhadap Interaksi sosial Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegunaan (FITK) UIN Syarif Hidayutulloh Jakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh.

M, Indriyani. 2017. “Persepsi Orangtua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini”. (Online), (https://jurnal.fkip.unila.ac.id/article, diakses 27 Juli 2020).

Manumpil, M dan Beauty. 2015. “Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado”. (Online), (https://repository.ar-raniry.ac.id, diakses 17 Mei 2019).

Mirna, I.S. 2017. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Thoriqotussa’adah Pujon Kabulen Malang”. (Online), (https://etheses.uin.malang.ac.id, diakses 15 Mei 2019).

M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pers.

Nurdin, N. 2011. “Pengaruh Minat Baca, Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu smp n 13 Bandar Lampung”. (Online), (https://jurnal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/710, diakses 18 Juni 2019).

Prasetyo, R.A. 2017. “Hubungan antara Kecanduan Gadget (Smartphone) dengan Empati pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta”. (Online), (https://eprints.ums.ac.id, diakses 19 Mei 2019).

Rachmawati. 2017. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD pada Mata Kuliah Media Pembelajaran”. (Online), (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/indesk.php/Ebiol/article/9350/7429, diakses 17 Mei 2019).

Sari, M.I. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Thoriqotussa’adah Pujon Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan. (Online), (https://etheses.uin-malang.ac.id, diakses 26 Juli 2019).

Sinta, S. 2018. “Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI”. (Online), (https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article.view.2385, diakses 18 Mei 2019).

Tavsanli, O.F. 2017. “Universitas Uludag Istanbul. Examing the Reading Habits, Interests, Tendencies of the Students Studying at the Faculty of Education and Analyzing the Underlying Reason behind Their Preferences”. (Online), (https://www.researchgate.net/publication/316114492, diakses 27 Mei 2019).

Tria P.S. Mitsalia, A. 2016. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial”. (Online), (https://ejournal.stikespku.ac.id, diakses 16 Februari 2020).

Trinika, Y., Nurfianti., dan A, Irsan. 2015. “Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015”. (Online), (https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatFK/article/view/11001, diakses 17 Mei 2019).

Widiawati, I, Sugiman, H dan Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.